Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil bagi Kesehatan, Banyak Nutrisi Penting

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang sedang dikandungnya. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil, Anda bisa coba mengonsumsi daun singkong. Ada segudang manfaat daun singkong untuk ibu hamil yang bisa didapatkan. 

Namun, bagi ibu hamil yang memiliki risiko darah tinggi, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun singkong ini. Bagi ibu hamil yang tidak memiliki risiko penyakit lainnya, bisa mendapatkan dan mersakan segudang manfaat daun singkong untuk ibu hamil ini dengan jumlah takaran yang tepat alias tidak berlebihan.

Pasalnya, jika daun singkong dikonsumsi secara berlebihan pada ibu hamil, bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Alih-alih ingin mendapatkan manfaat daun singkong untuk ibu hamil, justru akan menimbulkan bahaya kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Untuk membahas seputar manfaat daun singkong untuk ibu hamil, berikut Liputan6.com, Sabtu (21/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat daun singkong untuk ibu hamil yang kaya akan nutrisi baik ini.

2 dari 4 halaman

Nutrisi Daun Singkong yang Penting untuk Ibu Hamil

Sebelum mengenal beberapa manfaat daun singkong untuk ibu hamil, penting untuk mengetahui kandungan nutrisi di dalam daun singkong. Secara umum, kandungan nutrisi pada daun singkong ada kalori, lemak, kolesterol, serat, protein, beraneka ragam vitamin (seperti vitamin A dan vitamin C), kalisum, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, dan lain sebagainya.

Sedangkan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil yang bisa didapatkan dari daun singkong seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, kalori, kalsium, asam folat, fosfor, dan serat.

Ya, hampir setengah nutrisi yang ada di dalam daun singkong ini bermanfaat untuk ibu hamil. Hal ini dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pangan bayi dan juga menjaga kesehatan ibu hamilnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil

Meningkatkan Sistem Imun

Mampu meningkatkan sistem imun merupakan manfaat daun singkong untuk ibu hamil pertama yang bisa Anda dapatkan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C pada daun singkong.

Vitamin C pada daun singkong bisa membantu meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh ibu hamil. Bagi ibu hamil, penting untuk mencukupi nutrisi ini agar Anda tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, nutrisi ini juga sangat baik untuk membantu tubuh menyerap zat besi, sehingga dapat mencegah risiko anemia. Bukan hanya mencegah anemia pada ibu hamil saja, melainkan juga bisa mencegahnya pada bayi.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Pada ibu hamil, menjaga sistem pencernaan agar selalu sehat juga sangat penting. Pasalnya, sistem pencernaan terletak di dalam perut, dimana ada bayi juga yang sedang dikandung di dalamnya. Apabila sistem pencernaan ibu hamil tidak lancar, maka Anda bisa merasakan sembelit dan bisa memengaruhi rasa sakit pada kehamilannya.

Apabila Anda tengah mendapati masalah pada sistem pencernaan, Anda bisa mengonsumsi daun singkong. Ada manfaat daun singkong untuk ibu hamil yang bisa dirasakan untuk mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit ini.

Menjaga Kesehatan Tulang

Adanya kandungan zat fosfor dan kalium pada daun singkong bisa mendatangkan manfaat daun singkong untuk ibu hamil berupa penjagaan kesehatan tulangnya. Selain bermanfaat untuk ibu hamil, kandungan nutrisi pada daun singkong ini juga bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi calon bayi untuk tumbuh dengan kuat dan sehat.

Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi ibu hamil yang memiliki masalah sulit makan pada masa kehamilan, bisa coba mengonsumsi daun singkong ini. Hal ini dikarenakan pada daun singkong dapat menambah nafsun makan pada ibu yang sedang hamil.

Benar saja, terkadang ibu yang sedang hamil kerap kali malas makan. Namun, agar Anda tetap mendapatkan nutrisi baik untuk Anda dan bayi yang sedang dikandung, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan. Anda bisa dibantu dengan mengonsumsi daun singkong agar Anda kembali nafsu makan.  

4 dari 4 halaman

Batasi Jumlah Konsumsinya, Jangan Sampai Berlebihan

Walaupun daun singkong memiliki segudang manfaat bagi kesehatan untuk ibu hamil, namun Anda perlu memperhatikan jumlah konsumsinya. Bagi ibu hamil, sebaiknya tidak mengonsumsi daun singkong secara berlebihan. Apalagi buat ibu hamil yang memiliki risiko darah tinggi, sebaiknya menghindari mengonsumsi daun singkong.

Pasalnya, apabila dikonsumsi secara berlebihan atau terlalu banyak, bisa mengakibatkan gangguan kesehatan pada ibu hamil maupun janin. Ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa terjadi apabila ibu hamil terlalu banyak mengonsumsi daun singkong, di antaranya:

Meningkatkan Kolesterol

Konsumsi daun singkong yang berlebihan pada ibu hamil bisa mengakibatkan meningkatkan kolesterol. Kondisi ini semakin mungkin terjadi apabila Anda memiliki masalah dengan kondisi koletserol. Nah, apabila Anda ingin mengonsumsinya, Anda perlu memntasi jumlahnya.

Asam Lambung Jadi Naik

Begitu juga bagi Anda yang memiliki masalah pada lambung, tidak disarankan untuk mengonsumsi daun singkong. Daun singkong memiliki sifat yang bisa meningkatkan asam lambung. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah lambung, mengonsumsinya bisa memperparah kondisinya.

Menimbulkan Rasa Pusing

Pada daun singkong memiliki senyawa aktif yang bisa memicu rasa pusing bagi yang mengonsumsinya. Hal ini bisa terjadi apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Pusing memang bukan merupakan kondisi yang cukup serius. Namun, apabila terjadi pada ibu hamil, risikonya bisa menjadi lebih tinggi.

Loading