Sukses

6 Manfaat Daun Zaitun untuk Kesehatan, Nutrisinya Tak Kalah dari Buahnya

Liputan6.com, Jakarta Buah zaitun tentunya sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Apalagi dengan khasiatnya yang dijadikan minyak paling baik untuk memasak. Buah dengan warna hijau kekuningan ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Tidak hanya buahnya saja, ternyata daun zaitun juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Dengan ekstrak daun buah zaitun, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dan menghindari risiko berbagai penyakit yang berat.

Manfaat daun zaitun untuk kesehatan sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian. Sampai sekarang pun masih banyak penelitian yang mengulik tentang manfaat daun zaitun untuk kesehatan. Kamu bisa menjadikan daun zaitun sebagai alternatif pengobatan, tentunya setelah disetujui oleh dokter.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/10/2019) ragam manfaat daun zaitun untuk kesehatan.

2 dari 7 halaman

Mencegah Kanker

Manfaat daun zaitun yang pertama adalah memiliki potensi dalam mencegah kanker. Ekstrak daun zaitun ini dapat mencegah pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal.

Sifat antioksidan dari daun zaitun dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker, berdasarkan pada sebuah studi pada jurnal Molecular Nutrition & Food Research. Dengan penemuan ini, para ilmuwan terus melakukan penelitian dan pembuktian efek daun zaitun ini pada pencegahan kanker.

3 dari 7 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

Selanjutnya, manfaat daun zaitun adalah dapat berpotensi juga dalam menurunkan tekanan darah. Pada sebuah penelitian yang dimuat dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa ekstrak zaitun memiliki efek penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Dengan potensi menurunkan tekanan darah ini, ekstrak daun zaitun juga bisa membentu menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

4 dari 7 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat daun zaitun untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Studi pada jurnal Phytotherapy Research, menunjukkan bahwa ekstrak daun zaitun memiliki manfaat pada penyakit jantung.

Salah satu faktor risiko penyakit jantung adalah kadar kolesterol jahat yang tinggi. Semakin tinggi kadar kolesterol ini, semakin besar pula kemungkinan penumpukan dan penyempitan pembuluh darah jantung, yang pada akhirnya dapat menyebabkan aterosklerosis. Dengan ekstrak daun zaitun yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, maka kamu bisa menghindari risiko penyakit jantung.

5 dari 7 halaman

Perawatan Diabetes Tipe 2

Selain itu, daun zaitun juga dapat bermanfaat dalam perawatan diabetes tipe 2. Hal ini ditemukan oleh peneliti yang menguji manfaat daun zaitun pada hewan. Hasil yang didapatkan adalah, daun zaitun dapat mengurangi risiko hiperglikemia (kadar gula darah tinggi), mengurangi hiperinsulinemia (terlalu banyak insulin dalam darah), mengurangi stres oksidatif (ketidakseimbangan radikal bebas yang membahayakan tubuh), serta mengurangi kadar kolesterol jahat.

6 dari 7 halaman

Meningkatkan Kesehatan Otak

Sebuah penelitian pada International Journal of Molecular Science menemukan bahwa sifat antioksidan, yakni oleuropein dari ekstrak daun zaitun bisa mencegah kerusakan sel-sel di otak.

Jadi, untuk meningkatkan kesehatan otak, kamu juga dapat mengambil manfaat ekstrak daun zaitun ini.

7 dari 7 halaman

Obat Herpes

Herpes merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes, yang menyebabkan munculnya luka di sekitar mulut atau kemaluan.

Sebuah studi pada African Journal of Microbiology Research menemukan bahwa ekstrak daun zaitun memiliki sifat antivirus dan antimikroba sehingga berpotensi mengurangi kemampuan virus untuk menyerang sel sehat lain. Kamu perlu meneteskan ekstrak daun zaitun ke area kulit yang terluka sebanyak 1 atau 2 tetes untuk mengobatinya.

Walaupun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun zaitun ini. Selalu berkonsultasi dengan dokter bila kamu ingin menggunakan daun zaitun untuk pengobatan.