Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

5 Wisata Guci Tegal Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Sejuk

Liputan6.com, Jakarta Wisata Guci Tegal Jawa Tengah terletak di kawasan gunung, yakni Gunung Slamet. Tempat ini bisa menjadi alternatif tersendiri saat kamu mengunjungi daerah lereng Gunung Slamet atau Tegal dengan segala keindahannya.

Wisata Guci Tegal Jawa Tengah terkenal dengan sebuah mata air yang jernih dan asri di bagian utara gunung. Tempat wisata ini bisa kamu kunjungi dari pagi hingga malam, buka pada pukul 6 pagi dan tutup pukul 9 malam.

Wisata Guci Tegal merupakan tempat tersedianya air panas yang mengalir secara alami dari perut bumi. Selain dapat menikmati air panas alami yang tidak mengandung belerang, kamu juga bisa menikmati berbagai wisata dan aktivitas lainnya di Wisata Guci Tegal Jawa Tengah ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/9/2019) tentang wisata Guci Tegal Jawa Tengah.

2 dari 6 halaman

Pemandian Air Panas

Wisata Guci Tegal Jawa Tengah menawarkan pesona keindahan alam khas daerah pegunungan. Keindahan alam ini bisa kamu dapatkan bahkan saat masih dalam perjalanan menuju ke sana. Kamu akan dimanjakan dengan hamparan kebun buah stroberi, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus.

Saat tiba di wisata Guci Tegal Jawa Tengah ini kamu akan merasakan hawa sejuk dan segar. Di sini kamu bisa memanjakan diri dengan mandi di pemandian air panas. Terdapat beberapa pemandian umum, yaitu pancuran 13, pancuran 7, dan pancuran 5. Air yang mengalir keluar dari pancuran-pancuran ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti rematik dan penyakit kulit lainnya.

Selain menikmati berendam di pemandian, kamu juga bisa berendam di sungai yang mengalir. Ketika pertama kali menyentuh air tersebut, kamu akan langsung merasakan panas. Namun lambat laun kulit akan beradaptasi dengan panasnya air sehingga berubah menjadi terasa hangat. Badan serta pikiran menjadi semakin rileks dan nyaman. Terlebih lagi sumber mata air di wisata Guci Tegal Jawa Tengah ini jernih, tidak berwarna, dan yang terpenting tidak berbau belerang.

Tidak hanya pemandian air panas, masih ada terdapat beberapa air terjun atau curug di destinasi ini. Salah satunya adalah air terjun Jedor yang terletak di bagian atas pemandian umum pancuran 13.

3 dari 6 halaman

Curug Jedor Guci

Wisata Guci Tegal Jawa Tengah selanjutnya adalah Curug Jedor. Persis di atas pemandian pancuran 13 terdapat air terjun dengan suasana yang asri. Air terjun yang paling populer di sini adalah Curug Jedor.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, kalau Curug Jedor Guci ini berada tidak jauh dari pemandian air panas Guci. Lokasinya yang berdekatan dengan pemandian air panas, maka bisa dipastikan jika air di curug ini juga bersih dan segar.

Selama di curug ini kamu akan sering melihat warga yang melakukan penambangan pasir yang dilakukan secara tradisional. Lokasinya mudah diakses, tapi akan lebih menarik jika melewati jalur Wana Wisata Guci karena pemandangannya lebih memuaskan dan udaranya juga sangat sejuk.

4 dari 6 halaman

Menunggang Kuda

Tidak hanya sekedar berendam dan bermain, di wisata Guci Tegal Jawa Tengah ini kamu juga bisa menunggangi kuda. Kamu bisa mengelilingi tempat rekreasi ini dengan lebih leluasa dan santai, kamu bisa menyewa kuda kepada penduduk setempat. Harga sewa kuda pun tergolong murah.Di sini tersedia puluhan kuda yang sudah terlatih dan siap untuk diajak berkeliling wisata Guci Tegal Jawa Tengah.

5 dari 6 halaman

Air Terjun Kembar (Air Hangat)

Selain Air Terjun Jedor atau Curug Jedor, kamu juga bisa menemukan curug lainnya di wisata Guci Tegal Jawa Tengah ini, yaitu air terjun air hangat kembar. Mungkin kamu sudah terbiasa melihat air terjun yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun, air terjun dengan air yang hangat tentunya tidak bisa ditemui di sembarang tempat.

Air terjun kembar ini terletak dekat dengan wahana outbond atau camping. Untuk mencapai lokasi, kamu harus berjalan di jalanan menurun yang agak curam. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati karena jalannya cukup licin. Setelah berjalan beberapa meter melewati sawah, kamu sudah bisa mencapai curug yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini.

Posisinya yang cukup tersembunyi, membuat tempat ini cocok bagi kamu yang menyukai suasana yang tenang. Yang terdengar hanyalah suara air terjun.

6 dari 6 halaman

Outbound dan Camping di Guci

Wahana outbond di Guci diletakkan di tengah kolam. Ada panjat tebing mini yang bisa dimainkan anak-anak maupun dewasa. Ada pula jaring laba-laba yang dapat dilintasi setelah menaiki panjat tebing. Permainan ini menantang pengunjung agar cermat melangkah jika tak mau tercebur ke kolam. Kamu bisa bersenang-senang dengan teman maupun keluarga dengan kegiatan outbond ini.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati sensasi dan suasana alam yang berbeda, misalnya merasakan pengalaman tidur di dalam tenda. Tentu akan menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan bagi orang-orang yang jarang melakukan aktivitas ini. Kegiatan menyenangkan seperti api unggun, barbeque, trekking, hingga sekadar menikmati suasana Alam yang tenang dan sejuk bisa kamu dapatkan di wisata Guci Tegal Jawa Tengah.

Selain itu, masih banyak lagi wahana-wahana baru yang telah dibuat di Wisata Guci ini. Kamu wajib mencoba berbagai keindahan alam yang ditawarkan dari wisata alam Guci ini.

Loading