Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Fakta Sosok Pengisi Suara Kartun Shin-chan, Meninggal Dunia Akibat Kanker

Liputan6.com, Jakarta Crayon Shin-chan adalah salah satu seri manga yang banyak digemari oleh masyarakat di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Seri manga asal Jepang yang juga kerap disebut Shin-chan merupakan manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshito Usui. 

Manga yang sering ditonton anak-anak ini mengisahkan cerita petualangan seorang anak berusia lima tahun bernama Shinnosuke "Shin" Nohara beserta orangtua, adik bayinya, anjing, tetangga dan teman-temannya. Manga ini berlatar di Kasukabe, Prefektur Saitama. Shin-chan pertama kali muncul pada tahun 1990 dan sempat terhenti hingga tahun 2009 karena Yoshito Usui meninggal dunia.

Kisah manga ini kemudian dilanjutkan oleh anggota dari kelompok Usui dengan nama New Crayon Shin-chan pada tahun 2010. Sebenarnya Shin-chan sudah tayang di televisi di TV Asahi pada tahun 1992 dan kemudian berlanjut ke televisi-televisi di luar Jepang dengan menyesuaikan bahasa mereka masing-masing. 

Sebelum menyebar ke berbagai negara, salah satu negara yang juga menayangkan seri manga ini adalah Taiwan. Aktris cantik Chiang Tu-hui adalah sosok yang menjadi pengisi suara tokoh Shin-chan. Ia menjadi pengisi suara versi Mandarin dari Jepang yang kemudian diikuti oleh negara-negara lain dengan berbagai bahasa. Dikenal banyak berkonstribusi, kabar duka datang dari keluarga Chiang Tu-hui bahwa aktris tersebut meninggal dunia akibat kanker.

2 dari 3 halaman

Meninggal Dunia Akibat Kanker di Usia 49 Tahun

Aktris pengisi suara karakter anime populer Shin Chan dari versi Mandarin yang dijuluki "Animasi Crayon Shin-chan" meninggal dunia pada tanggal 16 September 2019 di usia 49 tahun, dikutip dari Mothership oleh Liputan6.com, Rabu (18/9/2019). Chiang Tu-hui meninggal sekitar jam 7:00 pagi waktu setempat karena kegagalan banyak organ dalam. 

Sebelumnya, Chiang Tu-hui telah didiagnosis menderita kanker serviks stadium 4. Lewat postingan akun Facebook AV Voices mengumumkan bahwa aktris tersebut meninggal dunia di pagi hari jam 11 pagi waktu setempat dengan pernyataan, 

"Nyonya Chiang Tu-hui meninggalkan kami pagi ini, dan kami akan selalu merindukanmu.” dikutip dari Inquirer.

Tu-hui juga meminjamkan suaranya ke karakter animasi lain di berbagai acara seperti "Naruto", "Detective Conan" dan "Attack on Titan".

3 dari 3 halaman

Jadi Pengisi Seri Manga Lain

Sebelum meninggal dunia, Chiang Tu-hui sempat mengubah foto profil Facebook-nya. Ia mengubah foto profilnya saat kondisinya dirawat di rumah sakit saat berjuang melawan kanker yang diidapnya. Namun, kanker tersebut membuat gangguan organ dalamnya tak berfungsi dengan baik. 

Menurut adik laki-laki Chiang yang menyatakan bahwa peringatan kematian akan dilakukan secara singkat dan tidak akan ada perpisahan di depan umum atau di depan awak media. 

Chiang Tu-hu memulai karir akting suaranya di usianya ke 24 tahun. Selain mengisi suara Sin-chan, ia juga meminjamkan suaranya ke beberapa anime Jepang lain dalam versi Mandarin seperti Naruto, Detective Conan, Chibi Maruko-chan, Attack on Titan dan Yu Yu Hakusho.

Loading