Sukses

4 Fakta Sosok Puan Maharani, Cucu Sukarno yang Menjabat Ketua DPR RI

Liputan6.com, Jakarta Sosok Puan Maharani saat ini menjadi perbincangan publik. Perempuan yang bernama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala resmi menjadi Ketua DPR periode 2019-2024. Dipilihnya Puan Maharani menjadi Ketua DPR RI menjadikan dia ketua DPR perempuan pertama di Indonesia. 

Putri Presiden Indonesia ke-5 Megawati Sukarnoputri dan Taufiq Kiemas ini lebih banyak dikenal sebagai cucu dari sang Proklamator Negara Indonesia atau Presiden pertama Indonesia Sukarno. Nama Puan Maharai dipilih memimpin DPR RI selama 5 tahun mendatang usai para anggota melakukan rapat.

Nama Puan Maharani sendiri diusulkan langsung oleh Partai PDIP Perjuangan untuk memimpin DPR RI. Hal tersebut berdasarkan bawah PDIP adalah partai pemenang pemilu. Namun, masih banyak yang belum mengenal sosok mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber sosok Puan Maharani, cucu Sukarno yang menjabat Ketua DPR RI, Rabu (2/10/2019).

2 dari 5 halaman

Sosok Puan Maharani

Puan Maharani merupakan anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas. Perempuan yang lahir di Jakarta, 6 September 1973 sudah mengenal dunia politik sejak usia sangat muda. Ia merupakan Sarjana Ilmu Komunikasi lulusan Universitas Indonesia dan meneruskan tradisi politik dalam keluarga Sukarno.

Masa kecil dan remajanya dihabiskan layaknya pada anak-anak pada umumnya. Namun, saat ibunya Megawati Soekarno Putri aktif di dunia politik disitulah sosok Puan Maharani mulai mengenal dan belajar politik.

3 dari 5 halaman

Karier Politik

Sosok Puan Maharani mulai dikenalkan oleh publik saat Megawati berkampanye di Jawa Timur beberapa tahun lalu. Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara resmi memperkenalkan putri tunggalnya, Puan Maharani, sebagai penerusnya kepada publik.

Pada tahun 2006 Puan Maharani akhirnya mulai secara aktif terlibat dalam organisasi politik. Pada Pemilu 2009 dari Dapil Jawa Tengah V (Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali). Puan Maharani akhirnya terpilih dengan suara terbanyak kedua di tingkat nasional yaitu 242.504 suara.

4 dari 5 halaman

Menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

Karir politik Puan terus berjalan dengan baik, Puan bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI untuk tahun 2012 - 2014.  Pada pemilu 2014, Puan Maharani kembali maju sebagai caleg di dapil Jawa Tengah V. Ia kembali menang dengan memperoleh 369.927 dan berjalan dengan mulus menuju kursi DPR RI.

Puan Maharani lalu ditempatkan di Komisi VI DPR yang membidangi industri, investasi, dan persaingan usaha. Tak lama berselang, Joko Widodo terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia. Puan Maharani lalu ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) di kabinet kerja Presiden Joko Widodo periode 2014-2019.

5 dari 5 halaman

Sosok ibu dari dua anak

Tidak banyak informasi tentang kehidupan pribadi Ketua DPR RI Puan Maharani. Namun, Puan Maharani telah menikah dengan sosok yang bernama Hapsoro Sukmonohadi, atau yang akrab dengan nama Happy Hapsoro.

Happy Hapsoro sendiri dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Dari pernikahan Puan Maharani dengan Happy Hapsoro mereka telah dikarunia dua orang anak yang jarang terekspos media. Adapun nama anak Puan Maharani bernama Prabawa Diwangkara Caraka Putra Soma dan juga Diah Pikatan Orissa Putri.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Momen Megawati dan Puan Maharani Nobar Nagabonar Reborn, Seru Banget