Sukses

Wisata Taman Buah Mekarsari, Jadi Pilihan Rekreasi Sekaligus Edukasi

Wisata Taman Buah Mekarsari menawarkan wisata alam edukasi.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata keluarga yang terkenal di Bogor, Jawa Barat. Wisata Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia. Agrowisata seluasa 264 hektare ini dilengkapi dengan aneka sarana wisata yang siap memuaskan pengunjung.

Tak cuma wisata perkebunan buah, di wisata Taman Buah Mekarsari Anda juga dilengkapi wisata air, taman bermain anak, tempat tingga berbagai satwa dan edukasi alam. Wisata Taman Buah Mekarsari menjadi kebun hortikultura yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, bunga dan tanaman hias yang dapat dinikmati semua orang.

Di sini pengunjung bisa berkeliling kebun buah-buah tropis yang dikembangkan dengan baik. Buah-buah ini juga bisa dinikmati langsung dari kebunnya.

Tanah di wisata Taman Buah Mekarsari mengandung latosol sehingga cocok untuk lahan perkebunan. Wisata Taman Buah Mekarsari selalu menjadi tujuan rekreasi keluarga, edukasi, dan pelepas penat. Berikut ulasan mengenai wisata Taman Buah Mekarsari yang Liputan6.com rangkum dari laman resmi Mekarsari, Kamis (3/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Konsep Wisata Taman Buah Mekarsari

View this post on Instagram

Inilah ragam varietas terbaru dari buah Melon Hibrida Taman Buah Mekarsari, melengkapi varietas sebelumnya yakni Melon SH-1 dan SH-2 yang telah launching terlebih dahulu di pertengahan tahun 2018. Aneka terbaru varietas buah Melon SH Taman Buah Mekarsari ini bisa disaksikan dan di dapatkan di Festival Melonial Indonesia yang saat ini sedang berlangsung sampai dengan hari Minggu, 14 April 2019. A. Gambar 1: Melon SH-1 B. Gambar 2: Melon SH-2 C. Gambar 3: Melon SH-3 D. Gambar 4: Melon SH-4 E. Gambar 5: Melon SH-5 F. Gambar 6: Melon Bentuk hati Pemberian nama SH buah Melon Mekarsari diambil dari nama Siti Hartinah (nama lengkap Ibu Tien Soeharto) diberikan sebagai dedikasi kepada Ibu Tien Soeharto, pemrakarsa dan pendiri Taman Buah Mekarsari. "to develop a fruit garden for conserving, propagating, and distributing high quality plants for the benefit of the farmers nation-wide" INFO: (021) 823 18 12 | www.mekarsari.com #tamanbuahmekarsari #mekarsari #mekarsari_tamanbuah #mekarsaribogor #mekarsarifruitgarden #mekarsari_fruitgarden #petualanganmekarsari #melonial #melonialmekarsari #melonmekarsari #melonhibrida #mekarsarish1sh2 #buah #buahmelon #photooftheday #fruit #fruits #insta #instagram #instafruit #instalike #instadaily #instagood #jakarta #bogor #depok #tangerang #bekasi #jabodetabek #jawabarat

A post shared by Mekarsari Taman Buah (@mekarsari_fruitgarden) on

 

Mekarsari memiliki tujuan yang ditanamkan dalam konsep 4-si. Konsep tersebut meliputi:

Konservasi

Mekarsari merupakan pusat pelestarian keanekaragaman hayati tumbuhan, khususnya buah-buahan. Setiap jenis tumbuhan yang dilestarikan di Mekarsari mempunyai keistimewaan masing-masing untuk menunjang lingkungan hidup, misalnya :

- Tahan terhadap kondisi kekeringan

- Perakaran kuat dan dalam untuk mencegah erosi serta menyimpan banyak air

- Tajuk yang rimbun penghasil oksigen dan menjaga kelembaban udara

- Tempat berkembang biak satwa

- Penyubur tanah dan mikroorganisma tanah

Reboisasi

Mekarsari adalah pusat pembibitan dan penyebarluasan tanaman yang bernilai ekonomi dan bermanfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan. Mekarsari menyediakan bibit tanaman unggul untuk memenuhi kebutuhan daerah tertentu guna memperbaiki lingkungannya. Selain itu Mekarsari ikut aktif pula dalam rangka penghijauan didaerah-daerah yang sudah mulai rusak.

Edukasi

Mekarsari merupakan tempat pelatihan masyarakat untuk lebih mengenal tumbuh-tumbuhan dan mencintai alam sekitarnya. Mekarsari menyediakan fasilitas untuk belajar pembibitan, teknik perbanyakan tanaman, penelitian dan breeding, dan penyuluhan bagi petani dalam hal budidaya tanaman

Rekreasi

Mekarsari menyediakan fasilitas wisata yang bernuansakan alam dan beberapa paket wisata yang bisa diikuti oleh pengunjung. Di sini pengunjung dapat merasakan suasana berbeda tentang agrowisata.

3 dari 5 halaman

Pilihan Wisata yang Ditawarkan

View this post on Instagram

Piknik dan Bermain spesial liburan Lebaran di Taman Buah Mekarsari dari tanggal 5 - 16 Juni 2019. Kids Fun Valley Mekarsari, wahana permainan untuk anak yang menjadi favorit saat berlibur di Taman Buah Mekarsari. Berlokasi di depan shelter kereta wisata, wahana ini menyuguhkan ragam jenis permainan yang seru dan atraktif. Ayoo... saatnya berlibur, berpetualang, dan bermain di Taman Buah Mekarsari. INFO: (021) 823 18 22 | www.mekarsari.com #tamanbuahmekarsari #mekarsari #mekarsari_tamanbuah #mekarsaribogor #mekarsarifruitgarden #mekarsari_fruitgarden #petualanganmekarsari #farmfantasy #fantasyfarm #libur #liburanseru #liburlebaran #liburlebaran2019 #liburankeluarga #photooftheday #insta #instalike #instadaily #instagood #instagramable #playground #playgrounds #playgroundanak #cileungsi #cibubur #bogor #travel #traveling #travelling #tourism

A post shared by Mekarsari Taman Buah (@mekarsari_fruitgarden) on

 

Wisata Kebun Buah

Wisata Taman Buah Mekarsari memiliki ragam kebun buah-buahan, sayuran, bunga dan tanaman hias. Buah-buah yang ada di kebun ini merupakan buah tropis dan jenis buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari Indonesia.

Tempat ini juga merupaakn tempat penelitian budidaya pemuliaan dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Di sini pengunjung bisa menjelajah langsung kebun buah dan sayur sambil mengetahui pertumbuhan dan budidayanya. Pihak pengelola juga sudah menyediakan paket tur petualangan kebun untuk para wisatawan.

Wahana Permainan

Tak cuma wisata di kebun buah, wisata Taman Buah Mekarsari juga menghadirkan berbagai wisata permainan. Wahana ini berupa 3D Trick ART Mekarsari, outbound, Kids Fun Valley, dan masih banyak lagi.

4 dari 5 halaman

Pilihan Wisata yang Ditawarkan

View this post on Instagram

Wahana kereta wisata keliling merupakan wahana yang akan mengajak pengunjung untuk berkeliling menjelajahi kebun buah koleksi Taman Buah Mekarsari. Mengeksplorasi keanekaragaman hayati tanaman buah dan menikmati panorama keindahan 264 hektare Taman Buah Mekarsari dan akan bermuara di area Danau Mekarsari. Dengan menggunakan Paket Tiket Hemat Mekarsari, pengunjung yang berlibur sudah dapat mencoba wahana wisata kereta keliling dimana sudah termasuk juga dengan tiket masuk dan wahana pilihan wahana lainnya. Liburan seru dan menyenangkan dengan Tur Kebun Buah Mekarsari. Ayoo... saatnya berlibur dan berpetualang di Taman Buah Mekarsari. Foto: @tejhe_91 Terima kasih. INFO: (021) 823 18 12 | www.mekarsari.com #tamanbuahmekarsari #mekarsari #mekarsari_tamanbuah #mekarsaribogor #mekarsarifruitgarden #mekarsari_fruitgarden #petualanganmekarsari #wisatabogorindonesia #wisatabogor #photooftheday #insta #instagram #instalike #instadaily #instagood #instagramable #instafoto #instapromo #instapromotion #cileungsi #cibubur #jakarta #bogor #depok #tangerang #bekasi #jabodetabek #jawabarat

A post shared by Mekarsari Taman Buah (@mekarsari_fruitgarden) on

 

Wisata Air

Di dalam Mekarsari, terdapat danau buatan yang menghadirkan berbagai wahana wisata air. Banyak fasilitas yang disediakan seperti berkeliling dengan Dragon Boat dan speed boat.

Untuk anak ada pula wahana Water Bike, Banana Boat, Giant Bubble. Ada pula fasilitas Fruity Bike yaitu sepeda Air Buah yang bisa digunakan berkeliling danau.

Wisata Berkendara

Mekarsari memiliki areal Country Side yang ditanami dengan berbagai koleksi tanaman buah. Country Side bisa dijelajahi dengan menggunakan sepeda yang sudah disediakan pengelola.

Ada juga jenis Sepeda Tuk-Tuk yang berbentuk mirip becak. Tersedia pula wahana kereta wisata kelilingyang akan mengajak pengunjung untuk berkeliling menjelajahi kebun buah Mekarsari.

5 dari 5 halaman

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mekarsari

View this post on Instagram

PROMO TIKET HEMAT TAMAN BUAH MEKARSARI. Liburan semakin seru dan lebih hemat di Taman Buah Mekarsari dengan menggunakan aneka Paket Tiket Hemat Mekarsari. Banyak pilihan paket dan banyak pilihan wahana yang dapat dinikmati. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk reguler senilai Rp. 30.000,- untuk turis lokal dan Rp. 50.000,- untuk turis mancanegara. Dan termasuk pula aneka pilihan wahana ataupun petualangannya. Jadi tunggu apa lagi. Ayoo... saatnya berlibur, bermain, dan berpetualang penuh warna di Taman Buah Mekarsari, Cileungsi - Bogor. INFO: (021) 823 18 22 | www.mekarsari.com #tamanbuahmekarsari #mekarsari #mekarsari_tamanbuah #mekarsaribogor #mekarsarifruitgarden #mekarsari_fruitgarden #petualanganmekarsari #promo #promotiket #tikethemat #promosi #photooftheday #promotion #insta #instagram #instapromo #instapromotion #instalike #instadaily #instagood #cileungsi #cibubur #jakarta #bogor #depok #tangerang #bekasi #jabodetabek

A post shared by Mekarsari Taman Buah (@mekarsari_fruitgarden) on

 

Mekarsari menawarkan beragam paket tiket hemat untuk berbagai pilihan destinasi. Harga tiket masuk Mekarsari dapat dilihat dengan mudah pada laman resminya.

Paket regular untuk domestik sendiri berada pada kisaran harga Rp 50.000 sampai Rp 92.000. Sedangkan untuk tiket international berada pada kisaran harga Rp 50.000 sampai Rp 120.000.

Ada pula paket tur mulai dari tur kebun, tur bermain, D'farm, family train, dan petualangan air. Harga tiket tur ini mulai dari Rp 62.000 sampai Rp 700.000. Untuk tarif wahana lain seperti ATV, sepeda, 3D Trick Art, wahana air, kereta wisata, dan lainnya juga cukup terjangkau mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 300.000.

Ada pula paket edukasi seperti lukis caping, tanam padi, memandikan kerbau, memberi makan hewan, dan memancing berkuda. Tarif yang dikenakan berada pada kisaran Rp 3.000 hingga Rp 20,000.

Mekarsari juga menyediakan fasilitas penginapan seperti menginap di rumah pohon, kemah, dan D' Cabin. Harga yang ditawarkan untuk menginap disini berkisar pada Rp 770.000 hingga Rp 990.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini