Sukses

6 Manfaat Buah Lemon untuk Wajah, Gunakan dengan Langkah yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak manfaat buah lemon untuk wajah. Beberapa produk kecantikan menggunakan buah lemon sebagai bahan campurannya. Banyak di antaranya digunakan sebagai bahan perawatan wajah. Buah lemon digunakan karena memiliki nutrisi baik untuk wajah.

Walaupun banyak manfaat buah lemon untuk wajah, jangan sepelekan dalam pemakaiannya. Ada anjuran khusus penggunaan buah lemon untuk wajah. Pasalnya enggak semua masalah wajah bisa diatasi langsung dengan buah lemon. Perlu dilakukan beberapa pengujian untuk memastikannya.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (25/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat buah lemon untuk wajah yang bisa kamu rasakan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Lemon untuk Wajah

Mencerahkan Kulit

Manfaat buah lemon untuk wajah yang sudah sangat terkenal adalah bisa mencerahkan wajah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C pada buah lemon yang bisa membantu proses pencerahannya. Vitamin C bekerja untuk mengurangi produksi melanin.

Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab untuk membuat area hiperpigmentasi menjadi lebih gelap. Nah, fungsi vitamin C pada buah lemon ini dapat membantu memudarkan pigmentasi serta menghaluskan permukaan kulit dan mengurangi kekusaman.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah lemon untuk wajah yang kedua adalah dipercaya bisa mencegah penuaan dini. Namun fungsi buah lemon di sini bukan secara utuh menghilangkan kerutan pada wajah. Pasalnya kerutan di wajah ini memang selalu berkembang secara alami dari waktu ke waktu.

Melainkan kandungan vitamin C pada buah lemon ini bekerja untuk membantu mengurangi penuaan dini dengan melindungi kulit dari keriput yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Kandungan vitamin C pada buah lemon ini bisa membantu mengurangi kerutan dini dengan merangsang pertumbuhan kolagen. Ya, dengan adanya kolagen yang sehat pada kulit wajah maka akan terhindari dari kerutan penuaan dini.

Selain kaya akan vitamin C, buah lemon juga kaya akan antioksidan alami. Antioksidan ini bisa memerangi radikal bebas yang merusak kulit wajah dan bisa menghilangkan radikal bebas sepenuhnya dari tubuh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Lemon untuk Wajah

Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Sari buah lemon memiliki sifat astringent dikarenakan tingginya tingkat asamnya. Tingginya kadar pH pada buah lemon ini bisa membantu mengurangi peradangan dan minyak yang dapat memunculkan pembentukan jerawat di wajah.

Kandungan asam sitrat yang merupakan sejenis asam alfa hidroksi (AHA) pada buah lemon dapat membantu memecah sel kulit mati sebagai cikal-bakal terbentuknya jerawat yang tidak meradang seperti komedo. Fungsi AHA ini juga bisa mengelupas kulit secara lembut dan mencegah munculnya jerawat.

Selain itu, apabila kulit wajah kamu memiliki bekas jerawat atau peradangan, kamu bisa memanfaatkan asam sitrat pada buah lemon yang bisa membantu mempercepat penyembuhannya. Jadi, masalah bekas jerawat kamu kini sudah bisa teratasi dengan bantuan dari buah lemon ini.

Menghilangkan Komedo

Kondisi gangguan pada wajah yang kerap dipermasalahkan selanjutnya adalah komedo. Adanya komedo pada wajah memang kerap mengganggu. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan buah lemon ini.

Buah lemon bisa mengangkat dan mengeluarkan kotoran yang dapat menyebabkan komedo di wajah, sehingga kulit wajah akan jauh dari komedo yang mengganggu.

Kamu bisa menghilangkan komedo di wajah dengan buah lemon dengan cara mengoleskan sari atau jus buah lemon ke bagian area yang terdapat komedo. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Lemon untuk Wajah

Menghilangkan Flek Hitam

Begitu juga dengan adanya flek hitam pada wajah. Buah lemon dapat membantu menghilangkannya. Tak hanya menghilangkan flek hitam yang mengganggu, buah lemon juga bermanfaat untuk membantu meratakan warna kulit wajah.

Mengecilkan Pori-pori 

Pori-pori wajah besar sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa mengecilkan pori-pori dengan menggunakan buah lemon. Gunakan sati buah lemon untuk mengatasi masalah wajah ini. Sari jeruk lemon disimpan dalam lemari es, kemudian oleskan pada wajah. Tunggu hingga meresap, lalu bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin. 

5 dari 5 halaman

Cara Aman Menggunakan Buah Lemon untuk Perawatan Wajah

Buah lemon memang sudah enggak diragukan lagi manfaatnya untuk dijadikan sebagai perawatan wajah. Namun, kamu perlu sedikit memperhatikan cara penggunaan buah lemon untuk wajah agar tetap aman. Buah lemon sama halnya dengan bahan atau produk kecantikan lainnya, yang perlu diuji kecocokan pada setiap orang.

Begitu juga saat kamu ingin menggunakan buah lemon di wajah, kamu perlu melakukan uji temple pada area kulit lainnya yang jauh dari wajah seperti bagian dalam siku. Untuk menguji kecocokan bahan ini, kamu bisa menunggunya sekitar sehari atau dua hari. Apabila tidak ada efek samping dari penggunaan bahan alami ini, maka kamu bisa melanjutkan penggunaannya untuk wajah.

Peras jus buah lemon ke atas kepas terlebih dahulu. Kemudian aplikasikan ke area kulit dengan tidak menggosoknya. Diamkan hingga mengering dan lanjutkan dengan perawatan kulit lainnya. Apabila dalam beberapa kali pemakaian menimbulkan masalah seperti iritasi, sebaiknya hentikan pemakaiannya.

Kamu perlu menghindari penggunaan buah lemon ke wajah ketika ingin melakukan aktivitas di luar ruangan. Karena menggunakan buah lemon untuk wajah dan langsung terpapar sinar matahari bisa meningkatkan risiko terbakar sinar matahari dan efek samping lainnya.