Sukses

Jenis-Jenis Ikan Arwana dan Harganya yang Paling Populer untuk Dipelihara

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis ikan arwana dan harganya perlu diketahui oleh para pencinta ikan. Buat kamu yang ingin memperindah ruang tamu rumah dengan hiasan yang menenangkan, kamu bisa memelihara berbagai jenis ikan arwana.

Jenis ikan akuarium ini terkenal dengan tubuhnya yang besar dan panjang, serta warna-warnanya yang indah. Ikan Arwana biasa dipelihara di akuarium yang cukup besar. Dengan gerakannya yang tenang, kamu akan merasa tenang saat memelihara ikan arwana.

Jenis-jenis ikan arwana dan harganya perlu diperhatikan karena harganya yang cukup mahal. Tidak sama dengan ikan hias lainnya yang relatif lebih murah, tidak ada ikan arwana yang harganya di bawah 1 juta. Jadi kamu juga harus memperhatikan isi kantongmu terlebih dahulu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagi sumber, Senin (30/9/2019) jenis-jenis ikan arwana dan harganya.

2 dari 6 halaman

Jenis-jenis Ikan Arwana

Ikan Arwana Brasil (Silver Arowana)

Jenis-jenis ikan arwana dan harganya yang paling pertama dibahas adalah Ikan Arwana Brasil. Ikan arwana ini mungkin yang paling sering kamu temui, karena harganya yang cukup terjangkau.

Ikan Arwana Brasil memiliki bentuk tubuh dan sirip panjang dengan warna silver di seluruh tubuhnya. Ukuran ikan dewasa bisa mencapai 1 meter. Jenis ikan arwana ini biasanya ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 2 juta.

Ikan Arwana Red Tail Golden

Arwana jenis Red Tail Golden ini memiliki sifat agresif sehingga jenis ikan ini cukup sulit untuk ditangkap.

Memiliki ciri khas tubuh berwarna warna biru, hijau, dan keemasan, arwana ini juga memiliki postur fisik yang mencapai 90 cm. Jenis ikan ini biasanya dihargai sekitar Rp 4,5 juta.

3 dari 6 halaman

Jenis-jenis Ikan Arwana yang Harganya Rp 4 Jutaan

Ikan Arwana Hijau (Green Arowana)

Ikan Arwana hijau ini dikenal juga dengan nama Golden Pino. Ikan ini memiliki ciri warna perpaduan antara kuning, emas, dan hijau yang samar serta kepalanya sedikit lebih besar dibandingkan ikan Arwana Asia lainnya. Panjangnya mencapai 90 cm dan harganya sekitar Rp 4 juta.

Ikan Arwana Papua (Jardini Arowana)

Jenis-jenis ikan arwana dan harganya selanjutnya adalah Ikan Arwana Papua atau sering juga disebut dengan Jardini Arowana atau Arwana Australia. Hal ini dikarenakan memang jenis ikan arwana ini sering ditemukan di Papua dan Australia.

Ikan Arwana Papua ini memiliki tubuh yang berwarna agak kuning keemasan walaupun tidak terlalu mencolok. Tidak jauh berbeda dengan ikan arwana lainnya, Ikan Arwana Papua juga memiliki ukuran yang bisa mencapai 90 cm. Biasanya ikan arwana jenis ini dijual dengan harga sekitar Rp 4 juta.  

4 dari 6 halaman

Jenis-jenis Ikan Arwana

Ikan Arwana Banjar (Banjar Red Arowana)

Jenis ikan arwana ini memiliki panjang mencapai 90 cm. Dengan warna sirip oranye dan ekor kekuningan, harga ikan arwana ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 2 juta.

Keunikan dari ikan ini yaitu, lebih aktif dari ikan arwana lainnya. Jadi diperlukan akuarium yang lebih besar dari biasanya, walaupun panjangnya juga mencapai 90 cm, sama dengan berbagai ikan arwana lainnya.

Ikan Arwana Black Golden (Golden Based Black)

Selanjutnya, jenis-jenis ikan arwana dan harganya yang cukup mahal, yaitu Ikan Arwana Black Golden. Jenis ikan arwana ini cukup sering ditemukan di Penang, Malaysia.

Namun karena untuk menemukan jenis ikan yang memiliki ciri-ciri warna emas dengan sisi pada sisik berwarna kehitaman ini cuku sulit, harganya pun sangat mahal, yaitu mencapai Rp 18 Jutaan.

5 dari 6 halaman

Jenis-jenis Ikan Arwana Lainnya

Ikan Arwana Super Red

Jenis-jenis ikan arwana dan harganya yang tidak kalah mahal adalah Ikan Arwana Super Red. Harga ikan arwana jenis ini sebenarnya cukup variatif, yaitu sekitar Rp 2 juta hingga Rp 48 Juta. Sesuai dengan namanya, Ikan Arwana Super Red ini memiliki warna merah dominan.

Arwana Super Red ini banyak menjadi favorit karena warnanya yang cantik, Sebenarnya jenis ikan Arwana ini dapat ditemukan hidup liar di Sungai Kapuas, dan dekat danau di bagian Kalimantan Barat Indonesia.

Ikan Arwana Cross Back Golden

Jenis ikan Arwana Cross Back Golden ini memiliki beberapa tipe warna, dengan warna emas yang mencolok di bagian punggun ini, juga dikenal dengan berbagai nama lainnya seperti Pahang Golden, Malayan Bonytongue, Taiping Golden, hingga Malaysian Gold.

Harganya juga tidak main-main, setidaknya Rp 18 juta harus kamu rogoh dari kantongmu untuk mendapatkan ikan ini. Hal ini ditengarai karena ikan ini cukup sulit ditemukan.

6 dari 6 halaman

Jenis-jenis Ikan Arwana dengan harga fantastis

Ikan Arwana Batik (Myanmar Arowana)

Sesuai dengan namanya, jenis-jenis ikan arwana dan harganya berikutnya ini memiliki corak tubuh yang bagaikan batik, yaitu Ikan Arwana Batik, atau sering juga disebut Arwana Myanmar.

Dengan tubuh berwarna perunggu yang dipenuhi sisik bercorak pola batik, ikan arwana ini begitu untik dan cantik. Karena keunikannya tersebut, ikan arwana jenis ini dibanderol dengan harga yang sangat tinggi, yaitu sekitar Rp 56 juta.  

Ikan Arwana Platinum

Jika kamu menanyakan ikan arwana yang tercantik, maka Ikan Arwana Platinum ini adalah jawabannya. Sesuai dengan namanya, ikan arwana ini memiliki warna yang sangat memukau dan mengkilat, yaitu warna platinum.

Selain itu, ikan ini juga memiliki tekstur tubuh yang sangat halus. Kamu mungkin akan tercengang dengan harganya, yaitu mencapai Rp 5,7 miliar. Namun, setelah meilhat tampilannya yang begitu indah dan unik, kamu akan mengerti mengapa ikan ini dihargai begitu tinggi.