Sukses

6 Gejala Kanker Darah pada Anak yang Jarang Disadari, Kenali Sejak Dini

Jangan anggap sepele gejala kanker darah pada anak yang sering dialami, waspadai.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis kanker, di antaranya ada yang kerap menyerang anak. Salah satu jenis kanker pada anak yang perlu diwaspadai adalah kanker darah. Oleh karena itu, orang tua perlu mengetahui gejala kanker darah pada anak sedini mungkin.

Pasalnya kanker darah membutuhkan penanganan yang tepat dan cepat. Apabila tidak segera ditangani akan membahayakan nyawa anak. Orang tua sebaiknya mengetahui beberapa gejala kanker darah pada anak yang perlu diwaspadai.

Berikut gejala kanker darah pada anak yang telah Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Senin (20/9/2019). Gejala kanker darah pada anak ini perlu Anda kenali dan waspadai sejak dini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Kanker Darah pada Anak

Di antara banyaknya jenis kanker, ada kanker yang kerap menyerang anak-anak. Kanker pada anak merupakan kanker yang menyerang anak berusia di bawah 18 tahun, termasuk bayi dalam kandungan.

Kanker merupakan kondisi suatu sel tubuh telah kehilangan kendali terhadap mekanisme normalnya. Hal ini membuat sel-sel tersebut mengalami pertumbuhan abnormal, cepat, dan tidak terkendali.

Kanker darah atau leukemia merupakan kondisi keganasan jumlah sel darah putih yang bertambah semakin banyak, dibandingkan dengan jumlah sel darah merah. Sel darah putih yang meningkat jumlahnya tidak mampu melindungi tubuh anak dari infeksi, bahkan berbalik menyerang sel-sel di dalam tubuh sendiri.

Kanker darah pada anak terjadi akibat adanya mutasi atau perubahan sifat genetik pada sel darah, sehingga sel-sel ini tumbuh secara tidak terkendali. Namun, hingga saat ini hal yang memicu mutasi sel penyebab kanker darah masih belum diketahui secara pasti.

Walaupun begitu, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker darah pada anak. Salah satunya adalah kelainan genetik. Faktor lainnya yang memungkinkan anak mengalami kanker darah adalah paparan radiasi dan ibu hamil yang sering mengonsumsi alkohol.

3 dari 5 halaman

Gejala Kanker Darah pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Kanker darah membutuhkan penangan yang tepat dan cepat. Apabila tidak segera ditangani, maka penyakit ini bisa membahayakan nyawa anak.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui beberapa gejala kanker darah pada anak. Anda harus lebih peka terhadap kondisi anak untuk mengetahui segera gejala kanker darah pada anak.

Nafsu Makan Menurun dan Nyeri Perut

Gejala kanker darah pada anak yang mudah dideteksi adalah turunnya nafsu makan. Hal ini dikarenakan sel abnormal menumpuk di hati, ginjal, dan limpa.

Kondisi ini membuat organ-organ tersebut akan membengkak dan menekan organ lainnya. Kondisi inilah yang menyebabkan nyeri perut pada anak dan membuatnya merasa tidak nyaman.

Maka enggak heran, terkadang kondisi ini membuat nafu makan anak menjadi menurun. Apabila anak Anda mengalami kondisi demikian, maka bia segera membawanya ke dokter.

Wajah Terlihat Pucat

Gejala kanker darah pada anak selanjutnya wajah terlihat pucat. Hal ini dikarenakan menurunnya sel darah merah pada anak.

Rendahnya sel darah merah ini akan menyebabkan penurunan kadar hemoglobin dalam darah, sehingga membuat anak bisa mengalami anemia dan menimbulkan gejala kanker darah pada anak seperti pucat, lemas, mudah lelah, dan sesak napas.

4 dari 5 halaman

Gejala Kanker Darah pada Anak yang Mudah Dikenali

Nyeri Tulang dan Sendi

Gejala kanker darah pada anak yang nampak seperti nyeri pada tulang dan sendi. Gejala ini sering dirasakan oleh anak yang mengalami kanker darah.

Hal ini bisa terjadi karena adanya sel-sel darah putih yang menumpuk secara abnormal di bagian tersebut.

Kesulitan Bernapas

Kanker darah pada anak juga bisa memengaruhi kelenjar timus. Kondisi ini terjadi dikarenakan letaknya di leher, maka pembengkakan pada kelenjar ini dapat menekan trakea dan membuat anak menjadi sulit bernapas.

Kesulitan bernapas ini juga dapat terjadi akibat adanya penumpukan sel-sel abnormal di pembuluh darah paru-paru.

5 dari 5 halaman

Jangan Anggap Sepele Gejala Kanker Darah pada Anak

Kelenjar Membengkak

Sel darah putih pada anak yang menderita kanker darah sering mengumpul di kelenjar getah bening. Kondisi ini bisa menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tersebut. Gejala yang kerap terjadi seperti adanya benjolan di leher, dada, ketiak, atau pangkal paha.

Rentan Terkena Infeksi

Penderita kanker darah membuat sel darah putih bekerja untuk melindungi tubuh dari infeksi yang jumlahnya meningkat. Namun, sel-sel ini tidak berfungsi secara normal. Hal inilah yang menyebabkan anak menjadi lebih rentan terkena infeksi.

Gejala kanker darah pada anak yang mengalami ini ditandai dengan demam yang berkepanjangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.