Sukses

4 Tanaman Pengusir Serangga di Dalam Rumah, Bisa Percantik Ruangan

Usir serangga di dalam rumah dengan aman

Liputan6.com, Jakarta Aroma mint mengusir berbagai macam serangga yang masuk ke rumah. Sifat aromatik yang ditemukan di daun juga ada di batang dan bunga. Lalat, laba-laba, agas, nyamuk, dan bahkan semut akan menjauhi tanaman ini. Mint mudah tumbuh di mana saja. Kebanyakan serangga membenci bau dan rasa mint. 

Dengan perawatan rutin, mint bisa menjadi dekorasi dalam rumah yang menyegarkan. Tanamlah dalam pot dan seringlah memetik daunnya agar tanaman tetap dalam kondisi baik. Semakin tajam aroma, semakin sedikit serangga yang mendekat.

Daun mint juga bisa meredakan gatal akibat gigitan serangga. Terlebih lagi, Anda bisa memanfaatkan daun mint untuk minuman atau campuran masakan. Jadi memiliki tanaman mint di dalam rumah merupakan paket lengkap untuk memerangi serangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Geranium

Geranium atau yang biasa dikenal dengan tapak dara sedikit beraroma lemon dan dapat menjauhkan beberapa serangga seperti nyamuk dan kecoa dari rumah. Tumbuhan pengusir serangga ini memiliki bunga-bunga indah dan hadir dalam warna-warna cerah yang membuatnya bagus untuk dekorasi.

Geranium dapat ditanam di dalam pot ditaruh pada sudut rumah. Tanaman ini tumbuh cepat di area dengan iklim hangat, cerah, dan kering.

Ekstrak geranium juga dikatakan dapat mengusir nyamuk dan merupakan bahan yang populer di banyak semprotan anti nyamuk alami. Geranium yang ditaman di pekarangan juga bisa mengusir hama umum yang dapat merusak tanaman, seperti kumbang atau belalang.

Hal inilah yang membuat tanaman ini sering digunakan sebagai tanaman pendamping untuk banyak buah-buahan dan sayuran, termasuk kol dan tomat, serta mawar.

3 dari 5 halaman

Lavender

Lavender memiliki bau harum yang menghalangi serangga khususnya nyamuk. Lavender dapat mengusir serangga seperti lalat, kecoa, nyamuk, ngengat dan bahkan agas. Wangi yang dihasilkan tanaman ini membuat serangga enggan dekat-dekat dengannya.

Minyak lavender juga sudah banyak digunakan dalam produk-produk pembasmi serangga. Jadi tak ada salahnya memiliki versi alami pembasmi serangga ini. Lavender sangat tangguh dan tahan kekeringan. Tanaman ini hanya membutuhkan sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Meski cocok ditanam pada iklim apapaun, tanaman lavender dapat tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

Aroma harum lavender juga membantu siapa saja yang menghirupnya rileks. Aroma ini bisa menghilangkan stres, dan membantu tidur yang sehat. Anda bisa menaruh tanaman lavender di ruang tamu, sudut rumah, atau jendela kamar tidur.

4 dari 5 halaman

Rosemary

Penolak serangga ampuh lainnya adalah rosemary. New York Botanical Garden dan PlantShed merekomendasikan tanaman untuk menjauhkan serangga dari rumah. Rosemary cocok ditanam di iklim panas dan kering.

Tanaman ini juga ideal dikembangkan dalam pot sebagai tanaman penghias ruangan. Rosemary dapat dengan mudah diapngkas dalam segala macam bentuk dan ukuran. Aroma yang dikeluarkan tanaman ini juga bisa mengarumkan ruangan. Plus, rosemary juga bermanfaat untuk menyedapkan berbagai masakan.

Anda juga bisa membuat semprotan rosemary sederhana untuk mengusir kecoa. Cukup cincang daun rosemary dalam jumlah yang sama dalam air suling,biarkan selama 30 menit pada suhu kamar. Saring dan masukkan ke dalam botol semprot. Semprotan juga mendesinfeksi udara.

Cara lain menggunakan rosemary sebagai pengusir serangga adalah dengan membakar daun rosemary keringnya. Rosemary kering yang terbakar mengeluarkan aroma kuat untuk menghalang serangga masuk rumah. Melambaikan bungkusan rosemary kering yang terbakar di ruangan mampu mengusir berbagai serangga.

5 dari 5 halaman

Krisan

Bunga krisan dikenal memiliki kemampuan untuk memurnikan udara dalam ruangan dan menghilangkan racun. Krisan juga berkhasiat untuk mengusir kecoak, semut, kutu, nyamuk, ngengat, dan serangga lain di dalam rumah. Krisan juga bisa membuat ruang terlihat cantik, jadi jangan takut menempatkannya di seluruh rumah.

Pyrethrum dalam krisan merupakan pestisida alami. Minyak yang diproduksi oleh tanaman Krisan adalah salah satu penolak serangga alami yang paling kuat. Faktanya, sebagian besar penolak alami memanggil minyak esensial sebagai bahan aktif utamanya. Seperti banyak tanaman ini, Krisan adalah tanaman pengusir serangga yang relatif mudah dirawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini