Sukses

6 Tempat Wisata di Brebes yang Memesona, dari Alam hingga Peninggalan Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Brebes adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Tempat wisata di Brebes bisa jadi pilihan liburan di kawasan pantura. Brebes merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Barat. Brebes juga dikenal sebagai penghasil telur asin dan bawang merah. Tempat wisata ini dapat menjadi pilihan rekreasi saat akhir pekan atau bagi Anda yang sedang mudik melewati jalur pantai utara.

Wilayah Brebes sebagian besar berupa dataran rendah meski beberapa wilayah juga merupakan dataran tinggi. Di sebelah utara, Brebes berbatasan langsung dengan laut Jawa. Kondisi geografis Brebes yang beragam membuat tempat wisata di Brebes juga terdiri dari banyak pilihan.

Anda bisa mengunjungi beragam tempat wisata mulai dari pegunungan, pantai, hutan mangrove, hingga situs peninggalan sejarah. Tempat wisata di Brebes juga dapat dengan mudah diakses menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Tempat wisata di Brebes tak pernah sepi pengunjung terutama saat masa liburan. Tak jarang tempat wisata di Brebes menjadi tujuan persinggahan bagi para pemudik yang melewati jalur pantura. Berikut 6 tempat wisata di Brebes yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/9/2019).

2 dari 7 halaman

Agrowisata Kaligua

Di bagian Selatan Brebes, Anda bisa menikmati keindahan dataran tinggi yang sejuk. Salah satu destinasi wisata alam di daerah ini adalah Agrowisata yang terletak Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Di sini pengunjung bisa menyaksikan hamparan perkebunan teh yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah.

Perkebunan teh Kaligua berada pada ketinggian 1.200 - 2.050 meter dari permukaan laut. Kondisi udara sangat dingin, berkisar 8-22 °C pada musim penghujan dan mencapai 4-12 °C pada musim kemarau. Tempat wisata di Brebes ini terletak di lereng barat Gunung Slamet.

Dari perkebunan teh ini wisatawan dapat menikmati keindahan salah satu puncak gunung Slamet, yaitu puncak Sakub. Jika cuaca bersabat, dari perkebunan ini juga akan terlihat pemandangan Gunung Ceremai, wilayah Tegal, serta Cilacap.

3 dari 7 halaman

Pabrik Gula Jatibarang

Pabrik Gula Jatibaranga dalah pabrik gula peninggalan Belanda di Hindia Belanda yang dibangun tahun 1842. Kini Pabrik Gula Jatibarang dikelola oleh PTPN IX (Persero). Pabrik Gula Jatibarang merupakan pabrik gula terbesar yang ada di Brebes.

Kini sebagian wilayah Pabrik Gula Jatibarang dijadikan tempat wisata menarik. Salah satu bangunan terbesarnya yang bernama Besaran dijadikan museum untuk mengedukasi pengunjung. Di tempat wisata di Brebes ini juga terdapat wahana wisata Kereta tebu yang dulunya merupakan lokomotif dan lori pengangkut tebu.

Arsitektur khas Belanda di Pabrik Gula Jatibarang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tak jarang banyak orang berfoto dengan latar belakang bangunan.

4 dari 7 halaman

Hutan Mangrove Pandansari

Hutan Mangrove Pandansari menjadi destinasi wisata baru di Brebes. Di sini pengunjung bisa menikmati kerimbunan hutan mangrove atau pepohonan bakau. Lokasi ini memang merupakan kawasan konservasi hutan mangrove yang kemudian dimanfaatkan sebagai destinasi wisata.

Hutan Mangrove Pandansari berada di Pandansari, Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Di sini wisatawan bisa berkeliling hutan mangrove menggunakan perahu sekitar 15 menit dari dermaga. Wisata Hutan Mangrove Pandansari ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Mangrove Pandansari. Tiket masuk menuju tempat ini juga cukup terjangkau yaitu antara Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu.

5 dari 7 halaman

Ranto Canyon

Ranto Canyon berlokasi di esa Winduasri, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Di kalangan warga Brebes, Ranto Canyon merupakan objek wisata eksotis nan ekstrem. Wisata ini menawarkan sejuknya hawa pegunungan dan pemandangan indah di antara tebing-tebing terjal.

Tempat wisata di Brebes ini memiliki trek sepanjang 769 meter. Di tengah perjalanan, wisatawan akan menemui air terjun yang jatuh dari dari ketinggian 20 meter. Trek di Ranto Canyon cukup ekstrem sehingga perlu berhati-hati saat melewatinya. Wisatawan yang ingin mencoba track Ranto Canyon cukup pemandu Rp 30 ribu per orang lengkap dengan fasilitas sewa helm dan pelampung gratis.

6 dari 7 halaman

Pantai Randusanga

Pantai Randusanga terletak di Randusanga Kulon sekitar 7 KM ke arah utara dari jalan raya Pantura kota Brebes. Di sepanjang jalan menuju pantai Randusanga akan banyak ditemui perkebunan bawang merah dan tambak - tambak yang digunakan untuk budidaya bandeng dan rumput laut.

Pantai Randusanga kini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Brebes dan menjadi destinasi andalan di Brebes. Fasilitas yang disediakan di pantai ini juga tergolong lengkap dengan permainan anak, pemandian, panggung gembira, arena balap motor (grass track), camping ground, kafe, rumah makan, dan pusat oleh-oleh.

7 dari 7 halaman

Waduk Malahayu

Waduk Malahayu merupakan waduk peninggalan masa Kolonial Belanda. Fungsi utama waduk ini adalah sebagai saluran irigasi pertanian daerah setempat. Selain digunakan sebagai sarana air irigasi pertanian, Waduk Malahayu juga menjadi tempat rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Di tempat wisata di Brebes ini pengunjung bisa menyaksikan panorama alam pegunungan dan perbukitan yang indah, dikelilingi hutan jati yang luas. Hutan jati ini juga dijadikan sebagai bumi perkemahan. Pengunjung juga bisa berkeliling waduk dengan perahu yang tersedia.

Waduk Malahayu juga mempunyai cerita rakyat yang berkembang hingga kini. Bagi pasangan pengantin baru yang berkunjung harus membasuh muka dengan air waduk, karena dipercaya akan langgeng dalam mengarungi maghligai rumah tangga.