Sukses

6 Tempat Wisata Alam di Jawa Tengah yang Bikin Takjub, Cocok untuk Berpetualang

Wisata alam murah di Jawa Tengah ini wajib kamu kunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata alam di Jawa Tengah bisa kamu jadikan alternatif liburan di akhir pekan. Buat kamu yang tinggal di Jawa Tengah atau berencana mengunjungi salah satu kota dari provinsi ini, wajib untuk menikmati keindahan alam di Jawa Tengah.

Menikmati keindahan suatu daerah menjadi pilihan yang tepat jika ingin liburan murah dan menyenangkan. Tak sedikit tempat wisata alam di Jawa Tengah menghadirkan pemandangan alam memesona dengan harga relatif murah.

Cenderung di kelola oleh masyarakat sekitar, membuat wisata alam di Jawa Tengah masih sangat asri karena masih terjaga kualitasnya. Tempat wisata alam di Jawa Tengah cenderung menawarkan keindahan alam bebas yang berisikan hamparan hijau pohon-pohon, sungai, danau, pantai, pegunungan, dan lain sebagainya.

Berikut kumpulan destinasi tempat wisata alam di Jawa Tengah yang telah Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Jumat (27/9/2019). Tempat wisata alam ini wajib untuk dikunjungi bagi kamu yang suka petualangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Ketep Pass Magelang

Ketep Pass merupakan tempat wisata alam di Jawa Tengah. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, karena menjadikan gunung Merapi sebagai latar belakang utamanya.

Di sini kamu bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bisoskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass.

Di Pelataran Panca Arga kamu bisa menyaksikan lima gunung (Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Merapi) menggunakan teropong. Ada lagi teropong lainnya, yang difungsikan untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Pemandangan alamnya yang memukau, menjadikan Ketep Pass sebagai destinasi yang sangat diminati. Habiskan waktu libur akhir pekanmu ke Ketep Pass yang terletak di Jalan Blabak – Boyolali, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. 

3 dari 7 halaman

Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Tempat wisata alam di Jawa Tengah yang cukup populer selanjutnya adalah Dataran Tinggi Dieng. Tempat wisata ini menawarkan pesona alam yang sukses bikin berdecak kagum. Dieng Plateu merupakan sebuah daerah sejuk yang berada di ketinggian 2.000 mdpl.

Ada beberapa destinasi wisata di Dieng yang terkenal seperti Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan Sumur Jalatunda. Masing-masing tempat wisata tersebut memiliki legenda yang sangat menarik.

Dataran Tinggi Dieng terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 30 kilometr dari pusat kota Wonosobo, berada di antara perbatasan kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo.

 

4 dari 7 halaman

Kawasan Wisata Baturaden Banyumas

Dari area Baturaden kamu bisa melihat kota Purwokerto dan juga pantai-pantai yang berada di Cilacap. Pancuran Pitu merupakan salah satu tempat favorit para pengunjung, karena ada pemandian air panas.

Tidak jauh dari situ, tepatnya di lereng gunung Slamet, tepatnya arah selatan, ada tempat wisata yang namanya Wana Wisata Baturaden. Tempat wisata alam di Jawa Tengah ini cocok buat kamu yang suka berkemah. Jarak tempat wisata ini dari Baturaden sekitar 2 kilometer saja.

Kawasan Wisata Baturaden di Banyumas ini menawarkan hutan alam berwarna hijau dengan hawa udara yang sejuk.

5 dari 7 halaman

Pantai Pulau Panjang

Pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Pulau Panjang. Pulau Panjang ini memiliki pasir pantai putih dan laut dangkal dengan dasar terumbu karang. Untuk mencapai pantai ini kamu perlu naik kapal dari Pantai Kartini.

Di bagian tengah pulau adalah struktur hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi menjulang diselengi perdu dan semak yang dijadikan tempat bagi burung laut bermalam dan berkembang biak.

Buat kamu yang tertarik mengunjungi Pantai Pulau Panjang ini, bersiap untuk menikmati keindahan hutan bakau, pasir putih, dan trekking keliling pulau.

6 dari 7 halaman

Gua Petruk Kebumen

Gua Petruk merupakan tempat wisata alam di Jawa Tengah yang tak kalah terkenalnya. Gua ini digadang-gadang sebagai salah satu gua terindah di Indonesia. Gua yang terdapat di atas bukit kapur setinggi 75 meter ini berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Gua Petruk memiliki panjang kurang lebih 2.000 meter, tetapi hanya bisa dijelajahi sampai batas maksimal 350 meter saja. Di tempat wisata ini kamu akan disuguhkan dengan ornamen asli pahatan alam berupa stalaktit dan stalagmite yang tersebar di sepanjang badan gua.

Stalaktit tersebut akan menjatuhkan tetesan kapur. Di gua ini juga terdapat sebuah sendang atau kolam pemandian dan air terjun.

7 dari 7 halaman

Sungai Progo Atas

Pencinta olahraga arung jeram bisa mencoba tempat wisata alam di Jawa Tengah ini. Tempat wisata ini memiliki aliran sungai mencapai 12 kilometer. Sungai Progo Atas merupakan lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah.

Terdapat beberapa rute arung jeram di Sungai Progo, yaitu arung jeram Sungai Progo Atas, arung jeram Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Ketiga lokasi arung jeram ini ketinggiannya menawarkan sensasi yang berbeda-beda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini