Sukses

7 Manfaat Buah Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi Sehat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah belimbing wuluh banyak digunakan sebagai tambahan berbagai masakan. Belimbing Wuluh dikenal dengan rasanya yang masam. Tanaman yang masih kerabat dekat dari belimbing ini merupakan tanaman endemik di wilahyah Asia Tenggara.

Banyak orang menggunakan Manfaat Buah Belimbing wuluh sebagai penyedap makanan dan obat tradisional. Manfaat buah belimbing wuluh ini didapat dari kandungan nutrisinya yang baik seperti vitamin C, Vitamin A, folat, serat, dan masih banyak lagi.

Manfaat buah belimbing wuluh bisa dinikmati langsung saat mengonsumsi buahnya, dicampurkan dalam masakan atau dijadikan minuman herbal. Manfaat buah belimbing wuluh dipercaya dapat mencegah diabetes, menyembuhkan batuk, menurunkan tekanan darah, hingga baik untuk kesehatan kulit.

Mudah didapat dan diolah, Anda bisa menikmati manfaat buah belimbing wuluh setiap hari dengan aman. Berikut manfaat buah belimbing wuluh yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/9/2019).

2 dari 8 halaman

Cegah diabetes

Beberapa studi tabung membuktikan bahwa konsumsi jus belimbing secara teratur dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Ini akan memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah yang membantu dalam mengobati diabetes tipe 2. Selain itu belimbing juga rendah dalam indeks glikemik. Dengan begitu mengonsumsi belimbing wuluh tidak akan menaikkan kadar gula darah.

Anda bisa mengonsumsi belimbing wuluh untuk mengontrol gula darah dengan mengolahnya sebagai jus atau merebus buah belimbing dengan 1 gelas air dan meminumnya secara rutin.

3 dari 8 halaman

Turunkan tekanan darah

Manfaat buah belimbing wuluh telah digunakan secara tradisional untuk mengendalikan hipertensi. Belimbing wuluh mengandung serat, magnesium, seng, zat besi, dan kalsium yang penting dalam penyembuhan darah tinggi. Belimbing wuluh juga sangat rendah sodium yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Kalium pada belimbing wuluh juga bertindak untuk mengurangi ketegangan dari pembuluh darah dan memberikan aliran darah ke arteri yang lancar. Ini bisa mengurangi tekanan dari sistem kardiovaskular sehingga embantu mengurangi tekanan darah dan mencegah berbagai jenis penyakit terkait tekanan darah.

Anda bisa mengonsumsi ramuan belimbing wuluh secara rutin setiap pagi. Rebus buah belimbing dengan air hingga setengah airnya menguap. Minum ramuan tersebut secara rutin.

4 dari 8 halaman

Bantu penurunan berat badan

Manfaat buah belimbing wuluh sudah digunakan sejak lama untuk menurunkan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Serat membantu menjaga perut merasa lebih kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Belimbing wuluh juga mampu mengurangi lemak dalam tubuh penyebab obesitas.

Belimbing sangat baik untuk pencernaan dan proses metabolisme tubuh. Mengonsumsi belimbing wuluh secara rutin dapat menurunkan berat badan secara berkala. Anda bisa mengombinasikan olahan belimbing wuluh setiap hari dengan cara di jus, meminum rebusan airnya, atau menambahkannya ke menu makanan harian.

5 dari 8 halaman

Cegah anemia

Belimbing wuluh juga tinggi zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Kekurangan zat besi dikaitkan dapat mengembangkan gejala anemia. Zat besi membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam aliran darah yang mengikat oksigen dan nutrisi lain dalam darah dan membawanya ke setiap bagian tubuh.

Mengonsumsi belimbing wuluh membantu mencegah gejala anemia, seperti kelelahan, sesak napas, detak jantung tidak teratur, kelemahan, sakit kepala, dan pusing.

6 dari 8 halaman

Tingkatkan kekebalan tubuh

Belimbing wuluh sangat tinggi vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh. Vitamin ini melindungi tubuh dari berbagai jenis infeksi virus dan bakteri. Vitamin C ini juga membantu mencegah risiko berbagai jenis penyakit, seperti degenerasi makula, katarak, berbagai jenis kanker dan penyakit kulit.

Buah belimbing wuluh juga merupakan antioksidan kuat, yang melawan radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif penyebab penyakit kronis. Studi telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan kaya vitamin c seperti belimbing wuluh sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit umum seperti flu, demam, batuk, pilek dan penyakit infeksi lainnya.

7 dari 8 halaman

Sembuhkan batuk

Manfaat buah belimbing wuluh sudah digunakan sejak lama sebagai minuman pereda batuk. Sifat anti inflamasinya mampu meredakan batuk yang disebabkan virus atau kekebalan tubuh yang lemah. Vitamin C pada belimbing wuluh mampu mengembalikan kekebalan tubuh yang rusak dan mencegah virus dan bakteri datang kembali.

Mengonsumsi belimbing wuluh juga terbukti melegakan pernapasan dan tenggorokan. Seduh 3 sampai 4 buah belimbing dengan air panas, minum selagi hangat secara rutin untuk meredakan batuk.

8 dari 8 halaman

Dukung kesehatan kulit

Kandungan sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antioksidan pada belimbing wuluh sangat baik untuk kesehatan kulit. Sifat anti-inflamasi belimbing wuluh membantu mengurangi peradangan kulit dan sifat antibakteri membantu menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti jerawat.

Selain itu sifat antioksidannya membantu mengurangi kerusakan oksidatif sel-sel kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C pada belimbing wuluh juga ampuh mengecilkan pori-pori wajah. Mengonsumsi dan mengaplikasikan belimbing pada kulit dapat mengurangi risiko berbagai jenis penyakit terkait kulit, seperti bintik hitam, keriput, jerawat, dan tanda-tanda penuaan.