Sukses

7 Jenis Batu Mulia dan Harganya yang Harus Dipahami, Jangan Sampai Salah

Liputan6.com, Jakarta Jenis batu mulia dan harganya tentunya berbeda-beda. Beberapa waktu yang lalu tren mengoleksi batu mulia ini sempat begitu digemari oleh masyarakat hampir di seluruh wilayah Indonesia. Pada waktu itu, banyak sekali orang yang menggunakan aksesori dengan atribut batu tersebut.

Walau tidak semeriah dulu, tren mengoleksi batu mulia masih dilakukan banyak orang. Berbagai jenis batu mulia ini dijadikan incaran. Walaupun harganya tidak murah, namun banyak orang yang rela merogoh kocek untuk batu mulia yang diinginkannya.

Jenis batu mulia dan harganya tentunya perlu diketahui agar bisa memilih koleksi yang tepat. Jangan sampai mengoleksi batu mulia tidak memikirkan kondisi keuangan dan jenisnya, sehingga kamu hanya akan menghabiskan uang dengan sia-sia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/10/2019) beberapa jenis batu mulia dan harganya.

2 dari 8 halaman

Berlian (Diamond)

Jenis batu mulia dan harganya yang cukup fantastis adalah berlian. Secara karakteristik, berlian merupakan batu permata yang paling keras, solid, dan memiliki kualitas fisik terbaik dibandingkan batu permata jenis lainnya.

Batu ini mempunyai kilauan cahaya yang sangat indah, batunya pun tergolong sangat langka, oleh karena itu berlian didapuk sebagai batu permata termahal di dunia, per karatnya bisa mencapai miliaran rupiah. Di Indonesia, penambangan berlian terdapat di Kota Martapura, Kalimantan.

3 dari 8 halaman

Ruby (Batu Merah Delima)

Ruby ini tak kalah indah dengan berlian. Batu ruby atau lebih dikenal dengan batu merah delima, seperti namanya jenis ini memiliki warna yang unik, mulai dari merah delima sampai merah darah. Jenis batu mulia dan harganya ini disukai kalangan menengah ke atas.

Konon, batu ruby dengan kualitas terbaik adalah yang berasal dari Myanmar. Karakternya yang solid dengan corak khas kemerahan membuat batu ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar puluhan hingga ratusan juta rupiah tiap bongkahnya.

4 dari 8 halaman

Safir (Sapphire)

Selain ruby, ada juga jenis batu mulia dan harganya selanjutnya, yaitu safir, atau di Indonesia sering disebut dengan batu nilam. seperti batu permata lain, safir juga memiliki tingkat soliditas yang sangat tinggi. Konon batu safir terbaik hanya bisa diperoleh dari tanah Srilanka dan India.

Warna yang cantik dan kesan mewah yang ditampilkannya membuat harga permata safir naik tajam, yakni puluhan hingga ratusan juta rupiah. Safir sendiri terdiri dari beberapa macam, di antaranya adalah safir biru dan safir hitam.

Batu safir sebenarnya memiliki banyak sekali warna, namun yang paling klasik adalah warna biru. Perlu kamu ketahui juga bahwa semua batuan corodum yang memikili warna bisa dikategorikan sebagai safir. Namun hal ini tidak berlaku kepada corodum berwarna merah, karena jenis ini sudah dikenal sebagai batu ruby atau merah delima.

5 dari 8 halaman

Zamrud (Emerald)

Jenis batu mulia dan harganya yang selanjutnya adalah zamrud atau emerald. Seperti batu permata lainnya, zamrud memiliki ciri khas yang membedakannya dengan batu mulia lain, yakni warnanya. Zamrud memiliki warna hijau sampai hijau tua yang merupakan hasil dari kelumit kromium.

Zamrud terbilang memiliki intensitas solid yang cukup tinggi. Hingga hari ini, tidak ada yang bisa menandingi keindahan zamrud dari Kolombia. Warna hijaunya yang sangat tajam dan mengkristal membuat jenis batu mulia dan harganya yang selangit ini banyak diburu oleh kolektor perhiasan dari berbagai negara.

Meskipun zamrud dari Kolombia memiliki harga yang cukup fantastis, namun beberapa faktor lain juga menjadi penentu dari harga zamrud. Beberapa faktor tersebut seperti kecemerlangan, kemurnian, warna, sampai dengan ukuranya.

6 dari 8 halaman

Kalimaya

Jenis batu mulia dan harganya selanjutnya adalah Kalimaya. Bagi kamu penggemar batu akik, mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa batu kalimaya memiliki nama lain yang cukup menarik yaitu”The Queen Of Gems”, berkat tampilannya yang begitu memukau. Jenis batu mulia ini harganya berkisar Rp 1 jutaan hingga puluhan juta.

7 dari 8 halaman

Kecubung

Selanjutnya, jenis batu mulia dan harganya yaitu Kecubung. Batu yang masuk ke dalam kategori permata dan memiliki nilai jual yang tinggi ini biasa disebut sebagai ametis. Salah satu hal yang membuat batu permata satu ini memiliki nilai jual yang tinggi yaitu karena memiliki tampilan menarik, sama seperti Kalimaya.  

Amethyst termasuk batu semi-mulia dan dikenal di Indonesia dengan nama kecubung ungu karena memiliki warna ungu cerah. Harganya beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung kualitasnya. Di Indonesia sendiri, jenis batu ini dikenal memiliki banyak kemampuan mistis.

8 dari 8 halaman

Yakut

Jenis batu mulia dan harganya selanjutnya adalah batu Yakut atau biasa disebut sebagai Zircon. Ini adalah batu yang memiliki tingkat kekerasan sangat tinggi. Namun sayangnya batu jenis ini memiliki resiko yang sangat besar, karena sangat mudah untuk dipalsukan sehingga banyak beredar batu yakut palsu. Harga batu Yakut biasanya berkisar ratusan ribu hingga puluhan juta.

Jadi itulah beberapa jenis batu mulia dan harganya yang perlu kamu ketahui. Kamu arus ekstra waspada dan hati-hati saat membelinya agar tidak salah membeli batu mulia yang palsu.