Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Menyebabkan Gula Darah Naik, Tidak Hanya Makanan

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa mengonsumsi gula kebanyakan merupakan penyebab utama gula darah naik atau penyakit diabetes. Padahal sebenarnya, banyak sekali faktor penyebab gula darah kamu naik yang menyebabkan diabetes.

Tidak hanya dipengaruhi oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh saja, kebiasaan sehari-hari yang kamu lakukan juga bisa menjadi salah satu penyebab gula darah naik. Tentunya kebiasaan sehari-hari yang memang tidak mengikuti pola hidup sehat.

Kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan gula darah naik sering tidak disadari. Karena berasumsi bahwa penyakit diabetes hanya terjadi karena makan makanan manis berlebihan, orang-orang jadi menyepelekan berbagai penyebab lainnya, yang bahkan mungkin sering sekali dilakukan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan gula darah naik dari berbagai sumber, Jumat (20/9/2019).

2 dari 6 halaman

Malas Gerak

Kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan gula darah naik pertama adalah malas bergerak. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan pada zaman ini, tentunya membuat kamu tidak perlu bersusah payah lagi untuk mendapatkan kebutuhanmu. Cukup memesannya secara online, kamu tinggal menunggu di rumah hingga pesananmu sampai.

Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab penyakit diabetes. Orang-orang menjadi malas beaktivitas yang menuntut gerakan fisik. Padahal, malas gerak bisa menyebabkan resistensi insulin, yang merupakan faktor penyebab diabetes melitus. Apalagi jika gaya hidup ini diikuti dengan pola makan yang buruk dan kebiasaan yang tidak sehat, seperti merokok atau minum alkohol.

3 dari 6 halaman

Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan gula darah naik selanjutnya adalah memakai obat-obatan tertentu. Obat-obatan yang diminum untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang kamu alami mungkin dapat memengaruhi kadar gula dalam darah, yang pada akhirnya dapat menjadi faktor penyebab diabetes melitus.

Beberapa jenis obat-obatan yang mungkin meningkatkan gula darah di antaranya adalah Steroid, Statin, Obat diuretik (khususnya diuretik thiazide), Beta-blocker, Pentamidine, Protese inhibitor, dan beberapa obat tanpa resep dalam bentuk sirup dan mengandung banyak gula.

Jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan dengan jenis tersebut, sebaiknya kamu berkonsultasi lagi dengan dokter tentang risiko dan manfaat dari obat tersebut. Jangan pernah berhenti mengonsumsi obat sebelum berkonsultasi kepada dokter.

4 dari 6 halaman

Kurang Tidur

Selanjutnya, kurang tidur atau pola istirahat yang tidak sehat juga dapat menyebabkan gula darah naik dan menyebabkan diabetes mellitus. Hasil riset para ahli dari University of Chicago mengungkapkan, kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastis. Artinya, risiko diabetes meningkat.

Kurang tidur juga dapat merangsang sejenis hormon dalam darah yang memicu nafsu makan. Didorong rasa lapar, penderita gangguan tidur terpicu menyantap makanan berkalori tinggi yang membuat kadar gula darah naik. Hal ini tentunya akan sangat rentan dialami oleh orang-orang yang suka begadang.

Solusinya, kamu setidaknya harus tidur tidak kurang dari 6 jam sehari, atau sebaiknya 8 jam sehari.

5 dari 6 halaman

Pakai Obat Kumur

Kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan gula darah naik selanjutnya adalah memakai obat kumur. Penyebab diabetes satu ini tak boleh kamu sepelekan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Dental Journal pada tahun 2018, kebiasaan pakai obat kumur 2 kali sehari dilaporkan meningkatkan risiko diabetes sebanyak 50 persen.

Hal ini terjadi karena berbagai kandungan bahan kimia dalam obat kumur selain membunuh bakteri yang menyebabkan radang gusi nyatanya juga menghancurkan bakteri baik di dalam mulut yang penting untuk membentuk nitrat monoksida. Nitrat monoksida sendiri dibutuhkan tubuh untuk membantu mengatur produksi insulin.

Hal ini menyebabkan kerja tubuh dalam memproduksi insulin dan mengatur kadar gula darah pun terganggu. Hal ini bisa menyebabkan resistensi insulin, yang jadi salah satu faktor penyebab diabetes melitus.

6 dari 6 halaman

Kurang Minum Air

Kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan gula darah naik berikutnya adalah kurang minum air. Tak banyak yang tahu bahwa dehidrasi dan penyakit diabetes itu saling berhubungan satu sama lain.

Sebuah laporan dalam Journal Diabetes Care menemukan bahwa asupan cairan yang rendah dapat menyebabkan peningkatan gula darah. Dalam laporan tersebut, para peneliti memantau orang dewasa sehat selama lebih dari sembilan tahun. Hasilnya, orang dewasa yang minum kurang dari 1/2 liter air per hari lebih berisiko mengalami peningkatan kadar gula darah dibandingkan mereka yang minum lebih dari 1 liter per hari.

Sementara bagi kamu yang kadar gulanya sudah tinggi, dehidrasi bisa memperburuk kondisi ini. Hal ini karena dehidrasi dapat menyebabkan tekanan darah naik dan tubuh menghasilkan hormon stres, yang keduanya bisa memicu kenaikan gula darah secara drastis.

Loading