Sukses

Cara Membuat Dompet dari Kain Flanel Tanpa Jahitan, Cocok untuk Anak

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan cocok untuk keterampilan tangan anak. Jenis kain ini mudah dibentuk dan tersedia dalam pilihan warna bahkan motif menarik. Kain flanel ini juga cocok dipilih untuk melatih kreativitas anak. Salah satu bentuk kerajinan yang mudah diterapkan adalah cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan. 

Kebanyakan kerajianan kain flanel dibentuk dengan cara menjahitnya. Jahitan tangan yang digunakan memiliki beragam teknik tusuk rumit. Membuat dompet dari kain flanel pun perlu metode menjahit untuk dapat menyatukan bagian-bagiannya.

Bagi anak menjahit mungkin akan menjadi hal yang rumit dan kurang aman karena jarum yang digunakan. Tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan. Cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan lebih aman untuk anak dan pastinya lebih mudah.

Cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan ini menggunakan teknik lem sebagai ganti jahitan. Ada banyak pilihan dompet yang dapat dipilih. Di sini Liputan6.com akan menampilkan cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan dengan bentuk unicorn lucu.

Bentuk unicorn pastinya disukai anak. Anak akan senang mengenakan sesuatu yang dibuat dengan tangan mereka sendiri. Berikut cara membuat dompet dari kain flanel tanpa jahitan, dilansir Liputan6.com dari dDarcreatives, Kamis(3/10/2019).

2 dari 7 halaman

Bahan yang digunakan

1. Kain flanel. Gunakan warna putih untuk badan unicorn, hitam untuk mata, dan warna warni cerah lain untuk elemen lainnya.

2. Kain berwarna emas untuk tanduk unicorn. Anda juga bisa menggantinya dengan flanel kuning atau cokelat keemasan.

3. Gunting

4. Lem tembak. Atau jika ingin pilihan yang lebih aman untuk anak, gunakan lem khusus untuk kain yang tidak perlu memerlukan alat pemanas seperti lem tembak. Sesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan dan usia anak.

5. Perekat Velcro untuk pembuka dan penutup dompet.

6. Pensil atau pena untuk melacak pola.

7. Kertas dan pola.

8. Kertas tebal kecil untuk penguat tanduk unicorn

3 dari 7 halaman

Membentuk pola

Siapkan pola dari template unicorn diatas dengan mencetak dan memotongnya. Lacak pola pada kain yang dipilih dan potong dengan baik. Pastikan untuk menggunakan gunting kain untuk hasil terbaik. Bergantung pada usia anak-anak yang melakukan proyek ini, bantu mereka sesuai kebutuhan.

Pola unicorn dan bagian bunga termasuk bagian dalam telinga, bagian luar telinga, mata, bibir, blush atau bintik, tanduk, spiral bunga dan daun. Untuk bagian tanduk Anda akan membutuhkan 3 bahan y 3 pola tanduk, ini meliputi bahan flanel, kertas karton, dan kain emas.

4 dari 7 halaman

Membentuk bagian utama dompet

Bagian utama dompet adalah bagian warna putih yang membentuk kantong dompet. Potong kain flanel utama berwarna untuk dompet dengan ukuran 6 inci x 10 inci. Potong 2 helai kain berwarna lain selebar 1 cm dan panjangnya sama dengan lebar 10 inci.

Siapkan lem tembak atau lem kain dan pasang 2 helai kain 1 cm tadi di sepanjang 2 ujung lebar bagian flanel utama berwarna putih. Lekatkan perekat Velcro di tiap sisi helai tepat di bagian tengah. Bagian dengan dua helai kain dan pereka Velcro ini nantinya akan berada di bagian dalam dompet.

5 dari 7 halaman

Merangkai bagian unicorn

Tempel bagian dalam telinga berwarna pink pada bagian luar telinga berwarna putih. Tempel pola tanduk pada kertas tebal dan tempelkan pola tanduk emas pada pola kertas tebal tersebut. Tempelkan 2 lingkaran putih kecil di 2 lingkaran hitam besar untuk matanya.

Lipat bagian utama menjadi setengah memanjang dan rekatkan dengan lem 2 sisi kanan dan kiri. Kemudian rekatkan telinga dan tanduk di bagian atas dompet, tekan setidaknya 1 cm untuk dapat merekat dengan baik.

Jika menggunakan lem kain, waktu pengeringan jelas akan lebih lambat dan mungkin akan sedikit berantakan. Tetapi sekali lagi, sesuaikan kerajinan dengan usia dan tingkat keterampilan anak.

6 dari 7 halaman

Rekatkan mata dan elemen lainnya

Setelah selesai dengan bagian utama dompet, rekatkan mata, bulu mata, dan bibir di sisi depan dompet. Siapkan potongan lain untuk hiasan. 3 spiral, 4 daun dan blush on atau bintik-bintik.

Buat bunga yang digulung menggunakan pola spiral. Gunakan warna terang atau warna kesukaan anak. Satukan bunga dengan daun, lalu tempelkan pada bagian atas dompet tepatnya di atas mata. Tempelkan juga bintik pada pipi untuk mempermanis dompet.

7 dari 7 halaman

Dompet unicorn sudah siap digunakan

Dompet unicorn sudah siap digunakan. Padu padankan kain warna yang berbeda untuk variasi yang lebih banyak. Anda dapat menyesuaikan ukuran kantong sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Buat menjadi lebih besar jika ingin menjadi tempat pensil, atau membuatnya lebih kecil untuk tempat kartu atau koin.

Begitu banyak variasi menyenangkan yang dapat Anda kreasikan berasama anak. Dompet unicorn ini berwarna putih, tetapi Anda dapat membuat sendiri dompet unicorn tanpa jahitan dengan warna kesukaan anak. Coba pink dengan tanduk pelangi, misalnya.

Padu padan nuansa warna yang berbeda bisa membuat anak melatih kemampuan visualnya. Anak bisa membuat banyak dompet untuk dipakai sendiri atau diberikan sebagai hadiah untuk teman-temannya. Pastinya menyenangkan bisa memberikan sesuatu yang dibuat dengan tangan sendiri.