Sukses

7 Potret Relawan Pemadam kebakaran Hutan dan Lahan Ini Bikin Haru

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Pasalnya kebakaran hutan dan lahan terjadi di dua pulau terbesar di Indonesia, yaitu Sumatera dan Kalimantan. Kajadian yang memprihatinkan bukan hanya terjadi kali ini saja.

Dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan juga sangat terlihat. Mulai dari menimbulkan polusi udara dengan jarak pandang yang sangat terbatas, hingga mengganggu kesehatan bagi masyarakat. Bahkan, asap dari kebakaran hutan dan lahan di Riau serta Kalimantan Tengah ini telah membuat tingkat polusi udara yang cukup tinggi.

Berbagai usaha untuk memadamkan titik api pada kebakaran hutan dan lahan pun telah dilakukan. Presiden Joko Widodo juga turut meninjau lokasi karhutla beberapa waktu lalu. Bahkan pemerintah saat ini masih turut melakukan water bombing di lokasi kebakaran hutan dan lahan.

Tak sedikit pula para relawan yang turut membantu untuk menangani masalah kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau dan Kalimantan Tengah. Mulai dari pihak BNPB, Kepolisian dan TNI serta kelompok masyarakat. Potret para relawan yang membantu pemadaman api juga beredar di media sosial.

Tak sedikit pula potret para pemadam kebakaran hutan dan lahan di Riau dan Kalimantan Tengah ini menjadi sorotan netizen. Para netizen juga mengapresiasi para relawan yang telah membantu untuk proses pemadaman di titik api.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret para relawan pemadam Karhutla di berbagai daerah di Indonesia, Rabu (18/9/2019).

2 dari 8 halaman

1. Para petugas dari Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan & Lahan Manggala Agni Daops Pangkalanbun ini terlihat kelelahan setelah berjuang melawan si jago merah.

3 dari 8 halaman

2. Tak sedikit pula relawan dari kepolisian dan TNI beristirahat sejenak dengan beralaskan rumput.

4 dari 8 halaman

3. Pemadaman kebakaran hutan dan lahan tak hanya dilakukan pada siang hari saja, pada malam hari petugas juga memadamkan titik api.

5 dari 8 halaman

4. Tentu saja perjuangan para relawan pemadaman kebakaran hutan dan lahan patut diapresiasi. Tak sedikit yang harus meninggalkan keluarga dan kerabat untuk membantu pemadaman api.

6 dari 8 halaman

5. Pada 17 Agustus 2019 lalu, para relawan melakukan upacara bendera dalam rangka Dirgahayu Indonesia di tengah lokasi kebakaran hutan dan lahan.

7 dari 8 halaman

6. Pekerajaan untuk memadamkan api bukanlah hal yang mudah, bahkan untuk makan pun dilakukan di tengah lokasi hutan yang telah terbakar.

8 dari 8 halaman

7. Keakraban juga terlihat antar relawan yang turut berjuang untuk memadamkan api.

Loading