Sukses

8 Manfaat Sarang Semut Papua untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Berbagai Penyakit

Manfaat sarang semut Papua dipengaruhi oleh berbagai zat yang dikandungnya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sarang semut papua bisa menyehatkan berbagai penyakit yang berat maupun penyakit ringan. Sarang semut adalah salah satu metode pengobatan herbal yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan mengonsumsi air rebusannya.

Sarang semut Papua ini bukanlah sarang semut asli, melainkan tumbuhan epifit atau tumbuhan yang menumpang hidup di pohon lain tetapi tidak menyerap makanan dari pohon itu. Kamu bisa membeli sarang semut ini secara online sekarang karena sudah banyak yang menjualnya.

Manfaat sarang semut Papua dipengaruhi oleh berbagai zat yang dikandungnya. Kandungan senyawa aktif polifenol yang ada dalam sarang semut berperan sebagai zat antikanker, antidiabetes hingga antimikroba.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat sarang semut Papua dari berbagai sumber, Selasa (24/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Sarang Semut Papua

Mengatasi Rematik

Manfaat Sarang Semut Papua yang pertama adalah dapat mengatasi rematik. Rematik merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang orang berusia lanjut. Kandungan flavonoid yang terkandung dalam sarang semut dapat menghambat enzim xanthine sehingga baik untuk mengobati rematik.

Apalagi, kandungan antioksidan dan tokoferol atau vitamin E yang bekerja sangat baik untuk mengobati penyakit rematik. Jadi tak perlu bingung lagi bila rematik menyerang. Cukup minum rebusan sarang semut dan rasakan manfaatnya.

Meningkatkan Stamina

Banyaknya aktivitas sering kali membuat stamina kamu terkuras. Oleh karena itu, kamu harus banyak mengonsumsi makanan yang tinggi energi untuk menggantikan stamina yang terkuras.

Menjadi salah satu sumber energi penambah stamina merupakan manfaat sarang semut papua yang selanjutnya. Kandungan di dalamnya terbukti dapat memaksimalkan penyerapan kalsium dan mampu membentuk energi yang besar.

Tak lagi harus minum minuman energi yang banyak mengandung pemanis buatan. Kamu bisa minum air rebusan sarang semut untuk menambah stamina saat melakukan banyak aktivitas yang berat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Sarang Semut Papua

Mengobati Kanker

Salah satu manfaat Sarang Semut Papua yang sudah sangat terkenal adalah dapat mengobati kanker. Mengidap kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya terlepas dari apapun jenis kanker yang kamu alami. Selain itu, pengobatan yang mahal tentu bisa menambah masalah kamu saat terkena kanker.

Sarang semut mengandung antioksidan yang mampu melawan berbagai penyakit kanker. Sebut saja kanker kulit, kanker paru-patu, kanker prostat, bahkan kanker darah. Selain kanker, sarang semut juga bisa mengobati tumor. Kandungan flavonoid pada sarang semut papua ini menjadi faktor penting penangkal tumor maupun kanker.

Beberapa mekanisme kerja flavonoid dalam melawan tumor atau kanker, misalnya inaktivasi karsinogen, anti-proliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis, dan pembalikan resistensi multi-obat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut. Dengan mengonsumsi air rebusan sarang semut secara teratur kamu bisa sembuh.

Mengobati Penyakit Jantung

Selain mengobati kanker yang sangat berbahaya, manfaat Sarang Semut Papua  juga bisa untuk emngobati penyakit jantung. Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Dari organ tersebut, banyak penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, dan jantung koroner.

Sarang semut mengandung mineral, kalium, dan kalsium tinggi yang mampu menangani berbagai gejala penyakit jantung. Cukup dengan mengonsumsi air rebusan sarang semut secara rutin dua kali sehari.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Sarang Semut Papua

Mengatasi Benjolan pada Payudara

Manfaat Sarang Semut Papua selanjutnya adalah mengatasi benjolan pada payudara. Benjolan di area intim seperti payudara seringkali sangat menakutkan bagi wanita. Bagaimana tidak, benjolan tidak wajar tersebut umumnya merupakan gejala munculnya tumor bahkan kanker payudara.

Benjolan tumor pada payudara itu sendiri berupa cairan getah bening dan sel darah putih. Dengan kandungan flavonoid dalam sarang semut, benjolan di payudara perlahan bisa disembuhkan.

Melancarkan Menstruasi

Bagi wanita, kesuburan organ reproduksi dapat ditandai dengan menstruasi yang lancar. Manfaat Sarang Semut Papua juga dapat membantu mengatasi permasalahan menstruasi yang tidak teratur dan tidak lancar.

Tak hanya itu, manfaat mengejutkan lainnya sarang semut dapat membantu mengatasi permasalahan organ intim wanita lainnya. Mengonsumsi air rebusan sarang semut dapat membantu mengatasi keputihan bagi wanita. Bahkan Sarang Semut Papua ini juga dapat meningkatkan jumlah air susu ibu (ASI).

5 dari 5 halaman

Manfaat Sarang Semut Papua

Mengatasi Ambeien

Meskipun tidak mematikan, penyakit yang terdapat pada area dubur ini sangat mengganggu. Bahkan pada beberapa pengidap, penyakit ini bisa memicu penyakit lain yang lebih berbahaya. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan manfaat Sarang Semut Papua sebagai langkah pengobatan.

Khasiat sarang semut untuk pengobatan ambeien berkat kandungan flavonoid dan taninnya yang tinggi. Kedua golongan senyawa ini dalam beberapa penelitian memang terbukti dapat mengobati wasir atau ambeien.

Mengatasi Migrain

Selain itu, manfaat Sarang Semut Papua juga bisa digunakan untuk mengatasi migraine. Pengobatan migrain ini berkaitan dengan fungsi kandungan flavonoid dan multi-mineral dalam sarang semut, khususnya kalsium, natrium, dan magnesium. Jadi kamu bisa mengonsumsi air rebusan sarang semut untuk menangani migrain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.