Sukses

Unik Banget, 6 Kota Ini Berada di Dua Negara Sekaligus

Liputan6.com, Jakarta Keindahan alam di berbagai penjuru dunia tak ada habisnya membuat berdecak kagum. Salah satu keunikan dari dunia ini adalah satu kota di dua negara. Bisa membayangkan? Unik juga ya jika kamu berkunjung ke suatu kota dan bisa mengunjungi dua negara sekaligus.

Sebelumnya Istanbul di Turki menjadi kota yang berada di dua benua sekaligus, yaitu Asia dan Eropa. Selain itu ternyata banyak juga kota yang terletak di dua negara sekaligus. Salah satu kota unik di dua negara yang belum lama ini mencuri perhatian adalah Kota Cornwall: Quebec, Kanada & Hogansburg, New York.

Beberapa rumah di wilayah tersebut dibagi oleh perbatasan antar negara. Beberapa rumah di daerah ini sangat unik karena bagian depan rumah berada di Kanada dan garasi atau dapur berada di New York.

Pulau ini secara resmi adalah bagian dari Ontario, Kanada. Namun beberapa tempat seperti sungai St. Lawrence mengaliri daerah Quebec, Kanada dan Hogansburg, New York.

Selain Kota Cornwall: Quebec, Kanada & Hogansburg, New York, ternyata ada juga kota lain yang juga berada diperbatasan dua negara. Berikut 6 kota di dua negara sekaligus yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/9/2019).

2 dari 7 halaman

1. Kota Nikosia

Kota Nikosia ini berada di perbatasan antara Siprus dan Turki bagian utara. Hanya dalam jarak beberapa meter saja, kamu akan masuk negara berbeda, padahal masih di satu kota.

Konflik kedua negara ini tak sepanas sebelumnya. Sejak beberapa tahun terakhir, pemilik visa negara-negara dalam daftar Perjanjian Schengen, bisa masuk Republik Siprus (Siprus selatan) tanpa visa.

3 dari 7 halaman

2. Kota Busingen am Hochrhein

Secara ekonomi, Kota Busingen am Hochrhein berada dalam bagian negara Swiss. Namun secara administratif, mereka masuk bagian negara Jerman.

Inilah yang membuat kota ini di Jerman ini menggunakan mata uang Swiss. Selain itu, Kota Busingen am Hochrhein juga memiliki dua kode pos dan dua nomor telepon.

4 dari 7 halaman

3. Kota Baarle

Kota Baarle merupakan kota yang terbagi wilayahnya oleh Belanda dan Belgia. Untuk Kota Baarle yang masuk wilayah Belanda disebut Baarle-Nassau, sementara yang ada di wilayah Belgia disebut Baarle-Hertog.

Tak hanya, ada lagi yang lebih unik dari Kota Baarle. Perbatasan wilayah antara dua negara tersebut sederhana dan tak seperti perbatasan wilayah pada umumnya di negara-negara lain. Bukan berupa pagar pembatas, tapi menggunakan tanda-tanda plus putih di setiap jalannya.

5 dari 7 halaman

4. Kota Downtown Bristol

Kota Downtown Bristol ini berapa di perbatasan antara Virginia dan Tennessee. Berjalan di Kota Bristol, kamu bakal menjejaki dua negara yaitu Bristol milik negara Virginia dan Bristol milik negara Tennessee.

Selain batas negara, Bristol juga dijuluki kota kembar di mana nama dan arsitektur kota dari kedua negara tersebut sama.

6 dari 7 halaman

5. Kota New Pine Creek

Perbatasan antara negara California dan Oregon membagi wilayah New Pine Creek menjadi dua. Setengah milik California dan setengahnya lagi Oregon.

Cukup banyak penduduk yang menempati wilayah California tapi memiliki kartu identitas yang mencantumkan alamat-alamat di Oregon. Bahkan, satu-satunya sekolah di Kota New Pine Creek ini hanya ada di California.

7 dari 7 halaman

6. Texarkana

Kota Texarkana berada di perbatasan antara Texas dan Arkansas ini menjadikan wilayahnya terbagi menjadi dua. Kota dengan satu nama yaitu Texarkana ini memiliki dua walikota, dua kantor kepolisian, dua departemen pemadam kebakaran, dan masing-masing kelembagaan lainnya yang dibutuhkan dua negara