Sukses

Paket Wisata Goa Pindul, Pilihan Liburan Menarik di Jogja

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Goa Pindul kian banyak bermunculan seiring eksisnya destinasi ini. Wisata gua pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Paket wisata Goa Pindul selalu ramai khususnya saat liburan tiba. 

Paket wisata Goa Pindul menjadi pilihan dari beragam destinasi wisata di Jogja. Paket wisata Goa Pindul yang utama adalah menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah. Dulunya Goa Pindul dimanfaatkan warga sekitar untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci dan mandi.

Kini Goa Pindul menjadi potensi wisata di Gunungkidul yang makin hits. Sudah banyak agen wisata yang menawarkan paket wisata Goa Pindul. Isi paket wisata Goa Pindul pun beragam.

Mulai dari menyusuri gua hingga menyambangi pantai-pantai di sekitarnya. Berikut ulasan mengenai paket wisata Goa Pindul yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(1/10/2019).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Mengenal Wisata Goa Pindul

Goa Pindul dapat dicapai dari kota Jogja dengan kendaraan pribadi. Aliran sungai yang berada di dalam Gua Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh. Penulusuran di dalam gua akan terdapat formasi bebatuan stalaktit, yaitu yaitu sejenis mineral sekunder yang menggantung di langit-langit gua kapur. Ada pula stalaktit yang sudah tumbuh sampai bawah dan menjadi seperti pilar.

Beberapa batuan karst di gua ini juga masih hidup dan meneteskan air. Salah satu bagian Gua Pindul terdapat tempat yang cukup lebar sehingga terlihat seperti kolam dan terdapat celah yang cukup lebar tempat sinar matahari masuk.

Legenda penamaan Gua Pindul erasal dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang menelusuri hutan lebat, sungai, hingga gua untuk mencari ayahnya. Saat sedang menyusuri 7 gua yang memiliki aliran sungai di bawahnya, kepala Joko terbentur sebuah batu sesar yang ada di dalam gua. Gua tempat Joko terbentur tersebut dinamai Gua Pindul yang berarti pipi yang terbentur.

3 dari 6 halaman

Paket wisata Goa Pindul

Paket wisata Goa Pindul terdiri dari berbagai pilihan. Paket biasanya berupa perjalanan menyusuri goa Pindul dengan beragam fasilitas. Wisata Goa Pindul memberi pengalaman mengasyikkan dan memicu adrenalin. Aktivitas yang umumnya dilakukan di wisata ini adalah cave tubing. Fasilitas yang ada di Goa Pindul juga sudah terbilang lengkap mulai dari toilet, warung makan, hingga kebersihan yang terjaga.

Paket wisata Goa Pindul juga dapat dengan mudah ditemui di internet. Jika Anda berada di Jogja sudah banyak sekali agen perjalanan yang menawarkan paket wisata ini. Harga yang dipatok juga berkisar antara Rp 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Semuanya tergantung dengan destinasi yang dituju dan fasilitas yang ditawarkan.

Beberapa paket juga menawarkan perjalanan ke destinasi di sekitar Goa Pindul. Destinasi ini meliputi monumen peninggalan Jenderal Soedirman, situs purbakala Sokoliman dan pantai-pantai di Gunungkidul. Paket wisata Goa Pindul juga ada yang berupa paket menginap dengan fasilitas transportasi dan makan.

4 dari 6 halaman

Cave Tubing Pindul

Cave Tubing adalah aktivitas menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua. Di sini Anda bisa menjelajahi Goa Pindul dengan panjang sekitar 350 m. Kedalaman air di sungai dalam goa berkisar 5-12 m dengan lebar goa 5 m.

Goa Pindul memiliki 3 zona yang meliputi zona terang, zona remang, dan zona gelap. Estimasi waktu yang dihabiskan menyusuri gua ini berkisar 45 menit. Di sini Anda akan mendapatkan pengalaman memasuki gua alami yang sudah terbentuk jutaan tahun lalu. Ada banyak stalaktit dan stalagmit di dalam gua ini yang akan membuat Anda terkagum.

Biasanya paket wisata ini sudah meliputi perlengkapan seperti ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet, dan head lamp. Paket juga sudah termasuk asuransi keselamatan dan pemandu perjalanan. Cave Tubing juga tergolong aman dilakukan siapa saja karena aliran air sungai yang tenang.

5 dari 6 halaman

River Tubing Sungai Oya

Selain menyusuri gua, Anda juga bisa menyusuri sungai Oya yang berada di sekitar Goa Pindul. River Tubing memiliki konsep sama dengan cave tubing, yaitu menyusuri sungai dengan ban pelampung. Sungai Oya memiliki panjang sekitar 1500 m dan kedalaman 7 – 11 m.

Selama menyusuri sungai, Anda akan disuguhlan tebing karst Gunungkidul kidul yang megah. Ada pula air terjun yang bisa dinikmati sembari beristirahat. Paket untuk River Tubing biasanya sudah termasuk peralatan, pemandu, dan asuransi.

6 dari 6 halaman

Menjelajah Goa Gelatik

Goa yang memiliki panjang sekitar 400 meter ini masih terjaga keasriannya. Goa Gelatik berada tak jauh dari Goa Pindul. Goa ini sangat eksotis dengan gugusan stalaktit dan stalakmit. Dulunya, gua ini digunakan sebagai tempat pertapaan.

Paket wisata yang ditawarkan sudah meliputi pemandu, asuransi keselamatan, alat keamanan seperti helm dan sepatu khusus, senter, dan tabung oksigen. Di dalamnya Anda bisa menyaksikan beragam bentuk stalaktit dan stalakmit bentukan alam ribuan tahun lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.