Sukses

6 Keindahan Komplek Gudang Terbesar di Dunia yang Jadi Warisan UNESCO

Liputan6.com, Jakarta Saat mendengar kata gudang pasti yang terlintas dibenak adalah tempat gelap, usang dan tidak menarik. Gudang sendiri pada umumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan stok barang-barang yang akan didistribusikan atau untuk menyimpan barang-barang tak terpakai. Tapi siapa sangka kalau ternyata di dunia ini ada gudang yang menawarkan pemandangan yang luar biasa.

Jika kamu berjalan-jalan di kota Hanburg, Jerman kamu bisa melihat komplek gudang terbesar di dunia yang mirip dengan perkotaan. Komplek gudang terbesar di dunia ini bernama Speicherstadt. Speicherstadt dibangun pada tahun 1883, komplek Speicherstadt di Hamburg dulu memegang peranan penting di dunia perdagangan.

Komplek Speicherstadt merupakan komplek gudang komoditi perdagangan terbesar di dunia. Bahkan komplek gudang ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, seperti Liputan6.com lansir dari Time Travel Turtle, Selasa (1/10/2019). Bangunan gudang ini terbuat dari bata merah fasad dengan ornamen berwarna terracotta yang menambah kesan elegan di wilayah ini.

Speicherstadt menempati lahan seluas lebih dari 26 hektar dan destinasi bersejarah ini memiliki 17 kompleks bangunan, masing-masing dibangun tujuh sampai delapan tingkat, dengan luas gudang lebih dari 300.000 meter persegi. Penasaran dengan keindahan Komplek gudang  Speicherstadt?

Berikut 6 potret keindahan Komplek gudang Speicherstadt yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/10/2019).

2 dari 7 halaman

1. Sudah lebih dari seratus tahun, gudang di Speicherstadt dikenal sebagai penyedia barang bernilai tinggi seperti kopi, teh, kakao, rempah-rempah, dan tembakau.

3 dari 7 halaman

2. Komite UNESCO memilih situs ini karena dianggap memiliki sumbangsih besar terhadap pertumbuhan internasional di akhir abad ke-19 dan awal abad 20.

4 dari 7 halaman

3. Gudang ini dibangun di sekitar pelabuhan Hamburg, dimana dulunya bertujuan agar pedagang dan kapal bisa menjual barang tanpa melalui bea cukai.

5 dari 7 halaman

4. Kompleks ini dibangun tahun 1883 dan diperbarui tahun 1927. Pembangunan kompleks ini masih bisa diakses oleh wisatawan melalui darat dan laut.

6 dari 7 halaman

5. Biasanya cara terbaik untuk menikmati keindahan warisan dunia ini adalah menggunakan kapal kecil untuk mengarungi kanal di sekitar Speicherstadt.

7 dari 7 halaman

6. Kamu bisa menikmati keindahan arsitektur Speicherstadt dengan kapal-kapal kecil selama 15 menit. Jika belum puas kamu bisa berkeliling dengan berjalan kaki atau menggunakan bus.