Sukses

6 Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan, Banyak Zat Penting

Liputan6.com, Jakarta Menambah nafsu makan merupakan manfaat jamu beras kencur yang sangat populer. Manfaat jamu Beras Kencur ini didapatkan dari penggunaan kencur sebagai bahan utamanya. Kencur kerap dijadikan campuran membuat jamu.

Rempah tradisional ini masuk dalam kategori rimpang (akar-akaran) tanaman obat yang telah dibudidayakan sejak lama di Indonesia. Jamu atau obat tradisional ini dipercaya aman dan ampuh mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Manfaat jamu beras kencur dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit dan menambah vitalistas tubuh.

Manfaat jamu beras kencur berasal dari zat-zat yang terkandung pada kencur. Bahan pelengkap seperti beras, gula merah, dan asam jawa juga memiliki manfaat sehingga menjadi perpaduan yang komplet untuk mendapatkan manfaat jamu beras kencur ini. 

Berikut manfaat jamu beras kencur dilengkapi dengan cara membuatnya yang mudah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/9/2019). 

2 dari 5 halaman

Mengenal Jamu Beras Kencur

Sebelum membahas manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan, mari terlebih dahulu mengenal seputar jamu beras kencur. Jamu beras kencur merupakan minuman yang sehat bagi tubuh. Minuman ini digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat utama untuk meningkatkan nafsu makan.

Cita rasanya yang manis dan memberikan kesegaran ini membuat anak-anak juga bisa mengonsumsinya. Bahan utama untuk membuat jamu beras kencur adalah beras dan kencur. Kombinasi dari kedua bahan alami ini mengandung vitamin B yang bisa merangsang lambung untuk memberikan rasa lapar.

Bahan lain yang digunakan sebagai campurannya adalah gula merah atau gula kelapa dan asam jawa. Menggunakan bahan utama kencur, maka banyak manfaat pada racikan jamu beras kencur ini.

Manfaat jamu beras kencur berasal dari kandungan minyak atsiri dan senyawa alkaloid. Selain itu, beras yang digunakan juga menambah manfaat jamu beras kencur apabila beras yang digunakan adalah beras cokelat atau beras merah yang memiliki kaya nutrisi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jamu Beras Kencur

Menambah Nafsu Makan

Manfaat jamu beras kencur yang sangat terkenal adalah bisa menambah nafsu makan. Jamu beras kencur ini cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang memiliki masalah dengan nafsu makan.

Konsumsi jamu beras kencur secara rutin mampu meningkatkan nafsu makan anak dan stamina tubuh. Kencur juga berkhasiat untuk mempertebal dinding perut. Manfaat ini cocok buat kamu yang memiliki masalah maag yang menyebabkan penipisan dinding perut.

Mengatasi Flu

Manfaat jamu beras kencur selanjutnya dapat menyembuhkan flu. Manfaat ini dirasakan karena adanya efek hangat yang dihasilkan kencur. Efek hangat dari kencur bisa menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh flu.

Batuk juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jamu beras kencur. Sensasi hangat dari kencur bisa menetralkan batuk dan rasa pegal. Sakit kepala karena flu juga bisa diringankan dengan mengonsumsi jamu beras kencur ini.

Bahan utama kencur digunakan sebagai obat untuk sakit kepala traumatis pada mereka yang menderita migran.

Menyembuhkan Sariawan

Kencur sebagai bahan utama jamu ini mampu menyembuhkan masalah sariawan. Rasa hangat dan sifat anti-bakterinya dapat meringankan sariawan.

Manfaat lainnya bisa didapatkan dari kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan dan masalah tenggorokan lainnya.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Jamu Beras Kencur Lainnya

Mengobati Infeksi

Terdapat penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk meringankan kondisi penyakitnya, kamu bisa mengonsumsi jamu beras kencur. Manfaat jamu beras kencur ini didapatkan dari kandungan zat-zat di dalamnya yang bersifat antibakteri. Zat antibakteri ini bisa melawan infeksi atau berbagai penyakit akibat bakteri.

Menyembuhkan Diare

Kencur mengandung zat-zat sitotoksik dan antibakteri yang mampu meringankan diare. Sebagian besar kasus diare disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Mikroba yang bertanggung jawan untuk infeksi ini termasuk bakteri, virus atau parasit.

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dari kencur dapat membunuh bakteri dan menyembuhkan diare dengan cepat. Jamu beras kencur mampu menghindari tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan cairan saat diare.

Mencegah Kanker

Kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat anti-kanker. Kandungan yang terdapat dalam jamu beras kencur ini dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler. Hambatan pada proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler bisa mencegah terjadinya penyakit kanker.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Itu tadi beberapa manfaat jamu beras kencur untuk menjaga dan mengatasi beberapa masalah kesehatan yang paling umum terjadi. Kondisi kesehatan tersebut yang paling sering menjangkiti orang-orang.

Maka enggak ada salahnya buat kamu bisa membuat jamu beras kencur sendiri di rumah. Jamu beras kencur sangat mudah ditemukan. Penjual jamu keliling bahkan jamu berbentuk serbuk dalam kemasan juga tersedia.

Namun enggak ada salahnya untuk bisa membuatnya sendiri di rumah. Hal ini untuk memastikan kualitas bahan-bahan membuat jamu beras kencur yang digunakan. Berikut cara membuat jamu beras kencur yang mudah dipraktikkan:

Bahan yang perlu disiapkan:

- 3 rimpang kencur (kupas kulitnya, cuci bersih, dan parut halus)

- 1 rimpang jahe (kupas kulitnya, cuci bersih, dan parut halus)

- 100 gram beras putih (rendam dalam air selama 3 jam, sangai, dan haluskan)

- 1 sdm air asam jawa

- 5 cm kunyit (kupas kulitnya, cuci bersih, dan parut halus)

- Gula pasir secukupnya

- Gula jawa secukupnya yang sudah disisir halus

- 3 gelas besar air

Cara membuat jamu beras kencur:

1. Panaskan air lalu masukkan kencur, jahe, kunyit, air asam, gula pasir dan gula jawa.

2. Rebus semua bahan hingga mendidih.

3. Jika sudah mendidih, saring air rebusan. Pisahkan ampas dengan air yang jernih.

4. Selanjutnya, masukkan sedikit beras yang sudah direndam dan dihaluskan ke dalam air rebusan.

5. Jika ingin rasa kencur lebih pekat, kamu bisa menambahkan kencur mentah yang telah dimemarkan ke dalam air rebusan.

6. Aduk rata dan tunggu hingga pati kencur atau beras mengendap di bawah.

7. Sajikan beras kencur selagi masih hangat.