Sukses

Peran dan Fungsi Media Massa yang Penting Bagi Khalayak

Media Massa kini tak lepas dari kehidupan masyarakat

Liputan6.com, Jakarta Peran dan fungsi media massa begitu penting dalam perkembangan komunikasi masyarakat. Media massa mengacu pada teknologi yang digunakan sebagai saluran untuk sekelompok kecil orang untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang. Media massa digumakan untuk menjangkau perhatian khalayak luas. 

Peran dan fungsi media massa memasuki berbagai aspek kehidupan masyarakat. Media massa adalah bentuk transportasi komunikasi massa, yang dapat didefinisikan sebagai penyebaran pesan secara luas, cepat, dan terus menerus kepada audiens yang besar dan beragam dalam upaya untuk mempengaruhi mereka dalam beberapa cara.

Peran dan fungsi media massa kini tak dapat terpisahkan dari kehidupan khalayak. Bentuk media massa pun kian berkembang. Peran dan fungsi media massa menjadi kebutuhan penting dalam komunikasi manusia. Peran dan fungsi media massa digunakan untuk menyampaikan berbagai tujuan dan urusan banyak pihak.

Penting untuk memahami peran dan fungsi media massa agar masyarakat mengetahui sisi baik dan buruknya media ini. Berikut peran dan fungsi media massa yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin(23/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebaran informasi

Penyebaran informasi adalah fungsi utama media massa. Karena informasi adalah pengetahuan dan pengetahuan adalah kekuatan, media menawarkan fakta dan pendapat yang otentik. Informasi ini tepat waktu dan berisi berbagai peristiwa dan situasi yang penting untuk dibagi kepada khalayak ramai sebagai item informatif.

Informasi yang diberikan oleh media massa dapat berupa pendapat, obyektif, subyektif, primer dan sekunder. Fungsi informatif dari media massa juga membuat audiens mengetahui tentang kejadian dan kebenaran di sekitar mereka. Media menyebarkan informasi sebagian besar melalui siaran berita di radio, TV, serta kolom surat kabar atau majalah. kini media kian berkembang dengan adanya media online.

Tak cuma informasi seputar peristiwa tertentu, iklan juga masuk dalam pesan media massa untuk tujuan informasi. Media massa tidak hanya menyediakan fakta dan data tetapi juga penjelasan dan interpretasi peristiwa dan situasi. Media menawarkan berbagai penjelasan yang menghubungkan dan menafsirkan informasi untuk membuat kenyataan menjadi jelas.

3 dari 7 halaman

Pendidikan

Media memberikan pendidikan dan informasi berdampingan. Media memberikan pendidikan dalam berbagai mata pelajaran kepada orang-orang dari semua tingkatan. Media mencoba mendidik orang secara langsung atau tidak langsung menggunakan berbagai bentuk konten.

Program pendidikan jarak jauh, misalnya, adalah pendekatan langsung. Drama, dokumenter, wawancara, fitur cerita dan banyak program lainnya disiapkan untuk mendidik orang secara tidak langsung. Terutama di negara berkembang, media massa digunakan sebagai alat yang efektif untuk kesadaran massa.

4 dari 7 halaman

Hiburan

Media massa memenuhi fungsi ini dengan menyediakan hiburan dan membantu mengurangi ketegangan sampai batas tertentu. Surat kabar dan majalah, radio, televisi, dan media online menawarkan cerita, film, serial, dan komik untuk menghibur audiens. Olahraga, berita, ulasan film, kolom seni dan mode adalah contoh lainnya.

Cara ini membuat waktu rekreasi dan rekreasi penonton lebih menyenangkan. Beberapa media juga telah memasukkan informasi dan pendidikan dalam program hiburan. Perpaduan hiburan dan informasi disebut infotainment. Demikian pula, dimasukkannya pendidikan dalam program hiburan dianggap sebagai edutainment.

5 dari 7 halaman

Persuasi

Persuasi melibatkan membuat pengaruh pada pikiran orang lain. Media massa memengaruhi audiens dalam berbagai cara. Konten media membangun opini dan menetapkan agenda di benak publik. Ini memengaruhi suara, mengubah sikap dan perilaku moderat.

Editorial, artikel, komentar, dan lainnya dibuat untuk memberi funsi persuasi audiens.Banyak dari mereka menjadi terpengaruh atau termotivasi tanpa sadar terhadapnya. Iklan adalah contoh yang dirancang untuk meyakinkan audiens.

6 dari 7 halaman

Pengawasan dan Sosialisasi

Pengawasan

Fungsi media massa adalah untuk mengamati masyarakat secara dekat dan memperingatkan tentang tindakan-tindakan yang mengancam audiens massa yang kemungkinan akan terjadi di masa depan untuk mengurangi kemungkinan kerugian.

Media massa juga menginformasikan tentang kesalahan yang terjadi di masyarakat kepada otoritas terkait dan mencegah malpraktek di antara khalayak ramai di masyarakat.

Peringatan pengawasan terjadi ketika media memberi tahu tentang ancaman dari badai, meletusnya gunung berapi, kondisi ekonomi yang tertekan, meningkatnya inflasi atau serangan militer. Demikian pula, berita meningkatnya deforestasi, penyalahgunaan narkoba, perdagangan anak perempuan, dan kejahatan.

Sosialisasi

Media adalah reflektor masyarakat. Mereka menyosialisasikan orang, terutama generasi muda. Sosialisasi adalah proses dimana orang dibuat untuk berperilaku dengan cara yang dapat diterima dalam budaya atau masyarakat mereka.

Setiap kali seseorang membaca koran atau menonton televisi, individu tahu bagaimana orang bereaksi terhadap hal-hal dan jenis norma dan nilai apa yang mereka rasakan pada peristiwa, masalah atau situasi tertentu.

7 dari 7 halaman

Penghimpun

Fungsi media massa adalah untuk menggabungkan bersama berbagai elemen masyarakat yang tidak terhubung secara langsung. Misalnya klan massal berupaya menghubungkan kebutuhan pembeli dengan produk penjual.

Demikian pula, dengan menyiarkan berita tentang mereka yang menderita penyakit atau bencana alam, media dapat membantu dalam mengumpulkan bantuan dan memberikan jumlah yang dikumpulkan kepada para korban.

Dengan cara ini, media menjadi jembatan antara berbagai kelompok yang mungkin atau mungkin tidak memiliki koneksi langsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini