Sukses

Cara Membuka DM Instagram di PC, Mudah dan Efisien

Liputan6.com, Jakarta Instagram menjadi media sosial yang kini makin digandrungi anak muda. Berawal dari platform berbagi foto, Instagram kian berkembanga sebagai media sosial paling populer, semua berkat fitur baru dan trendi. Fitur-fitur yang ditawarkan Instagram makin mendukung kebutuhan kekinian para kaum muda.

Instagram tak cuma bisa diakses melalui aplikasi di Android atau iOS. Penggunanya juga dapat membuka Instagram melalui browser di PC. Fitur-fitur yang tersedia pada Instagram web juga hampir sama dengan Instagram via aplikasi. Kamu bisa melihat kilas cerita, postingan foto, eksplor, dan notifikasi.

Namun, satu kekurangan dariĀ Instagram web, kamu tidak bisa membuka atau mengirim DM pada kotak masukmu. Jika kamu seorang Instagrammer, ketiadaan fitur ini mungkin mengecewakan. Kamu pasti akan kerepotan untuk membuka DM Instagram karena harus membuka aplikasi di ponsel terlebih dahulu. Cara ini sangatlah tidak efisien.

Tak perlu pusing, ada banyak solusi dari kekurangan Instagram Web ini. Kamu masih bisa menggunakan aplikasi dan ekstensi Chrome yang dapat membantumu melihat dan membalas DM Instagram dari PC secara langsung. Tak perlu lagi membuka aplikasi Instagram di ponsel untuk membuka DM. Kamu cuma memerlukan browser Chrome untuk bisa menikmati kemudahan ini.

Berikut cara membuka DM Instagram di PC yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu(25/9/2019).

2 dari 5 halaman

Menggunakan Aplikasi Instagram di Windows 10

Jika kamu pengguna Windows 10, kamu bisa menggunakan aplikasi Instagram yang dapat diunduh resmi di Microsoft Store. Aplikasi Instagram resmi untuk Windows 10 mendukung pengiriman DM. Untuk mengunduh aplikasi, buka Microsoft Store dan cari Instagram. Klik aplikasi pertama pada daftar dan kemudian klik "get".

Sebuah pesan akan muncul mengatakan kamu memiliki aplikasi dan kemudian akan secara otomatis mengunduh. Setelah selesai, klik "launch". Klik Sign in kecil di bagian bawah jendela. Masukkan nama pengguna dan kata sandimu dan klik Log in.

Sekarang, klik ikon Instagram Direct di sudut kanan atas. Itu terlihat seperti pesawat kertas. Fitur ini akan memunculkan semua DM yang ada. Kamu dapat menggunakan bilah pencarian untuk menjelajahinya atau mengklik tanda plus untuk membuat pesan baru.

3 dari 5 halaman

Aplikasi IG: dm

Sesuai namanya IG: dm tidak hanya menampilkan semua pesan Instagrammu tetapi juga memungkinkan kamu membalas pesan yang masuk, mirip dengan Facebook Messenger. Kamu hanya perlu mengunduh di laman resminya di igdm.me.

Setelah mengunduh instal aplikasi tersebut. Setelah selesai, login dengan nama pengguna dan kata sandi Instagrammu. Setelah verifikasi selesai, kamu akan melihat semua pesan di sebelah kiri dengan panel pesan di sebelah kanan. Cukup klik satu DM, dan mulai mengobrol.

Meskipun IG: dm memungkinkan kamu mengobrol dengan pengikutmu, ia tidak memiliki semua fitur Instagram seperti GIF, like, dan opsi untuk mengirim pesan suara. Untuk saat ini, kamu hanya dapat bertukar gambar dan emoji, selain dari teks standar. Plus, mengetuk dua kali pada pesan akan meng'like', mirip dengan fitur di ponsel.

Terlepas dari yang di atas, IG: dm memang hadir dengan sedikit fitur. Namun, aplikasi ini sudah cukup membantu untuk membuka DM di Instagram web.Secara keseluruhan, IG: dm adalah alat yang bagus untuk dimiliki pada PCmu. Aplikasi ini mudah digunakan dan antarmukanya mirip dengan Instagram.

4 dari 5 halaman

Mengunakan ekstensi Chrome: Direct Message for Instagram

Di Google Chrome, jauh lebih mudah untuk melihat DM dengan ekstensi yang bebas diunduh. Keuntungan yang dimiliki ekstensi ini dibandingkan aplikasi dan alat khusus adalah ekstensi tersebut berfungsi sebagai emulator. Dengan ekstensi ini kamu mendapatkan pengalaman yang sama dengan bagian DM pada ponsel tetapi pada layar yang lebih besar.

Kamu bisa menggunakan ekstensi Chrome bernama Direct Message for Instagram. Ekstensi ini hampir meniru tampilan dan nuansa aplikasi Instagram. Setelah kamu menambahkan ekstensi ke Chrome, ekstensi ini tidak memerlukan login terpisah. Jika kamu masuk ke profilmu, ekstensi mengambil kredensial masuk dari browsermu. Setelah selesai, klik pada ikon kecil berbentuk DM di browser dan DM Instagram akan muncul.

Kamu dapat mengirim hati, gambar, dan juga emoji. Sayangnya, opsi untuk mengirim GIF dan stiker tidak ada. Plus, kamu juga dapat memblokir atau melaporkan dan akun dari dalam jendela kecil, atau membuat obrolan grup. Tidak seperti IG: dm, kamu juga dapat melihat Permintaan Pesan. Tidak hanya itu, DM for Instagram juga memungkinkan kamu untuk melakukan Izinkan atau Tolak permintaan.

5 dari 5 halaman

Mengunakan ekstensi Chrome: Web for Instagram plus DM

Tak cuma Direct Message for Instagram, ada ekstensi lain bernama Web for Instagram plus DM. Fungsinya hampir sama dengan Direct Message for Instagram. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengunggah foto atau mengupdate kilas cerita lewat PC. Dengan ekstensi ini kamu bisa merasakan pengalaman membuka Instagram web dengan fitur yang sama lengkapnya dengan Instagram di ponsel.

Namun, kamu akan menemukan iklan pada ekstensi ini. Selain itu, kamu memerlukan plugin pihak ketiga untuk mengirim emoji. Kamu juga bisa menerapkan fitur mode malam pada ekstensi ini. Sisi baiknya, kamu dapat melihat jumlah pengikut atau pesan baru dengan hanya mengarahkan kursor ke ikon di status bar.