Sukses

7 Cara Alami untuk Atasi Herpes Agar Tak Berbekas, Ampuh dan Aman

Herpes bisa menyebabkan bekas luka yang tidak menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda merasakan kulit yang sangat gatal, perih dan menyakitkan di tubuh atau wajah diagnosisnya mungkin merupakan herpes zoster. Herpes zoster atau yang juga dikenal dengan dompo adalah infeksi virus yang menyebabkan ruam kulit yang menyakitkan.

Penyebab masalah kulit ini adalah virus varicella zoster (VZV). Virus ini merupakan virus yang sama penyebab cacar air. Nyeri biasanya merupakan gejala pertama dari herpes zoster. Ruam dan lepuh berisi cairan terbentuk dalam beberapa hari setelah timbulnya rasa sakit.

Ruam dan lepuh pada kulit bisa timbul di mana saja. Jika tidak mendapatkan perawatan yang benar, ruam dan lepuh ini akan meninggalkan bekas di kulit. Bekas ini terutama jika berada di wajah akan menimbulkan tampilan yang kurang menyenangkan.

Ada beberapa perawatan medis yang bisa mengatasi masalah ini. Anda juga bisa mengurangi peradangan, iritasi, dan gejala lainnya melalui cara alami yang aman. Berikut cara alami mengatasi herpes agar tak berbekas di kulit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (19/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Kompres dingin

Menempelkan kain dingin atau kompres pada bagian ruam dapat membantu mengurangi rasa gatal dan mengurangi peradangan. Anda juga dapat menggunakan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan. Lakukan ini beberapa kali sepanjang hari untuk meredakan gejala.

Rendam kain katun pada air dingin dan peras sebelum meletakkannya di area yang gatal. Pastikan menggunakan air dengan suhu yang tidak ekstrem atau terlalu dingin. Air yang terlalu dingin akan meningkatkan sensitivitas kulit.

3 dari 8 halaman

Mandi air dingin

Mandi dengan air dingin setiap hari, dengan sedikit pembersihan, akan membantu menjaga luka dan lecet tetap bersih serta mengurangi risiko infeksi. Air dingin juga bisa meredakan bintik-bintik sakit dan gatal, membantu mencegah goresan yang dapat menyebabkan jaringan parut.

Mandilah dengan air dingin untuk menenangkan kulit. Dinginnya air bisa meredakan rasa sakit akibat lepuh herpes zoster dan meredakan rasa gatal. Keringkan tubuh sepenuhnya dan kemudian cuci handuk untuk menghindari penyebaran virus ke orang lain.

4 dari 8 halaman

Perubahan pola makan

Sistem kekebalan yang melemah memperburuk herpes zoster. Beberapa perubahan pola makan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah herpes zoster menyebar ke bagian lain dari tubuh. Pola makan untuk penderita herpes meliputi makanan dengan vitamin A, B-12, C, dan E, dan asam amino lisin.

Makanan yang mendukung penyembuhan meliputi buah jeruk, sayuran hijau berdaun, daging, telur, biji-bijian, tomat, dan bayam. Anda juga perlu menghindari beberapa makanan yang dapat memperburuk gejala.

Makanan yang harus dihindari termasuk makanan dan jus dengan jumlah gula yang tinggi, makanan kaya arginin (termasuk cokelat, gelatin, dan kacang-kacangan), karbohidrat olahan, dan makanan tinggi lemak jenuh.

Makan terlalu banyak dari makanan ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan berpotensi memperpanjang virus. Makanan dengan kadar arginin yang tinggi bahkan dapat menyebabkan virus bereproduksi.

5 dari 8 halaman

Gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki lebih dari 70 komponen yang berpotensi aktif yang memberikan banyak efek menguntungkan pada kulit. Mengaplikasikan gel ini akan mengurangi peradangan, menenangkan dan melembabkan kulit. Lidah buaya juga memiliki efek antiseptik dan antivirus, dan juga mempercepat proses penyembuhan.

Keluarkan gel segar dari daun lidah buaya dan dengan jari yang bersih, oleskan pada area yang sakit dan gatal. Biarkan hingga kering, Anda dapat menggunakannya tiga kali sehari untuk menghilangkan bekas herpes.

6 dari 8 halaman

Minyak zaitun

Minyak zaitun terbukti memiliki sifat antimikroba dan antivirus. Minyak zaitun tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi herpes. Minyak zaitun juga berperan sebagai pelembab alami untuk melembutkan kulit.

Minyak zaitun memiliki banyak vitamin, termasuk A, D, dan K, serta vitamin E. Nutrisi ini membantu meregenerasi kulit dan mempercepat penyembuhan akibat ruam herpes.

7 dari 8 halaman

Teh hijau

Teh hijau memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Antioksidan aktifnya membantu mencegah wabah dan kambuhnya virus herpes. Studi menunjukkan bahwa teh hijau juga memiliki sifat antivirus, dan karenanya. Katekin dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan beberapa virus.

Minum teh hijau selama masa penyembuhan herpes membantu mempercepat pemulihan kulit. Sifat antioksidannya juga mendukung kesehatan kulit secara maksimal.

8 dari 8 halaman

Baking soda dan tepung maizena

Menerapkan pasta soda kue dapat membantu mengeringkan lesi dan mengurangi rasa gatal. Jika luka herpes pada tubuh mengalir, Anda dapat menggunakan baking soda untuk mengeringkannya. Bahan ini bisa mengeringkan permukaan kulit dengan cepat dan menyembuhkan luka. Soda kue juga menenangkan kulit dan merupakan antiseptik alami.

Pasta tepung jagung juga dapat mengeringkan lesi dan mengurangi rasa gatal. Tepung jagung akan mengeringkan luka dan mengurangi rasa gatal. Tuang dua bagian tepung jagung atau baking soda ke dalam cangkir. Tambahkan satu bagian air untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan untuk pasta. Oleskan campuran ke ruam. Bilas setelah 10 hingga 15 menit. Ulangi beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.