Sukses

6 Buah yang Cocok untuk Ibu Menyusui, Bikin ASI Makin Lancar

Liputan6.com, Jakarta Ketika sedang menyusui, Anda dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama menyusui bisa didapatkan dari buah-buahan. Buah yang kaya nutrisi bisa membantu Anda agar tetap sehat dan produksi Air Susu Ibu (ASI) lancar. Selain melengkapi kebutuhan nutrisi untuk ASI, ASI yang lancar juga sangat diperlukan oleh ibu menyusui.

Mempertahankan produksi ASI sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui untuk menambahkan dua porsi atau sekitar dua cangkir buah-buahan di setiap harinya. Hal ini berguna agar produksi ASI semakin melimpah.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (25/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk memperlancar produksi ASI selama menyusui.

2 dari 7 halaman

Jeruk

Jeruk dan buah sitrus lainnya memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan ini sangat dibutuhkan untuk ibu menyusi ketimbang ibu hamil. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan tulang, gigi, dan otot yang sehat untuk bayi dan anak-anak.

Selain itu, vitamin C juga mampu proses pemulihan jaringan pada ibu yang sedang menyusui. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin C Anda saat sedang menyusui sebanyak 120 mg (dua buah jeruk kecil) per harinya.

3 dari 7 halaman

Alpukat

Buah kaya nutrisi selanjutnya yang baik dikonsumsi ibu menyusui selanjutnya adalah alpukat. Adanya kandungan kalium pada buah alpukat yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Mineral kalium pada buah alpukat ini sangat tinggi, yang bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

Ibu menyusui membutuhkan sekitar 5.000 mg kalium setiap harinya. Nah, di buah alpukat inilah Anda bisa mencukupi kebutuhannya. Karena satu buah alpukat memiliki sekitar 975 mg kalium. Selain kalium, alpukat juga memiliki asam lemak yang sehat seperti asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9. Di mana ketiga kandungan asam lemak ini penting untuk menjaga kadar gula darah dan kolesterol Anda.

Ketika ASI Anda tercukupi dengan lemak sehat, maka berat badan anak Anda akan meningkat.

4 dari 7 halaman

Pisang

Selain alpukat, pisang juga mengandung kalium yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Kalium bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Sedikit lebih rendah dari alpukat, pisang hanya mengandung 450 mg kalium.

Selain kalium, pisang juga mengandung asam folat dan kalori. Kedua nutrisi ini bisa memberikan energi instan setelah menyusui.

5 dari 7 halaman

Melon Oranye

Buah melon oranye juga sangat baik dikonsumsi bagi ibu menyusui. Hal ini dikarenakan satu potong sedang buah melon oranye mengandung 50 gram vitamin C. Jumlah ini kurang lebih setengah kebutuhan harian ibu menyusui. Kandungan air pada melon oranye yang sangat tinggi bisa membantu menjaga kecukupan cairan tubuh ibu menyusui.

6 dari 7 halaman

Pepaya Muda

Kandungan nutrisi pada papaya muda mengandung enzim yang bersifat mendorong produksi ASI. Selain itu, ada juga kandungan vitamin-vitamin penting seperti vitamin A, B, C, dan E.

Anda bisa mengonsumsi papaya muda menjadi beberapa olahan masakan agar lebih nikmat untuk disantap. Misalnya saja dengan menjadikan papaya muda sebagai bahan untuk tumisan.

7 dari 7 halaman

Kurma

Kurma juga dapat meningkatkan produksi ASI. Hal ini dikarenakan kurma dapat meningkatkan kadar hormone prolactin, yang merupakan hormone pendorong produksi ASI.

Kurma juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti zat besi dan vitamin B6 yang baik untuk ibu menyusui.