Sukses

6 Makanan Khas Madura Bangkalan, Punya Nama dan Cita Rasa yang Unik

Liputan6.com, Jakarta Bangkalan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura, Jawa Timur. Bangkalan sendiri menjadi ibu kota dari kabupaten tersebut. Termasuk ke dalam bagian dari Pulau Madura, menjadikan wilayah ini juga memiliki destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Nah, salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika ke Madura Bangkalan adalah mencicipi kulinernya. Ada banyak makanan khas Madura Bangkalan yang bisa kamu cobain.

Berkunjung ke wilayah ini kamu akan menemukan banyak sekali makanan khas Madura Bangkalan selain sate dan soto yang sudah terkenal itu. Ya, ternyata Madura memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Berbagai macam kuliner dengan cita rasa yang mampu menggoyang lidah bisa kamu temui di sini.

Berikut ini Liputan6.com, Kamis (19/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan khas Madura Bangkalan yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke kawasan ini.

2 dari 7 halaman

Soto Mata Sapi

Makanan khas Madura Bangkalan pertama yang bisa kamu cobain adalah Soto Mata Sapi. Sajian ini merupakan jenis makanan ekstrem yang wajib kamu cobain saat berkunjung ke Bangkalan. Walaupun memiliki nama yang aneh dan ekstrem, namun makanan ini memiliki cita rasa yang menggugah selera.

Soto ini berbahan dasar mata sapi asli utuh yang masih terbalut tulang. Soto mata sapi ini dibuat dengan bumbu rahasia dan disajikan dengan kuah soto yang agak berbeda dengan soto biasanya. Kuah soto Mata Sapi ini berwarna merah.

Di dalam penyajiannya juga ditambahkan irisan babat sapi atau daging sapi yang sudah diiris kecil-kecil. Soto Mata Sapi ini sangat nikmat jika dimakan saat masih hangat dan dapat disajikan dengan lontong atau ketupat. Jangan lupa menambahkan sambal yang pedas agar semakin nikmat.

Kamu bisa berkunjung ke kawasan Jalan Raya Burneh Bangkalan untuk menikmati nikmatnya soto Mata Sapi ini.

3 dari 7 halaman

Nasi Serpang

Makanan khas Madura Bangkalan selanjutnya yang bisa kamu cicipi adalah Nasi Serpang. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar nasi. Makanan ini digadang-gadang menjadi sajian yang sangat lezat. Hal ini dikarenakan Nasi Serpang dibuat dengan campuran rempah-rempah sehingga membuat rasanya sangat khas.

Nasi Serpang biasanya disajikan dengan beragam lauk pauk, seperti ikan laut hingga daging. Uniknya lagi, Nasi Serpang ini juga ditambahkan dengan kerupuk rambak bamboo rujak yang semakin menggoyang lidah kamu. Semuanya akan disajikan di atas piring daun pisang.

Buat kamu yang penasaran dengan Nasi Serpang ini, bisa langsung berkunjung ke kawasan Jalan Panglima Sudirman Bangkalan. Jangan sampai tidak mencicipi nikmat dan uniknya sajian Nasi Serpang ini, ya.

4 dari 7 halaman

Topak Ladeh

Berkunjung ke Bangkalan juga kurang lengkap apabila tidak mencoba makanan khas Madura Bangkalan yang satu ini, yaitu Topak Ladeh. Topak Ladeh merupakan makanan yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan kental yang nikmat dan gurih.

Topak Ladeh ini biasanya disajikan dengan lontong ataupun ketupat yang sudah dipotong-potong. Buat kamu yang ingin mencoba sajian makanan khas ini, langsung saja berkunjung ke Pasar Senen Bangkalan. Di pasar ini terdapat banyak penjual makanan yang menjual Topak Ladeh.

5 dari 7 halaman

Tajin Sobih

Makanan khas Madura Bangkalan lainnya yang wajib untuk dicobain adalah Tajin Sobih. Makanan ini mirip dengan bubur pada umumnya. Namun, yang membedakan bubur ini dengan lainnya adalah memiliki cita rasa gurih manis. Hal ini dikarenakan adanya dominasi oleh bahan-bahan makanan yang manis di dalamnya.

Buat kamu yang penasaran dengan makanan ini, bisa langsung berkunjung ke Jalan RE. Martadinata 24 Bangkalan.

6 dari 7 halaman

Kaldu Kokot

Bagi sebagain orang pasti sangat aneh mendengar nama sajian makanan ini. Kokot dalam bahasa Madura merupakan kikil. Makanan ini tidak terlalu terkenal di tempat lain di Indonesia. Namun makanan khas Madura Bangkalan ini sudah cukup populer.

Bahan utam makanan ini adalah kiki pada sapi. Uniknya, Kaldu Kokot ini dimasak bersamaan dengan kacang hijau. Jadi, kalau biasanya kamu mengenal cita rasa manis pada sajian kacang hijau, berbeda dengan sajian yang satu ini.

Kacang hijau yang dicampurkan dalam sajian ini dimasak dengan Kokot beserta bumbu spesial yang menghasilkan rasa gurih. Uniknya lagi, makanan ini juga ditambahkan bumbu petis dan kacang ulek. Bagaimana? Sudah terbayang dengan rasa nikmatnya?

Nah, buat kamu yang penasaran dengan uniknya makanan ini, bisa langsung berkunjung ke kawasan Jalan Arif Rahman yang ada di Bangkalan Timur.

7 dari 7 halaman

Lorjuk

Makanan khas Madura Bangkalan lainnya yang unik dengan cita rasa yang nikmat adalah Lorjuk. Lorjuk merupakan salah satu makanan langka. Hal ini dikarenakan bahan dasarnya menggunakan kerang Lorjuk, yang hanya bisa ditemukan di tepian pantai berlumpur.

Untuk menemukan atau menangkap Lorjuk ini tidaklah mudah. Karena biasanya lorjuk bersembunyi di bawah pasir. Cara menangkapnya yang adalah dengan menggunakan air sabun atau garam supaya Lorjuk menampakkan dirinya.

Nah, kerang Lorjuk ini bisa dibuat ke berbagai aneka masakan. Salah satunya adalah dengan ditumis. Sebelum menggunakan Lorjuk sebagai bahan masakan, biasanya Lorjuk dijemur terlebih dahulu.

Buat kamu yang sedang berkunjung ke Bangkalan, jangan sampai kelewatan untuk tidak mencoba sajian yang unik ini.