Sukses

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil 8 Bulan dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa penyebab kaki bengkak saat hamil 8 bulan.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kaki bengkak saat hamil 8 bulan mungkin bisa membuat ibu khawatir. Sebagian besar wanita mengalami pergelangan kaki dan kaki bengkak saat hamil. Saat masa kehamilan tubuh berubah dengan cepat. Perubahan ini bisa menimbulkan rasa sedikit tidak nyaman.

Salah satu ketidaknyamanan yang dialami adalah pembengkakan kaki. Penyebab kaki bengkak saat hamil 8 bulan tergolong normal dan dialami banyak ibu dalam masa kehamilan. Penyebab kaki bengkak saat hamil 8 bulan bukanlah sesuatu yang perlu dicemaskan.

Penyebab kaki bengkak saat hamil 8 bulan disebabkan darah dan cairan yang diproduksi. Penyebab kaki bengkak saat hamil 8 bulan adalah bagian normal dari kehamilan yang disebabkan oleh tambahan darah dan cairan ini. Pembengkakan normal, yang juga disebut edema, dialami di tangan, wajah, kaki, pergelangan kaki, dan kaki.

Penyebab kaki bengkak saat hamil 8 bulan dapat hilang seiring berjalannya waktu. Jika pembengkakan ini menimbulkan ketidaknyamanan, ada cara meringankan penyebab kaki bengkak saat hamil 8 bulan. Berikut ulasan mengenai penyebab kaki bengkak saat hamil 8 bulan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (29/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Penyebab umum pembengkakan kaki saat hamil

Berbagai faktor berkontribusi terhadap pembengkakan kaki dan pergelangan kaki selama kehamilan. Selama kehamilan, tubuh memproduksi sekitar 50% lebih banyak darah dan cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang berkembang. Retensi cairan ekstra ini diperlukan untuk melembutkan tubuh, yang memungkinkannya berkembang saat bayi berkembang.

Cairan ekstra juga membantu mempersiapkan persendian dan jaringan panggul agar terbuka untuk persalinan. Cairan inilah yang menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh termasuk kaki. Pembengkakan dapat terjadi dari trimester pertama hingga trimester ketiga.

3 dari 8 halaman

Penyebab saat hamil trimester pertama

Tingkat hormon progesteron yang meningkat pesat, ini memperlambat pencernaan Anda. Hal ini dapat menyebabkan perut kembung jauh sebelum Anda mendapatkan baby bump. Anda mungkin melihat sedikit bengkak di tangan, kaki, atau wajah Anda, tetapi tidak banyak.

Jika Anda melihat banyak pembengkakan sejak dini, terutama jika disertai dengan gejala lain seperti pusing, sakit kepala, atau pendarahan, yang terbaik adalah menghubungi dokter kandungan.

4 dari 8 halaman

Penyebab saat hamil trimester kedua

Trimester kedua dimulai dengan minggu ke-13 kehamilan (kira-kira awal bulan keempat). Sudah lazim untuk mulai memperhatikan kaki bengkak di sekitar bulan kelima kehamilan, terutama jika sering berjalan kaki atau berada pada cuaca panas.

Pembengkakan ini disebabkan oleh meningkatnya volume darah dan cairan dalam tubuh. Volume darah meningkat sekitar 50 persen selama masa kehamilan. Ini juga didukung oleh banyak retensi cairan hormon.

Semua cairan tambahan ini membantu melembutkan tubuh dan mempersiapkannya untuk melahirkan. Cairan ekstra ini akan berkurang dengan cepat pada hari-hari dan minggu-minggu setelah bayi lahir.

5 dari 8 halaman

Penyebab saat hamil trimester ketiga

Dimulai dengan minggu ke 28 kehamilan, trimester ketiga adalah waktu yang paling umum untuk mengalami kaki bengkak. Ini terutama akan muncul saat semakin mendekati 40 minggu. Tubuh terus membangun suplai darah dan cairannya yang dapat menyebabkan pembengkakan kaki.

Rahim juga bertambah berat saat bayi tumbuh. Ini dapat memperlambat aliran darah dari kaki ke jantung. Jangan khawatir, ini tidak berbahaya dan hanya menimbulkan ketidaknyamanan. aktor-faktor lain yang dapat menyebabkan kaki membengkak adalah cuaca panas,ketidakseimbangan pola makan, asupan kafein, tidak minum cukup air, dan berdiri terlalu lama.

6 dari 8 halaman

Cara mengatasi ketidaknyamanan bengkak di kaki

Kurangi asupan natrium

Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan selama kehamilan adalah dengan membatasi asupan natrium atau garam. Garam membuat tubuh menahan air ekstra. Cobalah untuk menghindari makanan kaleng atau olahan, karena ini mengandung banyak sodium. Cobalah juga untuk tidak menambahkan garam meja pada makanan.

Tingkatkan asupan kalium

Tidak mendapatkan cukup kalium juga bisa membuat pembengkakan bertambah buruk. Ini karena kalium membantu tubuh menyeimbangkan jumlah cairan yang dipegangnya. Vitamin prenatal harus memiliki beberapa kalium ekstra untuk ibu, tetapi juga penting untuk makan sumber kalium makanan yang baik seperti pisang, kentang, bayam, dan kacang-kacangan.

7 dari 8 halaman

Cara mengatasi ketidaknyamanan bengkak di kaki

Kurangi asupan kafein

Minum terlalu banyak kafein dianggap tidak baik untuk bayi. Ini juga bisa memperburuk pembengkakan. Kafein bersifat diuretik yang menyebabkan Anda buang air kecil. Ini kemudian membuat tubuh berpikir perlu menahan cairan.

Minum lebih banyak air

Jika tubuh berpikir mengalami dehidrasi, itu akan menahan lebih banyak cairan untuk mengimbanginya. Maka dari itu penting untuk menjaga hidrasi tubuh. Cobalah untuk minum setidaknya 10 gelas air setiap hari untuk membuat ginjal membuang hal-hal buruk dalam tubuh. Anda juga bisa membumbui air dengan lemon, mint, atau beri agar lebih menyenangkan.

8 dari 8 halaman

Cara mengatasi ketidaknyamanan bengkak di kaki

Istirahatkan kaki

Saat duduk sepanjang waktu tidak bagus untuk sirkulasi darah, berdiri sepanjang waktu juga tidak disarankan. Duduk dengan kaki ditinggikan sebentar terutama pada akhir hari dapat membantu mengeringkan cairan yang terkumpul di kaki sepanjang hari.

Pakailah pakaian longgar dan nyaman

Mengenakan pakaian ketat, terutama di pergelangan tangan, pinggang, dan pergelangan kaki, bisa membuat pembengkakan bertambah parah. Pada dasarnya, ini membuat darah tidak mudah bersirkulasi. Cobalah untuk mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini