Sukses

Sisi Lain Demo Mahasiswa di Semarang, Ganjar Pranowo Ajak Massa Perbaiki Taman

Liputan6.com, Jakarta Mahasiswa di seluruh daerah Indonesia mengadakan aksi demo bersama menolak beberapa rancangan undang-undang atau RUU yang dianggap kontroversial. Aksi inipun mendapat banyak perhatian dari seluruh aspirasi masyarakat. Demo mahasiswa sudah berlangsung di berbagai daerah sejak Senin 23 September 2019. 

Salah satu aksi yang dikenal ialah Gejayan Memanggil di Yogyakarta yang sukses menularkan beragam aksi dan simpati dari berbagai kalangan. Tidak hanya di Yogyakarta, aksi demo mahasiswa yang menolak rancangan undang-undang atau RUU yang kontroversial ini hampir terjadi diseluruh daerah di Indonesia. Salah satunya ialah aksi demo mahasiswa yang dilakukan di Semarang.

Hampir berbeda dengan daerah lainnya, demo mahasiswa yang terjadi di Semarang berlangsung lebih kondusif meski awalnya sempat memanas dan massa menjebol gerbang DPRD. Hal ini tidak terlepas dari turunnya langsung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menemui aksi mahasiswa. Tidak hanya itu, ada beberapa sisi menarik soal demo yang terjadi di Semarang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber sisi lain demo mahasiswa di Semarang, Ganjar Pranowo temui massa, Rabu (25/9/2019).

2 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Siap Menyampaikan Aspirasi Sampai ke Tingkat Pusat.

View this post on Instagram

Demo damai mahasiswa Jateng.. Trima kasih kawan.

A post shared by Ganjar Pranowo (@ganjar_pranowo) on

Aksi demo mahasiswa di Semarang berlangsung berjalan relatif aman. Meskipun sebelumnya massa sempat menjebol gerbang gedung DPRD Jawa Tengah, namun Gubernur Ganjar Pranowo menemui masa dan berbicara dengan ribuan mahasiswa.

Di hadapan ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang dan sekitarnya, Ganjar yang mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam meminta pendemo tetap menjaga situasi kondusif saat menyampaikan aspirasi.

Ganjar Pranowo pun menegaskan akan menampung semua aspirasi serta tuntutan dari para mahasiswa dan akan menyampaikan aspirasi itu sampai ke tingkat pusat.

3 dari 4 halaman

Usai Demo, Ganjar Pranowo Ajak Mahasiswa Perbaiki Taman

Setelah menampung dan menerima aspirasi dari mahasiswa, orang nomor satu di Jateng itu juga mengapresiasi aksi unjuk rasa yang dilakukan ribuan mahasiswa, meski situasi sempat memanas sehingga para pendemo menjebol gerbang DPRD Provinsi Jateng, namun hal itu masih merupakan hal yang wajar.

Menurut Ganjar, sebenarnya para mahasiswa dapat menggelar aksi unjuk rasa dengan tertib dan menyampaikan tuntutan dengan mengedepankan dialog yang baik, serta tidak perlu melakukan aksi yang merugikan, bahkan sampai merusak gerbang dan taman. Oleh karena itu, Ganjar Pranowopun mengajak mahasiswa untuk bersih-bersih dan memperbaiki taman yang rusak.

4 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Nyanyi Bersama Mahasiswa Viral di Media Sosial

Aksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui mahasiswa yang demo tersebut mendapat respon positif dari netizen. Banyak yang menilai bahwa aksi Ganjar Pranowo yang berani menemui mahasiswa tersebut dan siap menyampaikan aspirasi ke pemerintahan pusat layak di apresiasi.

Salah satu cara netizen mengapresiasi Ganjar Pranowo tersebut ialah memparodikan aksinya saat menemui mahasiswa dengan mengedit seakan ia sedang bernyanyi bersama. Parodi saat Ganjar Pranowo menyanyikan lagu Denny Caknan saat demo mahasiswa di Semarang inipun viral di media sosial.