Sukses

6 Tempat Wisata Kuliner di Banjarmasin, Populer dan Menguggah Selera

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata kuliner di Banjarmasin bisa menjadi destinasi menarik saat mengunjungi kota seribu sungai ini. Banjarmasin adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia ang wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 delta yang dipisahkan oleh sungai-sungai.

Tempat wisata kuliner di Banjarmasin punya cita rasa khas yang tak ditemui di daerah lain. Tempat wisata kuliner di Banjarmasin kebanyakan menawarkan masakan Banjar seperti soto Banjar, Mie Bancir, dan olahan makanan laut. Tempat wisata kuliner di Banjarmasin tersebar di penjuru kota Banjarmasin dan dapat dengan mudah diakses dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Beberapa tempat wisata kuliner di Banjarmasin juga sudah terkenal dan melegenda seperti Lontong Orari dan Soto Bang Amat. Banyak pula tempat wisata kuliner di Banjarmasin yang mulai berkembang menjadi destinasi wisata. Berikut tempat wisata kuliner di Banjarmasin yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin(23/9/2019).

2 dari 7 halaman

Soto Banjar Bang Amat

Soto Banjar adalah makanan khas Kalimantan yang paling terkenal di Indonesia. Di luar Kalimantan, Soto Banjar sudah banyak ditemui. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih.

Soto ini berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel, kentang rebus, rebusan telur, potongan wortel dan ketupat. Kuah Soto Banjar juga biasanya dicampur dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya sedikit keruh. Penjual soto Banjar biasanyan juga menyajikan sate ayam sebagai menu pendamping.

Salah satu warung soto Banjar yang terkenal adalah Depot Soto Bang Amat. Tak cuma menikmati kelezatan soto Banjar, di sini pengunjung bisa menikmati indahnya sungai Martapura. Ada pula pertunjukkan musik tradisional yang siap menghibur tamu yang menikmati soto Banjar di depot ini.

3 dari 7 halaman

Lontong Orari

Lontong Orari merupakan kuliner legendaris di Banjarmasin. Lontong Orari merupaakan menu lontong sayur berisi lontong, sayur, dan lauk-pauk. Keistimewaan Lontong Orari adalah pada bentuk lontongnya yang segitiga. Selain itu, ciri khas lainnya yang jadi pembeda adalah sajian ikan haruan yang dijadikan lauk-pauknya.

Rumah Makan Lontong Orari sida ada sejak tahun 80-an. Rumah makan ini berada di Jalan Seberang Masjid, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Lontong Orari bisa dinikmati mulai ukul 10.00 pagi hingga pukul 04.00 dini hari.

4 dari 7 halaman

Nasi Itik Gambut

Merupakan nasi dengan campuran daging bebek yang dibumbui dengan bumbu habang. Habang dalam bahasa Banjar memiliki arti merah. Warna merah bumbu masak habang ini dihasilkan dari bahan utamanya yaitu cabai merah yang dikeringkan. Meskipun memiliki tampilan warna merah yang pekat, bumbu habang cenderung tidak terasa pedas melainkan gak manis karena proses pembuatannya yang menggunakan gula merah.

Nasi Itik Gambut boasa dibungkus dalam daun pisang. Nasi yang digunakan dalam hidangan ini tersebut berasal dari beras yang berasal dari Kecamatan Gambut. Salah satu warung Nasi Itik Gambut yang paling terkenal adalah Nasi Itik Tenda Biru Gambut yang berada di Jl. A. Yani KM 14, Malintang Baru, Gambut, Kayu Bawang, Kec. Gambut, Banjar, Kalimantan Selatan. Wilayah ini merupakan jalan antara Kota Banjarmasin dan Bandar Udara Syamsudin Noor.

5 dari 7 halaman

Depot Sari Patin

Depot Sari Patin menawarkan beragam menu dengan cita rasa khas Banjar. Depot Sari Patin berada di Jl. Brigjend H. Hasan Basri No. 53 Rt 16 Banjarmasin. Depot ini memiliki beragam olahan ikan patin dengan bumbu khas banjar.

Menu di Depot Sari Patin antara lain adalah patin bakar, Pais Patin, Lais Bakar, ayam bakar, Jelawat Tim, udang bakar, dan masih banyak lagi. Harga menu di depot ini berkisar mulai dari Rp25.000,- sampai dengan Rp50.000,-.

6 dari 7 halaman

Mie Bancir

Mie bancir adalah makanan mi khas orang Banjar dari Kalimantan Selatan. Bancir berasal dari kata banci yang menggambarkan penyajian menu ini. Mie Bancir disajikan tidak berkuah namun tidak juga kering. Mie Bancir sedikit berkuah dengan taburan daging ayam kampung, telur itik tambak, dan jeruk kuit yang khas Kalimantan Selatan.

Mie Bancir mulai terkenal di Indonesia sejak dipopulerkan oleh Agus Sasirangan juara dua Masterchef Indonesia musim pertama. Agus Sasirangan pun membuka kedai Mie Bancir yang menjadi tujuan kuliner para wisatawan. Mie Bancir Agus Sasirangan bisa ditemui di Jl. Kayu Tangi, Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

7 dari 7 halaman

Waroeng Pondok Bahari

Waroeng Pondok Bahari menyediakan beragam menu khas Banjarmasin. Warung ini berada di Jl. Simpang Kapten Piere Tendean No. 108 RT 40, Banjarmasin. Waroeng Pondok Bahari juga buka selama 24 jam, cocok bagi Anda yang ingin kulineran kapan pun di kota ini.

Waroeng Pondok Bahari juga menawarkan soto Banjar, olahan laut, nasi kuning Banjar, lontong, dan masih banyak lagi. Harga yang dipatok pun cukup ramah dikantong membuat tempat ini cocok sebagai tempat berkumpul dengan keluarga atau sekadar nongkrong bersama teman menikmati suasana kota Banjarmasin.