Sukses

5 Bahaya Tersembunyi Konsumsi Kayu Manis Berlebihan, Belum Banyak Diketahui

Kayu manis menjadi sehat apabila dikonsumsi dengan batasan dan menimbulkan bahaya kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Liputan6.com, Jakarta Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah yang banyak digunakan sebagai campuran makanan. Hal ini dilakukan guna mendapatkan cita rasa alami yang khas dan memberi aroma pada makanan atau minuman menjadi sangat nikmat.

Selain itu, kayu manis juga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Maka enggak heran, banyak orang memanfaatkan kayu manis sebagai obat. Misalnya untuk mengontrol gula darah, meningkatkan sakit kepala, dan lain sebagainya.

Namun, kamu perlu berhati-hati jika mengonsumsinya terlalu berlebihan. Berikut ada bahaya tersembunyi konsumsi kayu manis secara berlebihan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Risiko Kanker

Penelitian yang telah dilakukan pada hewan pengerat, telah menemukan bahwa mengonsumsi terlalu banyak coumarin dapat menyebabkan sel kanker berkembang di paru-paru, hati, dan ginjal.

Senyawa kumarin pada kayu manis yang dapat menyebabkan tumor sebenarnya masih belum jelas. Namun, beberapa penelitian percaya bahwa kumarin dapat menyebabkan kerusakan DNA dan meningkatkan risiko kanker.

Walaupun belum efeknya pada manusia belum pasti, namun kamu tetap perlu mewaspada mengonsumsi kayu manis secara berlebihan.

3 dari 6 halaman

Dapat Menyebabkan Luka Mulut

Tak banyak orang yang pernah mengalami kondisi sariawan setelah mengonsumsi produk makanan atau minuman yang mengandung kayu manis. Hal ini disebabkan kayu manis mengandung cinnamaldehyde, senyawa yang dapat memicu reaksi alergi bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Selain luka pada mulut, gejala lain alergi senyawa ini meliputi pembengkakan lidah atau gusi, sensasi terbakar atau gatal, bercak putih di mulut. Gejala tersebut tak terlalu serius atau berbahaya, namun bisa membuat penderitanya menjadi tidak nyaman.

Kondisi alergi ini sebenarnya hanya terjadi pada seseorang yang mengalami alergi terhadap senyawanya saja. Selain itu, berlebihan dalam mengonsumsi kayu manis baik dalam bentuk perasa juga dapat menimbulkan luka mulut.

4 dari 6 halaman

Menyebabkan Kerusakan Hati

Kayu manis memiliki senyawa kumarin yang sangat tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa makan terlalu banyak kumarin dapat menyebabkan keracunan dan kerusakan hati.

Hal ini dicontohkan pada seorang wanita berusia 73 tahun yang mengalami infeksi hati mendadak yang berujung pada kerusakan hati setelah mengonsumsi suplemen kayu manis hanya dalam satu minggu.

5 dari 6 halaman

Menyebabkan Gula Darah Terlalu Rendah

Mengonsumsi sedikit kayu manis dapat membantu menurunkan gula darah. Namun, mengonsumsi kayu manis terlalu banyak bisa menyebabkan kadar gula darah yang terlalu rendah atau hipoglikemi.

Kondisi ini dapat menyebabkan keluhan badan lemas, sangat kelelahan, pusing hingga kehilangan kesadaran. Orang yang berisiko mengalami gula darah sangat rendah adalah yang mengonsumsi obat-obatan untuk diabetes.

Hal ini dikarenakan kayu manis dapat meningkatkan efek obat-obatan tersebut dan menyebabkan gula darah turun menjadi sangat rendah.

6 dari 6 halaman

Menyebabkan Masalah Pernapasan

Mengonsumsi terlalu banyak bubuk kayu manis dapat menyebabkan masalah pernapasan. Hal ini dikarenakan rempah tersebut memiliki tekstur halus yang dapat membuatnya mudah terhirup.

Apabila tidak sengaja masuk ke dalam paru-paru, kayu manis yang berbentuk bubuk ini dapat menyebabkan batuk, tersedak, dan membuat kamu sulit bernapas. Selain bubuknya yang halus, kandungan cinnamaldehyde dalam kayu manis juga dapat menimbulkan iritasi tenggorokan dan menyebabkan masalah pernapasan lebih parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.