Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

7 Manfaat Batu Bara untuk Kehidupan Sehari-hari, Serta Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat batu bara yang paling terkenal dan sering didengar orang adalah untuk diolah dalam bentuk energi listrik. Hal ini tak aneh, mengingat batu bara merupakan sumber yang sangat diandalkan dan sangat terjangkau untuk digunakan dalam pembangkit listrik.

Batu bara juga tersedia sangat berlimpah di Indonesia, oleh karena itu penggunaanya menjadi semakin dibutuhkan oleh setiap orang. Penggunaan batu bara yang luas pada banyak industri merupakan salah satu hal yang sangat menguntungkan.

Manfaat batu bara juga banyak digunakan pada kehidupan sehari-hari, sebagai pemanas rumah hingga untuk memasak. Oleh karena itu, kamu perlu tahu tentang berbagai manfaat penggunaan batu bara ini dalam kehidupan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (22/9/2019) ragam manfaat batu bara.

2 dari 5 halaman

Jenis Batu Bara

Sebelum membahas beberapa manfaat batu bara, alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis batu bara. Lazimnya manfaat batu bara juga berbeda-beda, tergantung jenisnya.

Batu bara Bitumen

Batu bara bitumen adalah batu bara yang paling banyak digunakan dan lebih mudah untuk didapat, jenis batu bara ini peringkatnya lebih tinggi dari lignit tetapi lebih rendah dari antrasit. Jenis batu bara ini terutama digunakan untuk menghasilkan kokas, listrik dan uap.

Ciri-ciri jenis batu bara ini adalah:

- Warna hitam mengkilat, kurang kompak.

- Nilai kalor tinggi, kandungan karbon relatif tinggi.

- Kandungan air sedikit.

- Kandungan abu sedikit.

- Kandungan sulfur sedikit.

Batu bara Antrasit

Jenis batu bara ini memiliki kandungan karbon tertinggi dan merupakan batu bara keras yang juga memiliki kadar air terendah dan merupakan bahan bakar pemanas yang baik. Batu bara ini digunakan untuk pembangkit listrik dan merupakan batu bara dengan kualitas tertinggi.

Ciri jenis batu bara antrasit di antaranya adalah:

- Warna hitam sangat mengkilat dan kompak

- Nilai kalor sangat tinggi, kandungan karbon sangat tinggi

- Kandungan air sangat sedikit

- Kandungan abu sangat sedikit

- Kandungan sulfur sangat sedikit.

Tar Batu bara

Ketika batu bara disuling, akan dihasilkan residu yang dikenal sebagai tar batu bara yang berbentuk cair, berwarna hitam pekat. Tar batu bara digunakan untuk melakukan banyak hal, seperti memperbaiki rumah dan bangunan, serta produksi kain. Material ini banyak digunakan untuk membuat bangunan tahan air, untuk isolasi bangunan, untuk membuat cat, kain, shampoo, dan sabun.

3 dari 5 halaman

Manfaat Batu Bara dalam Kehidupan Sehari-hari

Sumber Tenaga Pembangkit Listrik

Manfaat batu bara yang yang mungkin sudah banyak diketahui adalah sebagai tenaga pembangkit listrik. Selain Indonesia, batu bara juga merupakan bahan bakar utama pada pembangkit listrik di beberapa negara seperti China, India, Australia, Jepang, Jerman dan beberapa negara lain.

Menghasilkan Produk Gas

Batu bara menjadi salah satu energi yang dapat menghasilkan suatu produk gas. Gas alam yang dapat keluar ini berasal dari batu bara yang masih ada di dalam tanah. Batu bara yang ada di dalam tanah dapat secara langsung menghasilkan gas alam. Selanjutnya, gas alami yang dihasilkan oleh batu bara murni tersebut akan diolah di tempat pertambangan dan bisa menjadi berbagai produk, misalnya untuk bahan bakar industri, pembangkit listrik tenaga gas, serta produk hidrogen dan solar. Jadi manfaat batu bara selanjutnya adalah untuk menghasilkan produk gas.

4 dari 5 halaman

Manfaat Batu Bara untuk Industri

Mendukung Produk Industri Alumunium

Manfaat batu bara lainnya adalah salah satu bahan bakar yang mendukung industri alumunium. Bahan ini dapat kita peroleh sebagai hasil sampingan dari proses oksidasi besi pada aktivitas industri baja.

Gas dan panas kokas dari batu bara ini dapat memisahkan beberapa produk baja sehingga dapat menghasilkan produk alumunium yang dipakai untuk berbagai jenis industri, seperti industri pertanian, peralatan dapur, konstruksi serta industri lainnya

Membantu Industri Produk Baja

Manfaat batu bara selanjutnya adalah membantu industri produk baja. Baja adalah salah satu bahan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dari baja, bisa dihasilkan berbagai macam barang yang bisa membantu kehidupan manusia sehari- hari seperti peralatan kesehatan, peralatan pertanian, peralatan transportasi, bahkan juga mesin-mesin yang digunakan dalam rumah tangga.

5 dari 5 halaman

Manfaat Batu Bara Lainnya

Bahan Bakar yang Berbentuk Cair

Selain itu, manfaat batu bara lainnya adalah sebagai bahan bakar berbentuk cair. Minyak merupakan salah satu bahan bakar yang dibutuhkan oleh orang banyak dan persediaannya akan cepat habis apabila digunakan dengan boros.

Batu bara ternyata bisa juga dijadikan bahan bakar berbentuk cair yang bisa menggantikan bahan bakar minyak. Pada dasarnya pengolahan batu bara menjadi bahan bakar yang berbentuk cair akan mengubah batu bara bubuk atau bongkahan yang kemudian dilarutkan dalam suhu yang tinggi.

Membantu Industri Produk Semen

Selain itu, manfaat batu bara ternyata juga merupakan bahan hasil bumi atau galian yang dapat membantu dalam industri produksi semen, bahkan bisa dikatakan sebagai bahan bakunya. Meskipun bukan sebagai bahan baku dalam hal materialnya, namun batu bara digunakan dalam proses pembakarannya.

Membantu Industri Kertas

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa panas yang dihasilkan oleh batu bara ini sangat tinggi sehingga banyak digunakan dalam perindustrian. Selain industri semen dan juga baja, manfaat batu bara juga digunakan dalam industri kertas.

Batu bara sangat mumpuni dalam hal ini karena panas yang dihasilkan batu bara sangat stabil di dalam satu mesin pengolahan serat yang digunakan untuk industri bahan baku kertas. Jika kita menggunakan bahan bakar selain batu bara, mungkin beberapa produk dari kertas tidak akan bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari- hari.

Loading