Sukses

5 Jenis Pisang dan Manfaatnya untuk Tubuh, Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Pisang merupakan salah satu buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Banyak orang yang menanam pisang di pekarangan rumah karena tidak membutuhkan lahan yang luas. Mudahnya penanaman buah pisang, membuat tingkat konsumsi pisang juga sangat tinggi.

Di antara banyak pisang yang ditemui, ternyata ada beberapa jenis pisang dengan masing-masing manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Ya, dari beragam jenis pisang yang sering dijumpai ternyata memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Memang, antara jenis pisang yang satu dengan yang lainnya tidak memiliki nutrisi yang berbeda jauh.

Namun, beberapa di antaranya ada perbedaan sehingga mampu untuk mencukupi kebutuhan nuturisi tubuh. Berikut ada beberapa jenis pisang dengan masing-masing manfaatnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/10/2019).

2 dari 6 halaman

Pisang Susu

Pisang susu memiliki manfaat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Manfaat pisang susu untuk ibu hamil berasal dari kandungan asam folat di dalamnya. Asam folat merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh janin.

Selain itu, pisang susu juga bisa membantu mengatasi rasa mual akibat mabuk. Namun, jumlah kalori pada pisang susu sangat tinggi. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi asupan konsumsinya.

3 dari 6 halaman

Pisang Ambon

Selain pisang susu yang mudah ditemui, pisang ambon juga banyak dijual di pasaran. Pisang dengan ukurannya yang besar dengan rasanya yang manis ini ternyata memiliki manfaat sehat untuk tubuh.

Pisang ambon dikenal memiliki manfaat dapat membuat kulit tampak lebih putih. Manfaat pisang ambon lainnya adalah bisa melancarkan buang air besar dan mengobati sakit mata apabila dikonsumsi secara rutin.

Selain itu, kandungan nutrisi di dalam pisang ambon seperti karbohidrat, protein, zat besi, lemak, serat, mineral, dan vitamin bisa membantu untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.

4 dari 6 halaman

Pisang Kepok

Pisang kepok mudah sekali ditemukan. Enggak jarang orang mengolahnya menjadi aneka makanan. Selain nikmat, pisang kepok juga memiliki segudang nutrisi baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi pada pisang kepok seperti kalori, vitamin B6, vitamin C, zat mangan, serat, dan kalium. Kandungan nutrisi ini sangat baik untuk tubuh sehingga tidak perlu ragu untuk mengonsumsi pisang kepok.

Manfaat pisang kepok banyak digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan mengatasi maag. Selain itu, pisang kepok juga bisa dijadikan untuk mencukupi kebutuhan potasium.

5 dari 6 halaman

Pisang Tanduk

Pisang ini memiliki ciri fisik dengan panjang mencapai 28 cm. Lainnya, pisang ini akan tetap berwarna hijau pada kulitnya walaupun sudah matang. Selain nikmat, pisang tanduk juga memiliki banyak nutrisi seperti magnesium, folat, kalium, serat, zat besi, niacin, riboflavin, mangan, protein, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6.

Kaya kandungan nutrisi, maka ada segudang manfaat pisang tanduk yang bisa kamu rasakan. Pisang nangka bisa bantu menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, kandungan zat besi pada pisang nangka juga bisa bantu menambah darah.

Manfaat pisang tanduk untuk kesehatan lainnya seperti mengatasi sembelit, mengatasi diabetes, mengatasi peradangan, dan lain sebagainya.

6 dari 6 halaman

Pisang Raja

Pisang raja juga memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dibutuhkan untuk tubuh. Nutrisi pada pisang raja seperti serat, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, niacin, mangan, magnesium, filat, dan zat besi. Kandungan mineral dan vitamin pada pisang taja ini sangat berguna untuk melawan beragai penyakit.

Manfaat pisang raja yang bisa dirasakan seperti meningkatkan imun tubuh, meningkatkan energi tubuh, menguatkan tulang, mengurangi gangguan penglihatan, menurunkan hipertensi, mengurangi risiko batu ginjal, menyembuhkan maag, mengatasi anemia, dan lain sebagainya.