Sukses

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kulit, Perhatikan Cara Penggunaan yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kondisi kulit yang sehat. Beberapa di antaranya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami, yang telah dipercaya mampu membantu mengatasi masalah kulit dengan aman. Salah satu bahan alami tersebut adalah buah belimbing wuluh. Kamu bisa merasakan segudang manfaat belimbing wuluh untuk kulit.

Ya, siapa sangka buah kecil dengan rasa yang asam ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Manfaat Belimbing Wuluh untuk kulit merupakan salah satu yang dicari banyak orang. Terdapatnya manfaat belimbing wuluh untuk kulit ini dikarenakan memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (24/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kulit yang bisa kamu coba dan rasakan sendiri. Namun, penggunaannya harus dalam batas yang normal dan tetap menjaga kebersihan saat menggunakannya.

2 dari 5 halaman

Kandungan Nutrisi pada Belimbing Wuluh

Sebelum membahas tentang manfaat belimbing wuluh untuk kulit, penting untuk mengetahui kandungan nutrisi hebat yang ada di dalamnya. Dengan adanya nutrisi yang terkandung di dalam belimbing wuluh ini bisa menhasilkan manfaat yang luar biasa.

Belimbing wuluh mengandung berbagai macam nutirisi yang ternyata sangat diperlukan untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral. Untuk kandungan vitaminnya sendiri, belimbing wuluh memiliki vitamin berupa vitamin A, C, dan B kompleks.

Sedangkan pada kandungan mineralnya, terdapat fosfor, kalsium, dan zat besi. Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung antioksidan yang memiliki segudang manfaat untuk kulit khususnya. Terakhir, kandungan zat bersifat astringen juga ada di dalam belimbing wuluh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Belimbung Wuluh untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Meringankan Kondisi Berjerawat pada Wajah

Manfaat belimbing wuluh untuk kulit yang pertama adalah mampu menringankan kondisi jerawat di wajah. Hal ini ddikarenakan belimbing wuluh memiliki kandungan asam oksalat yang bisa mengurangi jerawat di wajah kamu.

Penggunaan belimbing wuluh untuk perawatan kulit wajah dengan menjadikannya masker. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, sebelum membuat masker wajah dari belimbing wuluh ini harus memastikan kehigienisan alat dan bahan yang digunakan. Hal ini berguna agar tidak memunculkan iritasi setelah pemakaiannya.

Cara membuat masker dari belimbing wuluh adalah dengan menghaluskan buahnya. Setelah itu aplikasikan pada wajah seperti menggunakan masker pada umumnya. Kemudian diamkan beberapa menit hingga masker mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

Kamu bisa menerapkan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Mencerahkan Wajah

Manfaat belimbing wuluh untuk kulit wajah selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah membuat wajah menjadi cerah. Adanya kandungan tinggi vitamin C pada belimbing wuluh mampu membuat kulit wajah kamu menjadi lebih cerah.

Selain itu, flek hitam juga bisa berkurang dan menjaga kulit tetap kencang. Hal ini dikarenakan adanya produksi kolagen (zat yang dibutuhkan untuk menjaga warna kulit).

Untuk mendapatkan manfaatnya ini, kamu bisa membuat racikannya sendiri di rumah. Cara membuat dan mengaplikasikannya sama dengan membuat belimbing wuluh menjadi masker di atas.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Belimbung Wuluh untuk Kulit Lainnya

Mengecilkan Pori-pori

Buat kamu yang memiliki masalah pada pori-pori yang besar, kamu bisa mencoba untuk menggunakan perawatan wajah dengan belimbing wuluh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan yang dapat membunuh bakteri jahat penyebab jerawat dan pori-pori besar yang menyebabkan produksi sebum berlebih.

Untuk bisa mendapatkan khasiatnya, kamu bisa menggunakan belimbing wuluh untuk dijadikan masker wajah. Cara pembuatan dan pengaplikasiannya masih sama dengan yang sebelumnya. Penggunaannya secara rutin bisa membuat kulit wajah kamu menjadi halus.

Mengatasi Penuaan Dini

Buah belimbing wuluh sangat kaya akan vitamin C dan A, yang bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas. Adanya kandungan mineral dan vitamin ini juga berfungsi untuk mengurangi tampilan garis halus dan kerutan pada wajah. Oleh karena itu, kulit akan terasa lebih kencang dan lebih awet muda.

Mengurangi Rasa Gatal Karena Gigitan Serangga

Manfaat belimbing wuluh untuk kulit lainnya adalah bisa meringakan rasa gatal saat terkena gigitan serangga. Kamu bisa menjadikannya sebagai pasat untuk digunakan pada kulit yang terasa gatal.

Namun, bukan bagian buahnya yang digunakan melainkan daun dari belimbing wuluhnya. Pasta atau adonan yang dibuat dari daun belimbing wuluh ini sudah dikenal sejak dulu ampuh untuk meringankan gatal karena gigitan serangga.

Cara membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu menumbuk daun belimbing hingga halus. Setelahnya, kamu bisa mengaplikasikannya ke bagian titik gatal yang terkena serangga.

5 dari 5 halaman

Hentikan Penggunaan Apabila Terjadi Iritasi

Di balik manfaat belimbing wuluh untuk kulit yang bisa kamu coba, harus kamu perhatikan penggunaannya. Ketika menggunakan belimbing wuluh untuk dijadikan masker wajah, ada beberapa orang yang merasakan kemerahan, mengelupas, atau gatal pada kulitnya. Apabila kamu mengalami iritasi atau alergi seperti ini, kamu perlu menghentikan penggunaannya.

Perawatan wajah dengan menggunakan bahan alami seperti ini memang rentan memberikan efek iritasi pada penggunanya. Hal ini biasanya disebabkan karena penggunaan bahan-bahan yang digunakan seringkali tidak higienis.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan masker yang sudah dalam bentuk sachetan atau produk yang dijual bebas dalam bentuk kemasan. Apabila terjadi permasalahan kulit lebih lanjut, kamu disarankan untuk segera memeriksakan keluhannya ke dokter spesialis kulit dan kelamin guna mendapatkan penanganan yang tepat.