Sukses

Penyebab Perubahan Sosial, Ada dari Luar dan Dalam Masyarakat

Liputan6.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri di kehidupan bermasyarakat ini akan ada yang namanya perubahan-perubahan, baik yang menguntungkan maupun yang tidak menguntungkan. Di balik positif atau negatif perubahan tersebut, ada faktor penyebab perubahan sosial yang dialami sebelumnya.

Faktor penyebab perubahan sosial ini bisa terjadi akibat adanya sesuatu yang dianggap sudah tidak memuaskan lagi bagi masyarakat. Atau mungkin disebabkan adanya faktor-faktor baru yang oleh masyarakat dianggap memiliki manfaat yang lebih besar bagi kehidupannya.

Perubahan pasti akan selalu terjadi, baik secara disadari maupun tidak. Berikut ada beberapa faktor penyebab perubahan sosial masyarakat yang secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu berasal dari dalam atau luar masyarakat. Ulasan ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/10/2019).

2 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Intern

Faktor penyebab perubahan sosial intern merupakan perubahan yang bersumber dari dalam masyarakat itu sendiri. Ada beberapa faktor penyebab perubahan sosial yang disebabkan oleh masyarakat, antara lain:

Perubahan Penduduk

Setiap masyarakat tentunya mengalami proses sosial di antaranya adalah interaksi sosial dan sosialisasi. Kedua kondisi ini baik cepat maupun lambat akan mengubah pola pemikiran dan tingkat pengetahuan yang akan lebih mempercepat proses perubahan.

Perubahan penduduk yang ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk pada suatu daerah akan mengakibatkan keramahtamahan semakin menurun, kelompok sekunder akan bertambah banyak, struktur kelembagaan menjadi lebih rumit, dan bentuk-bentuk perubahan yang lainnya.

Penemuan-penemuan Baru

Penemuan baru juga dapat memengaruhi perubahan sosial. Penemuan yang benar-benar baru disebut discovery. Penemuan baru ini berupa alat, gagasan, atau rangkaian ciptaan.

Penemuan baru apabila telah diterima dan diakui masyarakat disebut invention. Proses yang terjadi dalam discovery menjadi invention memerlukan waktu lama. Penemuan baru di dalam masyarakat didorong oleg beberapa faktor sebagi berikut:

- Kesadaran individu atau masyarakat berkaitan dengan keterbatasan fungsi nilai kebudayaan.

- Kualitas sumber daya manusia atau ahli untuk mengolah sumber daya alam dan teknologi.

- Muncul rangsangan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dalam masyarakat.

 

3 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Intern Lainnya

Konflik dalam Masyarakat

Faktor penyebab perubahan sosial lainnya adalah adanya konflik di dalam masyarakat. Adanya perbedaan-perbedaan dalam masyarakat seperti perbedaan ciri-ciri fisik, kepentingan pendapat, status sosial ekonomi, suku bangsa, ras, agama, dan lain-lain seringkali memicu munculnya konflik.

Konflik dapat terjaid antarindividu, antarkelompk, antar individu dengan kelompok, dan antargenerasi. Sebagai proses sosial, konflik memang merupakan proses disosiatif, namun tidak selalu berakibat negatif.

Suatu konflik yang kemudian disadari akan memecahkan ikatan sosial biasanya akan diikuti dengan proses akomodasi yang justru akan menguatkan ikatan sosial. Jika demikian, biasanya akan terbentuk suatu keadaan yang berbeda dengan keadaan sebelum terjadi konflik.

4 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Ekstern

Faktor penyebab perubahan sosial ekstern merupakan perubahan masyarakat yang bersumber dari luar masyarakat itu sendiri. Faktor penyebab perubahan sosial tersebut seperti faktor alam yang ada di sekitar masyarakat berubah, adanya peperangan, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.

Alam yang Ada di Sekitar Masyarakat Berubah

Faktor penyebab perubahan sosial dari luar bisa terjadi karena perubahan alam. Hal ini dikarenakan alam juga memiliki peranan yang snagat penting bagi kehidupan manusia.

Alam merupakan penyedia bahan-bahan makanan dan pakaian, penghasil tanaman, serta sumber kesehatan dan keindahan. Nah, pertambahan jumlah penduduk dan kemajuan teknologi lambat laun bisa merusak alam.

Jika jumlah penduduk semakin tinggi, maka akan semakin tinggi juga tekanan terhadap alam. Oleh karena itu, akan terjadi perusakan alam. Contoh dari faktor penyebab perubahan sosial yang disebabkan oleh alam seperti mengeringkan lahan pertanian untuk membangun rumah.

Padahal hal ini bisa mengakibatkan lahan pertanian menjadi menyempit, serta banyak petani yang kehilangan lahan untuk bertani dan terpaksa bekerja sebagai buruh pabrik atau pekerjaan yang lainnya.

Adanya Peperangan

Adanya peperangan di suatu wilayah juga menjadi faktor penyebab perubahan sosial. Hal ini mengakibatkan berubahnya kepribadian setiap individu sebagai anggota masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut.

Perubahan sosial karena peperangan ini bisa terjadi karena melibatkan seluruh komponen masyarakat dan akan membawa perubahan dalam masyarakat tersebut, baik besar maupun kecil.

Selain itu, akan membawa akibat yang berarti bagi masyrakat setempatnya. Hal ini terutama pada masyarakat yang kalah perang, karena adanya pemaksaan berbagai kebudayaan oleh negara yang menang perang.

5 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Ekstern Lainnya

Pengaruh Kebudayaan

Pengaruh yang terjadi pada kebudayaan masyarakat lain adalah salah satu dari faktor penyebab perubahan sosial eksternal. Hal ini dikarenakan hubungan sosial selalu terjadi dalam kehidupan masyarakat sehingga kebudayaan satu dengan kebudayaan lainnya bertemu dalam proses sosialm baik bertemunya tersebut secara asosiatif ataupun disosiatif.

Pertemuan dari dua kebudayaan atau lebih yang memiliki latar belakang berebda pada dasarnya menjadi faktor penyebab sosial budaya. Perubahan tersebut bisa dalam bentuk akulturasi ataupun dalam bentuk asimilasi.

Bencana Alam

Adanya bencana alam juga merupakan faktor penyebab perubahan sosial. Hal ini bisa terjadi karena dengan adanya bencana dalam suatu masyarakat akan mengubah segala bentuk struktur dan juga sistem hidup yang direncanakan.