Sukses

8 Fungsi Aplikasi Dropbox untuk Permudah Pekerjaan, Aman dan Praktis

Fungsi aplikasi Dropbox ini tentunya mempermudah para penggunanya

Liputan6.com, Jakarta Fungsi aplikasi Dropbox bisa mempermudah kamu menyimpan dokumen dan membukanya kapan dan di mana pun. Dropbox adalah salah satu layanan penyimpanan cloud paling populer. Dropbox tak hanya diakses melalui browser PC atau ponsel, kini Dropbox tersedia dalam versi aplikasi.

Fungsi aplikasi Dropbox ini tentunya memudahkan para penggunanya. Fungsi aplikasi Dropbox menyediakan penyimpanan untuk semua file di ponselmu. Dengan Dropbox kamu tak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan ponsel. Jika kamu membutuhkan akses ke file terpentingmu, bahkan ketika sedang bepergian, Dropbox bisa sangat membantu.

Fungsi aplikasi Dropbox juga telah didukung oleh keamanan yang terjamin. Fungsi aplikasi Dropbox tak hanya menyimpan pesan, layanan ini juga memungkinkanmu melakukan tugas seperti mengomentari file atau bahkan meminta file dari seseorang.

Fungsi aplikasi Dropbox tentunya bisa dimaksimalkan untuk mempermudah pekerjaanmu. Berikut fungsi aplikasi Dropbox yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(19/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Kemudahan untuk Mengakses File

Fungsi aplikasi Dropbox menawarkan akses mudah untuk semua file yang ada di ponselmu. Kamu dapat membuat sub-folder dalam Dropbox jika ingin mengatur semua dokumen. Kamu juga bisa menggunakan Dropbox untuk membackup semua file pentingmu dan mengaksesnya kembali kapan pun dan di mana pun.

Kamu dapat mengandalkan Dropbox untuk mengamankan semua file berharga yang kamu perlukan untuk bekerja atau sekolah dengan aman. Plus, jika kamu secara tidak sengaja menghapus file dari Dropbox, kamu masih dapat memulihkannya selama 30 hari ke depan.

3 dari 9 halaman

Menyimpan Data dalam jumlah besar

Menyimpan data biasanya bukan masalah bagi komputer desktop. Meskipun ponselmu mungkin merupakan perangkat berdaya tinggi, mungkin ia tidak memiliki jumlah penyimpanan yang sama dengan komputer. Nah, Dropbox bisa membantumu.

Jika ponselmu kehabisan penyimpanan, kamu dapat dengan mudah memindahkan pengaturan penyimpananmu ke Dropbox. Dengan begitu penyimpanan perangkatmu akan lebih longgar dan jauh dari kelemotan.

4 dari 9 halaman

Akses File Dropbox Offline

Tidak ada paket data? Tidak masalah. Bahkan jika kamu tidak dapat mengakses Web, kamu masih dapat mengakses file Dropboxmu, berkat fitur offline di ponsel cerdasmu. Kamu harus menandai file yang ingin kamu lihat offline.

Untuk melakukan ini, buka file yang ingin kamu tandai sebagai offline dengan mengetuk tiga titik di kanan atas. Sebuah menu akan muncul dari bagian bawah layar, geser ke atas, dan opsi untuk membuat file tersedia secara offline akan menjadi yang terakhir ke bawah.

5 dari 9 halaman

Pencarian mudah

Fungsi pencarian pada aplikasi Dropbox sangat cepat. Jika kamu mencari file di ponsel, kemungkinan ponselmu butuh waktu lama untuk menelusuri semua datanya untuk file tersebut. Karena Dropbox beroperasi dari cloud, pencarian beroperasi dengan kecepatan yang jauh lebih cepat.

Selain itu jika informasi rahasia di ponsel, kamu dapat dengan mudah menyimpannya di Dropbox dan mengaktifkan fungsi kata sandi. Ini mengharuskan pengguna untuk memasukkan kata sandi setiap kali mereka masuk.

6 dari 9 halaman

Berbagi file

Fungsi Aplikasi Dropbox adalah memudahkan kamu berbagi file dan dokumen. Meskipun perlu selamanya untuk berbagi file melalui email atau media sosial, Dropbox menawarkan cara cepat dan efisien bagi kamu untuk berbagi file dan materi yang disimpan.

Kamu bahkan bisa berbagi dokumen pada orang-orang yang tidak menggunakan Dropbox sekalipun. Cukup dengan sebuah tautan, file tertentu dapat diakses semua orang di mana pun dan kapan pun. Kecepatan dalam berbagi file pun tak diragukan lagi. Kamu bisa membagikan file besar dalam hitungan menit.

7 dari 9 halaman

Tambahkan Komentar ke File

Fungsi aplikasi Dropbox lainnya adalah bisa menambhakn komentar pada file yang tengah kamu akses. Dengan fitur komentar baru Dropbox, kamu dapat berhenti menggunakan email atau obrolan untuk mendiskusikan perubahan pada file tersebut. Untuk menambahkan komentar ke file apa pun, cukup klik file di folder Dropbox dan pilih Komentar pada file ini.

Ketikkan komentar dan tambahkan nama temanmu dengan simbol @ untuk menyebutkannya dalam komentar. Mereka akan mendapatkan notifikasi di Dropbox atau inbox email mereka, dan kamu akan melihat komentar muncul secara real-time ketika ditambahkan.

8 dari 9 halaman

Fitur favorit

Sinkronisasi Dropbox akan menyimpan semua file pentingmu di desktop dan laptop dengan baik, tetapi di perangkat seluler, Dropbox bergantung pada koneksi internet untuk mengunduh file saat kamu membutuhkannya.

Dropbox menyertakan fitur favorit di aplikasi selulernya. Temukan saja file yang kamu perlukan untuk dilihat secara offline, geser ke kanan, lalu ketuk ikon bintang. Dropbox akan mengunduh file ke perangkatmu dan kamu dapat melihatnya di mana saja, bahkan offline dari menu Favorites di aplikasi Dropboxmu. Kamu dapat mengetuk bintang lagi untuk membatalkan favoritnya dan membersihkan ruang di ponselmu.

9 dari 9 halaman

Kemanan terjamin

Dropbox didukung dengan beberapa fitur untuk menjaga keamanan data. Pertama, dengan akun Dropbox apa pun, kamu dapat menambahkan kata sandi ke aplikasi seluler Dropbox. Dengan begitu, jika kamu kehilangan ponsel, seseorang perlu kata sandi dan nomor pin Dropbox sebelum dapat membuka file pentingmu.

Jika kamu memiliki akun Dropbox Pro, ada opsi lain: kamu dapat menghapus file Dropbox dari jarak jauh dari perangkat apa pun yang telah disinkronkan dengan Dropbox, selama masih online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini