Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

5 Cara Mengatasi Kaki Kapalan dengan Bahan Alami, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Kapalan atau kalus merupakan kondisi di mana kulit menjadi menebal atau mengeras. Kondisi ini merupakan sebuah bentuk perlindungan kulit terhadap tekanan dan gesekan yang terjadi secara terus-menerus. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kulit yang terlalu kering dan kekurangan lapisan lemak pada kulit, terutama pada lansia.

Kapalan bisa terjadi di kulit tangan dan kaki. Namun, kapalan yang paling sering muncul dan terjadi pada seseorang adalah di bagian kaki. Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kapalan muncul di kaki, seperti melakukan kebiasaan rutin yang berhubungan dengan aktivitas berulang-ulang. Misalnya memakai sepatu terlalu sempit.

Jenis luka yang menyakitkan dan tidak sedap dipandang ini sering mengakibatkan kecacatan kulit dan umumnya sulit hilang. Maka enggak heran, kalau beberapa orang kerap mencari cara untuk meringankan atau bahkan ingin menghilangkan kapalan di kaki ini.

Tak perlu khawatir, berikut Liputan6.com, Senin (23/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara mengatasi kaki kapalan yang bisa kamu lakukan di rumah. Menggunakan bahan-bahan alami yang kamu miliki di rumah, ternyata bisa membantu meringankan kondisi kapalan di kaki ini.

2 dari 6 halaman

Merendamkan Kaki ke Dalam Air Hangat

Kalau kondisi kapalan yang kamu rasakan sudah sampai mengganggu aktivitas, kamu bisa mencoba merendamkan kaki yang kapalan di air hangat. Lakukan ini selama kurang lebih 10 menit.

Merendamkan kaki di air hangat bisa melunakkan kulit yang mengalami kapalan. Setelahnya, kamu akan lebih mudah untuk menggosok atau mengikis kulit yang keras tersebut.

3 dari 6 halaman

Pasta dan Rendaman dari Soda Kue

Cara mengatasi kaki kapalan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan soda kue. Kamu bisa membuat racikan berupa pasta ataupun air rendaman. Soda kue bisa bekerja untuk meredakan kapalan karena adanya kristal di dalamnya yang bisa membantu pengelupasan kulit yang mengeras.

Untuk membuat pasta dari soda kue, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan soda kue dengan air perasan jeruk nipis. Aduk hingga rata kedua bahan tersebut, kemudian aplikasikan ke kulit kaki yang kapalan. Gunakan pasta soda kue ini saat di malam hari dan bilas ketika pagi harinya.

Selain menggunakannya sebagai pasta yang dioleskan pada kulit, soda kue juga bisa kamu gunakan sebagai rendaman kaki. Cukup campurkan soda kue dengan air hangat. Aduk hingga merata. Kemudian rendam kaki selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

4 dari 6 halaman

Merendam Kaki dengan Garam Espom

Merendamkan kaki di ke dalam larutan garam espom juga bisa melunakkan kulit yang menebal sehingga membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan. Garam Epsom berbeda dengan garam masak yang biasa ditemukan di dapur. Garam Epsom bisa kamu dapatkan di toko kecantikan atau apotik kesehatan.

Cara membuat air rendaman dengan garam Epsom ini sama dengan yang sebelum-sebelumnya ini. Kamu hanya perlu menyiapkan air hangat yang kemudian dicampurkan dengan garam Epsom.

Siapkan juga batu apung untuk digosokkan pada kaki. Setelah itu, rendamkanlah kaki ke dalamnya selam kurang lebih 10 menit. Setelah itu gosok bagian kaki kapalan dengan batu apung agar kulit yang menumpuk terlepas.

Kemudian bilas dengan air bersih. Lanjutkan dengan mengeringkan kaki dan berikan pelembao khusus untuk telapak kaki. Cara ini bisa membantu membuat kaki kamu menjadi lembut kembali.

5 dari 6 halaman

Merendamkan Kaki dengan Cuka Sari Apel

Apabila kamu memiliki produk cuka sari apel di rumah, kamu bisa menggunakannya untuk meredakan kapalan pada kaki. Cuka sari apel yang bersifat asam ini bisa membantu melembutkan kulit yang mengeras dan mempercepat proses penyembuhannya.

Cara untuk melakukan perawatan ini adalah dengan merendamkan kapas ke dalam cuka sari apel yang kemudian menempelkannya ke bagian kulit yang terkena kapalan. Lakukan cara ini sebelum tidur dan biarkan semalaman.

Kemudian keesokan paginya, gosok kulit kaki tersebut dengan batu apung untuk membantu pengelupasannya. Setelahnya bilas dengan air bersih. Kemudian oleskan minyak zaitun untuk tetap menjaga kelembapan kulitnya.

6 dari 6 halaman

Membersihkan Kapalan dengan Nanas

Kandungan asam pada buah nanas juga bisa digunakan sebagai cara alami untuk mengatasi kapalan. Hal ini dikarenakan adanya enzim pada buah nanas yang bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menyembuhkan luka pada kulit.

Cara menggunakan nanas untuk menghilangkan kapalan adalah dengan mengusapkan atau menggosokkan nanas yang masih muda ke bagian kulit kaki yang kapalan. Lakukan secara perlahan pada bagain tersebut, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin hingga kondisinya membaik secara total.

Loading