Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

5 Cara Mengobati Wasir atau Ambeien Secara Alami, Mudah dan Ampuh

Liputan6.com, Jakarta Wasir atau ambeien merupakan kondisi terjadinya pelebaran pembuluh darah yang berlokasi di sekitar anus. Pada pembuluh darah anus yang melebar ini sering kali meregang hebat, menipis, dan teriritasi. 

Penyebab wasir atau ambeien belum diketahui secara pasti. Namun pada beberapa kasus penyebab terjadinya wasir atau ambeien ini berhubungan dengan meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di dalam dan sekitar anus.

Selain itu, kebiasaan sering buang air besar yang keras juga bisa menyebabkan wasir atau ambeien. Keluhan yang kerap dirasakan pada penderita wasir atau ambeien ini seperti merasa nyeri saat sedang duduk.

Kondisi wasir atau ambeien memang terlihat sepele, namun kondisinya bisa menyebabkan penderitanya menjadi tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Ya, bagi sebagian orang wasir atau ambeien bisa menyebabkan risih dan nyeri.

Maka enggak heran , beberapa penderita wasir atau ambeien membutuhkan penangan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanannya. Karena, sebelum kondisinya semakin parah, sebaiknya perlu ditangani sedini mungkin agar tidak perlu tindakan operasi nantinya.

Berikut ini Liputan6.com, Sabtu (21/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara mengobati wasir atau ambeien secara alami yang sangat mudah dilakukan dan tentunya ampuh.

2 dari 6 halaman

Konsumsi Makanan Kaya Serat

Mengobati wasir bisa dimulai dengan diet tinggi serat, yang dimana dapat mengurangi perdarahan dan rasa sakit dari wasir. Kamu bisa memasukkan menu makanan tinggi serat seperti buah-buahan dan sayuran, beras merah, gandum utuh, dan kacang-kacangan untuk bantu mengatasi ambeien. Selain itu, minum banyak air juga bisa mencegah munculnya sembelit.

Penderita wasir atau ambeien ini juga perlu menghindari makanan yang bisa menyebabkan penyakit ini muncul. Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan wasir atau ambeien seperti roti putih, produk olahan susu, daging, daging olahan, karbohidrat olahan, makanan beku, dan makanan cepat saji.

3 dari 6 halaman

Jaga Pola Makan Sehat

Penderita wasir atau amebein penting untuk memperhatikan konsumsi makanannya. Selain memperhatikan makanan yang kaya akan serat, penderita wasir atau ambeien ini juga perlu untuk menghindari makanan pedas. Pasalnya, makanan pedas ini bisa meningkatkan risiko pembengkakan di anus.

Kamu bisa memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti berokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan.

4 dari 6 halaman

Berolahraga

Penderita wasir atau amebeien juga perlu tetap berolahraga. Jangan sampai meninggalkan olahraga, karena olahraga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. Karena pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas bisa menjadi faktor pencetus wasir.

Lakukan saja olahraga ringan seperti aerobic atau berjalan santai selama 20 – 30 menit per harinya. Kedua jenis olahraga ini bisa menstimulasi fungsi usus.

5 dari 6 halaman

Menghindari Duduk Terlalu Lama

Penderita wasir atau ambeien perlu menghindari duduk terlalu lama untuk meringankan kondisinya. Apabila kegiatan atau pekerjanmu mengharuskan untuk duduk lama, pastikan kamu meluangkan waktu paling tidak lima menit setiap satu jam sekali untuk berjalan. Berjalan bisa mengurangi tekanan rektal yang menyebabkan wasir atau ambeien.

6 dari 6 halaman

Berendam dengan Air Hangat dan Kompres dengan Es

Cara mengobati wasir atau amebeien yang terakhir adalah bisa dengan berendam air hangat dan mengompresnya dengan air dingin. Air hangat mampu meningkatkan aliran darah untuk membantu mengecilkan vena yang bengkak. Kamu juga bisa mencampurkan garam ke dalam air hangat, untuk membantu menyempitkan wasir atau ambeien lebih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga bisa mengompresnya dengan es. Es bisa mendinginkan dan mengecilkan wasir serta kelegaan. Kamu bisa menggunakan es untuk mengatasi wasir dengan cara mengisis plastik dengan es. Kemudian bungkusan es tersebut kamu duduki di atasnya selama sekitar 20 menit untuk menghilangkan ambeien.

Loading