Sukses

5 Wisata Kalimantan Timur yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Begitu Memesona

Wisata Kalimantan Timur didominasi oleh alam yang begitu indah.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kalimantan Timur sedang banyak diperbincangkan sekarang ini. Bagaimana tidak, setelah pemilihan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara sebagai Ibukota baru Pemerintahan Indonesia, tentunya pencarian tentang tempat liburan di Kalimantan Timur semakin banyak dicari.

Samarinda sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Timur ini bisa kamu akses dengan berbagai moda transportasi. Berbagai destinasi wisata bisa kamu temui di Wisata Kalimantan Timur ini mulai dari wisata alam hingga wisata Budaya.

Wisata Kalimantan Timur didominasi oleh alam yang begitu indah. Apalagi dengan berbagai wisata pula yang menawarkan berbagai keindahan alam. Banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang telah menikmati kunjungannya ke berbagai tempat wisata Kalimantan Timur.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/10/2019) tentang wisata Kalimantan Timur. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Danau Labuan Cermin

Wisata Kalimantan Timur yang pertama adalah Danau Labuan Cermin. Danau Labuan Cermin ini merupakan wisata Kalimantan Timur yang lokasi tepatnya terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Danau ini sendiri diberi nama Labuan Cermin karena memiliki air yang begitu jernih. Saking jernihnya, air danau tersebut terlihat seperti cermin, karena bayangan objek di atas danau bisa terlihat jelas dari permukaan air danau. Hal ini jugalah yang membuat Danau Labuan Cermin menjadi salah satu wisata Kalimantan Timur terfavorit.

Buat orang-orang yang menyukai fotografi, Danau Labuan Cermin tentunya merupakan lokasi paling menarik, karena banyak sekali spot foto yang dapat dicoba. Apalagi kamu juga menggunakan perahu di danau ini.

3 dari 6 halaman

Kepulauan Derawan

Wisata Kalimantan Timur selanjutnya adalah Kepulauan Derawan. Pulau satu ini sudah terkenal kemana-mana, bahkan wisatawan mancanegara pun sering sekali tampak berkungjung ke tempat ini.

Pulau Derawan terkenal dengan terumbu karang yang indah, jumlah ikan-ikan karang yang tak terhitung, padang lamun yang subur, serta hutan mangrove yang masih terjaga. Bagi para pecitna dunia bawah laut, Pulau Derawan bagaikan surga.

Dengan berbagai jenis karang dan jenis ikan, bahkan merupakan salah satu spot pari manta yang jumlahnya sedikit di dunia, Pulau Derawan harus kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Kamu tidak hanya akan terkagum-kagum dengan berbagai keindahan di Pulau Derawan, namun juga tidak ingin meninggalkannya. Dijamin semua penat dan lelahmu sehari-hari dapat terobati bila berkunjung ke salah satu wisata Kalimantan Timur ini.

4 dari 6 halaman

Danau Kakaban

Merupakan salah satu bagian dari Pulau Derawan, Danau Kakaban adalah salah satu wisata Kalimantan Timur yang tidak boleh kamu lewatkan. Tentunya kamu sudah tahu betapa istimewanya Danau Kakaban ini.

Jika kamu ingin berenang bebas di antara ratusan bahkan ribuan ubur-ubur langka, maka di danau inilah tempat satu-satunya. Ada beberapa jenis ubur-ubur langka yang hidup di Danau Kakaban ini yang sama sekali tidak mengeluarkan sengat, dan juga berbagai jenis ikan-ikan kecil yang dapat kamu jumpai.

Jika kamu ingin mencoba diving di tengah laut lepas, perairan Pulau Kakaban pun tidak kalah menarik untuk diselami. Terdapat banyak sekali jenis ikan langka seperti barakuda, hiu white tip, black tip, hingga hammer shark yang akan menemani kamu menyelam.

5 dari 6 halaman

Pulau Maratua

Keindahan wisata Kalimantan Timur memang berasalh dari berbagai kepulauan yang dimilikinya. Masih merupakan bagian dari Pulau Derawan, Maratua merupakan lokasi wisata yang tidak kalah menakjubkan.

Keindahan alam Maratua yang terletak di perbatasan perairan Indonesian dan Malaysia ini bahkan disebut-sebut sebagai surga bawah laut untuk para penyelam. Terumbu karang yang indah, ikan-ikan langka yang cantik dan berbagai biota laut lainnya merupakan keindahan utama yang akan kamu dapatkan dari salah satu wisata Kalimantan Timur ini.

Bahkan menjelang senja tiba, ikan-ikan laut seperti lion fish, pari putih, hingga penyu akan menampakkan dirinya di bawah dermaga. 

6 dari 6 halaman

Pulau Beras Basah

Wisata Kalimantan Timur yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalag Pulau Beras Basah. Pulau ini merupakan salah satu tempat wisata di Samarinda yang menawarkan panorama alam bawah laut. Airnya yang jernih, ombaknya yang tenang, serta pasir putihnya yang lembut membuat pulau ini kerap kali dijadikan arena untuk snorkeling.

Pulau ini terletak di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur. Maka untuk menuju ke sana, kamu membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar tiga jam dengan kendaraan. Namun saat tiba di sana, kamu akan menemukan pemandangan alam yang snagat memesana.

Di pulau ini kamu bisa melakukan beberapa kegiatan laut pada umumnya seperti melihat terumbu karang, menemukan biota laut yang beragam, dan bintang laut yang menggemaskan. Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan selain snorkeling adalah dengan bermain banana boat. Untuk fasilitas yang ada di Pulau Beras Merah ini juga sudah sangat lengkap. Dimana sudah ada mushola, warung makan, dan toilet yang bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.