Sukses

6 Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil, Bantu Menjaga Kesehatan Keduanya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ikan gabus untuk ibu hamil bisa dirasakan karena jenis ikan ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah. Kandungan nutrisi atau gizi yang ada pada ikan gabus ini sangat dibutuhkan khususnya bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan.

Hal ini dikarenakan ikan gabus memiliki kandungan tinggi protein yang dimana sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan dikenal sangat baik untuk perkembangan janin.

Nah, salah satu jenis ikan yang bisa dipilih adalah ikan gabus. Kamu bisa merasakan segudang manfaat ikan gabus untuk ibu hamil.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (18/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat ikan gabus untuk ibu hamil yang sudah sangat terkenal dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

2 dari 8 halaman

Kandungan Nutrisi pada Ikan Gabus yang Menyehatkan

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mudah tumbuh dan berkembang biak di rawa, sungai, danau hingga parit dan persawahan. Memiliki nama latin Channa striata, maka enggak heran kalau ikan ini sangat mudah ditemukan di perairan Indonesia.

Walaupun tergolong ikan jenis lokal, siapa sangka kalau ikan gabus ini memiliki kandungan gizi atau nutrisi yang tinggi. Tingginya kandungan nutrisi pada ikan gabus ini bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang, salah satunya ibu hamil.

Nutrisi unggulan dari ikan gabus ini adalah proteinnya yang tinggi. Selain albumin atau protein yang ada pada ikan gabus, kalori, lemak, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B, dan air juga dimiliki oleh ikan gabus ini.

Lengkapnya kandungan nutrisi khususnya protein pada ikan gabus ini bisa memberikan manfaat ikan gabus untuk ibu hamil. Tingginya protein berupa albumin pada ikan gabus sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu yang sedang dalam masa kehamilan untuk memenuhi nutrisinya.

3 dari 8 halaman

Baik untuk Pertumbuhan Rahim dan Janin

Manfaat ikan gabus untuk ibu hamil yang pertama adalah bisa membantu pertumbuhan rahim dan janin dengan baik. Hal ini bisa bekerja pada ibu hamil karena pada ikan gabus memiliki kandungan proteintinggi.

Sedangkan selama masa kehamilan, ibu hamil seringkali disarankan untuk mengonsumsi banyak protein hewani. Nah, salah satu sumber protein hewani yang bisa kamu konsumsi selama masa kehamilan adalah ikan gabus ini. Mengonsumsi ikan gabus selama masa kehamilan dipercaya baik untuk pertumbuhan rahim ibu hamil dan janin.

Jikalau sulit menemukan protein hewani dari ikan gabus, kamu bisa menggantinya dengan hati ayam, telur, atau ikan.

4 dari 8 halaman

Bantu Mencegah Pembekanan pada Tubuh

Manfaat ikan gabus untuk ibu hamil kedua adalah bisa membantu mencegah pembengkakan. Ya, pada ibu yang sedang hamil kerap kali merasakan beberapa bagian tubuhnya mengalami perubahan alias membengkak. Selain perut yang semakin membesar, perubahan kaki atau bagian tubuh lainnya juga ikut membengkak seiring bertambahnya usia kandungan.

Hal ini biasa disebut dengan hormon kehamilan, di mana volume darah dalam tubuh selama kehamilan cenderung meningkat. Terjadinya pembengkakan ini biasa disebut edema. Nah, untuk mengatasi permasalahan ini kamu bisa mengonsumsi ikan gabus selama kehamilan.

Karena ikan gabus memiliki albumin yang pada dasarnya adalah suatu protein. Zat ini merupakan protein utama dalam darah manusia, yang diproduksi oleh organ hati dan berfungsi untuk mengatur tekanan dalam pembuluh darah serta menjaga cairan yang terdapat dalam pembuluh darah tidak bocor ke jaringan tubuh sekitarnya.

Si albumin ini dapat membantu mengikat darah agar tidak terjadi pengendapan yang menyebabkan edema tersebut. Oleh karena itu, kamu bisa menyantap ikan gabus untuk meredakan pembengkakan tersebut.

5 dari 8 halaman

Menjaga Kekebalan Tubuh

Di masa kehamilan, menjaga kekebalan tubuh sangatlah penting. Pasalnya, ibu hamil seringkali mudah terkena penyakit seperti flu, batuk, pilek, dan lain sebagainya. Nah, untuk menjaga kekebalan tubuh ini kamu bisa memanfaatkan ikan gabus

Ya, kamu bisa merasakan manfaat ikan gabus untuk ibu hamil dari adanya kandungan albumin yang dimilikinya. Di mana albumin pada ikan gabus mampu membantu membentuk sel darah putih yang bertugas penting dalam menjaga kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

6 dari 8 halaman

Bantu Mengatasi Kekurangan Gizi

Selain menjaga kekebalan tubuh, menjaga keseimbangan gizi juga penting dilakukan bagi ibu hamil. Ya, ibu hamil juga perlu mendapatkan kecukupan nutrisi gizi sebanyak dua kali lipat ketika masa kehamilan.

Di mana memenuhi asupan nutrisi bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi baik untuk ibu hamil dan sang bayi. Nah, untuk mendapatkannya, kamu bisa mengonsumsi ikan gabus yang di mana memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Selain itu, nutrisi yang cukup dan baik juga mendukung untuk pertumbuhan. Untuk itu, bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan gabus ini. Ikan gabus juga baik untuk mengatasi kekurangan gizi, jadi bisa sekaligus sebagai langkah pencegahan.

7 dari 8 halaman

Menaikkan Berat Berat

Buat kamu yang di masa kehamilan justru memiliki berat badan yang kurang, di sini kamu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi protein hewani. Di mana protein hewani ini dipercaya sangat baik untuk menambah berat badan.

Ya, apabila ibu hamil tidak memiliki berat badan yang tidak sesuai pada usia kandungannya maka akan menyebabkan lahirnya bayi prematur.

8 dari 8 halaman

Meringankan Penyembuhan pada Luka

Lagi-lagi, manfaat ikan gabus yang bisa kamu rasakan adalah dihasilkan dari albuminnya. Selain mencegah terjadinya pembengkakan pada tubuh, fungsi albumin pada ikan gabus juga bisa membantu meregenerasi jaringan tubuh yang terluka dengan cepat.

Untuk itu, buat kamu yang sedang dalam masa kehamilan sangat dianjurkan mengonsumsi ikan gabus ini. Kamu juga bisa mengonsumsi ikan gabus setelah masa kehamilan, alias setelah melalukan operasi sesar. Di mana ikan gabus akan membantu menutup luka bekas operasi lebih cepat.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cara Mengatasi Morning Sickness pada Ibu Hamil, Mudah Dipraktikkan
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi