Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

5 Fakta Zulfani Pasha, dari Ikal Laskar Pelangi hingga Assistant Director Film Gundala

Liputan6.com, Jakarta Laskar Pelangi merupakan film besutan sutradara Riri Riza yang mengadaptasi cerita dari buku karya Andrea Hirata. Laskar Pelangi tayang di layar lebar pada 26 September 2008. Pada film Laskar Pelangi, banyak karakter yang mencuri perhatian, salah satunya adalah karakter Ikal. 

Diceritakan bahwa Ikal merupakan anak yang memiliki cita-cita yang tinggi namun lahir di keluarga kurang mampu. Karakter Ikal ini diperankan oleh anak bernama Zulfani Pasha.

11 tahun berselang, melalui cuitan Joko Anwar di media sosial Twitter Twitter pada Minggu (21/9/2019), Zulfani Pasha terlihat berperan sebagai Second Assistant Director film Gundala. Film Gundala merupakan film jagoan Indonesia yang tayang pada 29 Agustus 2019 lalu. 

Kabar tentang Zulfani Pasha yang menjadi Second Assistant Director ini cukup membuat banyak orang merasa bangga. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang fakta seorang aktor Zulfani Pasha yang dulu bermain di film Laskar Pelangi, Sabtu (21/9/2019). 

 

2 dari 6 halaman

1. Zulfani, anak yang berasal dari Belitung.

Tahun 2008 menjadi debut Zulfani Pasha sebagai aktor di layar lebar. Ia mampu memerankan karakter Ikal dengan sangat apik. Sesuai dengan karakter Ikal di Laskar Pelangi, Zulfani juga berasal dari pulau Belitung. Zulfani lahir di Tanjung Pandan, 7 Juni 1996. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

3 dari 6 halaman

2. Serius belajar tentang perfilman

Menjadi Ikal di film Laskar Pelangi tampaknya memberikan dampak yang besar bagi kehidupan Zulfani Pasha kedepannya. Setelah beranjak dewasa, Zulfani memutuskan untuk memperdalam ilmu tentang perfilman. Ia menuntut ilmu di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Pada tanggal 6 Desember 2017, Zulfani lulus dari studinya di IKJ.

4 dari 6 halaman

3. Sudah membintangi 3 judul film

Zulfani Pasha sangat erat kaitannya dengan karya-karya Andrea Hirata. 3 buku Andrea Hirata diadaptasi menjadi film dan ketiganya dibintangi oleh Zulfani Pasha. 3 film tersebut ialah Laskar Pelangi yang tayang pada tahun 2008, Sang Pemimpi tahun 2009 dan Edensor tahun 2013.

5 dari 6 halaman

4. Prestasi Zulfani Pasha

Tahun 2008-2009 menjadi periode yang begitu berkesan bagi Zulfani Pasha. Selain sukses memerankan karakter Ikal di film Laskar Pelangi, Zulfani juga menyabet penhargaan Indonesia Movie Award 2009 sebagai aktor pendatang baru terfavorit.

Setelah meraih penghargaan itu, nama Zulfani makin dikenal publik dengan membintangi film Sang Pemimpi (2009) dan Edensor (2013). Usai menyelesaikan studi di Institut Kesenian Jakarta, Zulfani kembali ke layar lebar dengan menjalani syuting mini series berjudul 'Negeri 5 Menara'.

6 dari 6 halaman

5. Mulai bekerja di balik layar pembuatan film

Usai menyelesaikan studinya di Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Zulfani Pasha mulai berkecimpung di dunia layar lebar. Selain menjadi salah satu pemeran di mini series Negeri 5 Menara, Zulfani juga mulai belajar menjadi sosok film maker. Ia pernah ikut andil dalam pembuatan film A Man Called Ahok yang tayang 8 November 2008.

Tak berpuas diri, Zulfani terus mengembangkan kemampuannya menjadi film maker. Di film Gundala yang dibesut oleh sutradara Joko Anwar, Zulfani dipercaya menjadi Second Assistant Director. Sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi karier Zulfani Pasha kedepannya.

Loading