Sukses

5 Kebiasaan yang Menyebabkan Pori-Pori Wajah Membesar dan Cara Mengecilkan

Liputan6.com, Jakarta Pori-pori pada wajah berguna sebagai jalan untuk mengeluarkan toksin atau racun dari tubuh, meregulasi suhu tubuh, dan melembapkan kulit. Namun, adanya tumpukan kotoran, minyak yang dihasilkan, makeup yang digunakan dapat dengan mudah menutup pori-pori sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kulit, mulai dari kulit kusam hingga kulit berjerawat.

Pada dasarnya kita tidak bisa benar-benar mengecilkan pori-pori pada wajah. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan tampilan pori-pori tersebut. Untuk meminimalkan tampilan pori-pori besar, kamu harus mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor penyebabnya.

Ada beberapa faktor penyebab yang bisa membuat pori-pori wajah besar misalnya gaya hidup tidak sehat, usia, dan jenis kelamin. Salah satu di antaranya yang kerap disepelekan adalah kebiasaan sehari-hari atau gaya hidup yang tidak baik.

Berikut ini Liputan6.com, Jumat (20/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan pori-pori wajah besar. Jadi, sebelum meminimalkan tampilan pori-pori, sebaiknya perlu mengetahui faktor penyebabnya terlebih dahulu.

2 dari 7 halaman

Tidak Membersihkan Wajah hingga Bersih

Kebiasaan yang bisa menyebabkan pori-pori di wajah membesar adalah melewatkan untuk membersihkan wajah secara maksimal. Hal ini dikarenakan kotoran seperti sisa makeup dan debu yang belum terangkat bisa menempel dan bersarang di dalam pori-pori.

Pada wajah yang tidak dipolesi makeup juga rentan membuat pori-pori menjadi besar. Untuk itu, kamu harus memastikan wajah selalu bersih baik mengenakan makeup ataupun tidak.

Apabila kamu malas membersihkan wajah, akan membuat pori-pori tampak lebih besar karena tersumbat oleh kotoran sisa makeup atau debu. Parahnya, jika dibiarkan akan mengakibatkan munculnya komedo dan jerawat pada wajah.

Kamu bisa rutin melakukan double cleansing setiap malam dan membersihkan kulit di pagi hari juga sangat penting dilakukan.

3 dari 7 halaman

Menggosok Wajah Terlalu Kasar

Kebiasaan lain yang bisa menyebabkan pori-pori membesar adalah terlalu kasar atau terlalu keras saat mengeringkan wajah. Ketika kamu ingin mengeringkan wajah, hindari untuk menggosoknya. Tidak dianjurkan untuk menggosok wajah dengan keras, apalagi menggosoknya dari arah atas ke bawah.

Hal ini akan membuat pori-pori semakin terlebihat besat. Ketika ingin mengeringkan wajah, kamu hanya perlu untuk menepuk-nepuk wajah dengan halus.

4 dari 7 halaman

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Berlemak

Apabila kamu suka mengonsumi makanan yang berminyak dan berlemak, mulai saat ini kamu perlu mengurangi bahkan meninggalkannya. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak dan tinggi lemak dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak.

Produksi minyak yang berlebihan pada wajah bisa menyebabkan pori-pori akan tersumbat dan minyak tidak bisa keluar secara alami yang berakibat pada memebngkaknya ukuran pori-pori.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa memperbanyak konsumsi makanan rendah lemak, sayuran, serta buah-buahan, dan jangan lupa untuk menjaga kecukupan hidrasi tubuh dengan minum minimal delapan gelas air putih per harinya.

5 dari 7 halaman

Wajah Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

Apabila kegiatan atau aktivitasmu banyak dilakukan di luar ruangan, sebaiknya gunakan tabir surya untuk menjaga kesehatan kulit wajahmu. Fungsi tabir surya untuk mengurangi risiko penuaan kulit akibat sinar matahari, sehingga dengan rutin menggunakan tabir surya, pori-pori yang membesar tidak akan bertambah parah.

Selain menggunakan tabir surya, kamu juga bisa menggunakan pelindung lainnya seperti menggunakan topi untuk mengindari paparan sinar matahari langsung ke wajah. Ya, wajah yang terpapar sinar matahari secara langsung bisa membuat pori-pori wajah terlihat lebih besar.

6 dari 7 halaman

Menggunakan Produk Kosmetik Berbahan Komedogenik

Banyak cara yang dilakukan untuk menutupi pori-pori yang membesar, salah satunya adalah dengan menggunakan kosmetik. Namun, ada baiknya untuk memperhatikan jenis kosmetik yang ingin kamu gunakan. Jangan sampai kosmetik yang kamu gunakan malah memperparah tampilan wajah.

Jika ingin menggunakan produk pelembap wajab, pilihlah pelembab non-komedogenik yang tidak menyumbat pori-pori. Pelembap ini akan menjaga kelembapan dan elastisitas kulit sehingga kulit menjadi lebih halus dan meminimalkan tampilan pori-pori di wajah kamu.

Begitu juga untuk produk kosmetik lainnya seperti bedak, perona pipi, dan sebagainya. Pilihlah jenis kosmetik yang non-komedogenik. Hal lain yang terkadang luput dari perhatian adalah produk kosmetik untuk rambut. Biasakan untuk memakai produk yang bersifat oil-free, terutama bagi kamu yang memiliki rambut panjang atau berponi.

7 dari 7 halaman

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Yuk simak cara mengecilkan pori-pori wajah, supaya pori-pori kulit tidak terbuka sehingga sumber penyebab komedo, jerawat, dan kulit kusam pada kulit tidak akan masuk pada pori-pori.

1. Es Batu

Es batu bisa digunakan sebagai cara instan yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami.

2. Madu

Madu mengandung banyak anti-oksidan dan juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Madu merupakan pelembap alami wajah sekaligus dapat mencerahkan kulit.

3. Air Rendaman Beras

Saat anda mencuci beras dan hendak menanak nasi, jangan membuang airnya. Pada beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah.

4. Jeruk Nipis

Mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C, jeruk nipis berfungsi untuk membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Karena manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis diyakini dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami.

5. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Dengan menggunakan buah pepaya, akan menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah, serta dapat mengecilkan pori-pori wajah. Pepaya akan berfungsi menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah.

6. Tomat

Tomat mengandung senyawa anti-oksidan yaitu lycopine yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk yang bisa menyebabkan pori-pori wajah mengecil. Tomat juga bisa dimanfaatkan menjadi tabir surya alami untuk memperkecil kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV.