Sukses

8 Jenis Hewan Langka dan Asal Daerahnya, Hampir Punah

Ada beberapa jenis hewan langka dan asal daerahnya.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Walaupun beragam, ternyata banyak spesiesnya yang langka bahkan hampir punah. Ada beberapa jenis hewan langka dan asal daerahnya yang terpencil.

Walaupun beberapa hewan langka tersebut tinggal di wilayah yang terpencil, tak banyak orang yang ingin memburu hewan-hewan tersebut untuk memenuhi kepentingannya sendiri. Namun, tidak semua tempat terpencil dan strategis tersebut bisa dijamah oleh orang banyak.

Inilah yang membuat beberapa tempat strategis menjadi istimewa dan dijadikan rumah bagi berbagai hewan langka. Banyak pulau di Indonesia yang kemudian dijadikan tempat untuk menyelamatkan hewan langka yang tidak bisa ditemui di belahan dunia mana pun.

Berikut ada beberapa jenis hewan langka dan asal daerahnya yang perlu dilindungi agar tidak punah. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, ini delapan jenis hewan langka dan daerahnya yang perlu dikenali, Rabu (2/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Cenderawasih

Cenderawasih merupakan spesies endemik yang termasuk ke dalam keluarga Paradisaeidae atau burung dari surge (paradise). Burung agung dan penuh dengan warna ini termasuk jenis hewan langka da nasal daerahnya di Papua, pulau paling timur di Indonesia.

Burung Cenderawasih, terutama yang berspesies jantan, memiliki bulu yang sangat berornamen dan halus dengan warna-warna yang cerah dan ekor panjang yang menggantung dengan anggun di tubuhnya.

Cenderawasih memiliki beragam campuran warna di satu tubuhnya, mulai dari kuning, cokelat, merah, oranye, hingga warna biru dan ungu yang berbeda-beda.

3 dari 9 halaman

Merak

Selain Cenderawasih, ada Merak yang merupakan burung dari keluarga Phasianidae. Merak termasuk ke dalam jenis hewan langka dan asal daerahnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

Namun kamu juga bisa menemukan Merak di India dan Malaysia. Namun, Merak di kedua negara tersebut berbeda dengan yang ada di Indonesia. Merak yang ada di Indonesia memiliki keunikannya sendiri, yaitu bulunya yang berwarna-warni.

Selain itu, Merak juga memiliki jenis yang berbeda-beda dan beberapa dari mereka memiliki warna bulu yang berbeda juga. Merak memiliki kepribadian yang sangat tenang, namun di beberapa waktu Merak bisa menjadi agresif.

4 dari 9 halaman

Monyet Hitam

Monyet Wolai atau Monyet Hitam merupakan jenis hewan langka dan daerah asalnya di Sulawesi yang harus dilindungi. Sesuai dengan namanya, monyet ini memiliki buluh yang hitam di seluruh tubuhnya dengan pengecualian beberapa bulu berwarna silver yang ada di bagian bahunya.

Monyet Hitam ini mulai langka bahkan hampir punah. Menurut IUCN Redist, Monyet Hitam digolongkan dalam status konservasi Critically Endangered (krisis). Monyet Hitam menjadi hewan sosial, karena Monyet Hitam hidup dalam kelompok berisi 5 hingga 25 ekor atau bahkan lebih.

Biasanya, di dalam kelompok tersebut populasi monyet betina dewasa lebih banyak apabila dibandingkan dengan monyet jantan. Populasi manusia yang meningkat telah menjadi suatau ancaman besar bagi keberlanjutan hidup monyet hitam ini.

Jika dibandingkan dengan daerah asalnya, banyak dari jenis monyet ini yang hidup dengan lebih bebas di beberapa pulau kecil di sekitar Sulawesi.

5 dari 9 halaman

Badak Jawa

Badak Jawa atau badak bercula satu yang lebih pendek merupakan hewan langka lain yang ada di Indonesia. Badak ini banyak ditemukan di Pulau Jawa.

Populasi Badak Jawa dari tahun ke tahun mengalami penyusutan. Badak Jawa mengalami kesulitan untuk berkembang biak dan mereka hanya hidup selama 80 tahun.

6 dari 9 halaman

Komodo

Komodo merupakan salah satu hewan darat terbesar di dunia yang langka bahkan hampir punah. Hewan endemik ini melulu atau selalu hidup di distrik tertentu. Komodo tinggal di suatu pulau yang dinamakan Pulau Komodo, Rinca, Padar, dan Flores.

Beberapa orang yang mengamati ukurannya yang besar dan menyimpulkan bahwa Komodo merupakan kadal tertinggi dan terbesar di dunia. Hal ini dibuktikan dengan panjang tubuhnya yang mencapai tiga meter.

Komodo juga merupakan kerabat dekat dari Dinosaurus dan spesies purba tertua yang masih hidup hingga sekarang. Hal ini terbukti dari ditemukannya fosil-fosil dari jenis Dinosaurus tertentu yang menunjukkan kesamaan struktur tubuh dengan Komodo.

7 dari 9 halaman

Anoa

Anoa merupakan jenis hewan langka dan asal daerahnya di Sulawesi. Anoa adalah kerbau dengan ukuran yang sangat kecil. Anoa tinggal di dataran rendah dan dataran tinggi.

Hewan ini banyak diburu untuk dijadikan makanan. Ya, sama seperti jenis kerbau lainnya, Anoa juga bisa dimakan. Namun, mengonsumsi daging Anoa ini bisa memabukkan sehingga tidak bisa dikonsumsi.

8 dari 9 halaman

Orangutan Sumatera

Orangutan Sumatera merupakan spesies orangutan terlangka. Seperti namanya, Orangutan Sumatera hidup dan endemic terhadap Sumatera. Keberadaan Orangutan Sumatera lebih sedikit dari Orangutan Kalimantan.

Orangutan Sumatera hampir mirip dengan Orangutan Kalimantan, hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil. Orangutan Sumatera liar merupakan hewan pemakan buah dan hanya bertahan hidup di Provinsi Aceh.

9 dari 9 halaman

Elang Jawa

Elang Jawa merupakan salah satu spesies burung elang yang berukuran sedang yang endemic di Pulau Jawa. Elang Jawa memiliki jambul meninjol sejumlah 2-4 helai dengan panjang menjangkau 12 cm.

Ukuran tubuhnya mencapai 60-70 sentimeter dengan bulu coklat gelap pada punggung dan sayap. Selain itu, Elang Jawa juga bercoretan cokelat gelap pada dada dan bergaris dan bergaris tebal coklat gelap di perut. Ekornya cokelat bergaris-garis hitam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini