Sukses

6 Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Meredakannya, Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Liputan6.com, Jakarta Penyebab gigi ngilu biasanya dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari yang buruk. Selain itu, kebiasaan dalam menggunakan alat perawatan gigi seperti sikat gigi, benang gigi, atau tusuk gigi juga bisa menjadi salah satu penyebab utamanya.

Oleh karena itu, kamu harus menghindari beberapa kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan gigi ngilu ini. Apalagi gigi ngilu tentunya akan sangat merepotkan dan dapat mengganggu aktivitas, sehingga kamu sulit menjalani keseharian dengan baik.

Penyebab gigi ngilu dan cara meredakannya harus kamu ketahui agar gigi tetap sehat. Saat kamu terus menjalani kebiasaan buruk yang menjadi penyebab gigi ngilu ini, maka bukan tidak mungkin hal ini dapat menyebabkan penyakit gigi yang lebih parah lagi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/10/2019) beberapa penyebab gigi ngilu dan cara meredakannya.

2 dari 8 halaman

Menggigit Es Batu

Penyebab gigi ngilu yang pertama adalah kebiasaan menggigit es batu. Bagi kamu yang mempunyai hobi mengunyah atau menggigit es batu ini, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut.

Sering menggigit es batu dapat menimbulkan retakan mikroskopis pada permukaan enamel gigi dan menyebabkan masalah gigi yang lebih besar dari waktu ke waktu. Pada akhirnya, kebiasaan buruk ini akan membuat gigi menjadi rapuh dan patah.

3 dari 8 halaman

Menyikat Gigi dengan Cara yang Salah

Banyak orang yang memiliki kebiasaan menyikat gigi terlalu keras. Tentunya maksudnya adalah agar semua kotoran di gigi dapat terangkat, namun hal ini ternyata malah berisiko menyebabkan gigi sensitif. Menyikat gigi yang terlalu keras dapat mengiritasi gusi, meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang, dan merusak lapisan enamel pada gigi yang berujung pada gigi sensitif.

Menyikat gigi 2 kali sehari selama 2 menit adalah kebiasaan baik yang harus kamu terapkan dalam keseharian. Hindari menggosok gigi secara terburu-buru dan memakai sikat gigi dengan bulu yang keras. Hal-hal tersebut akan menyebabkan gusi menjadi terbuka dan meningkatkan rasa sensitif pada gigi.

4 dari 8 halaman

Bruxism (Menggemeretakkan Gigi)

Selain itu, menggemeretakkan gigi juga bisa menjadi salah satu penyebab gigi ngilu. Biasanya menggemeretakkan gigi atau bruxism ini terjadi pada malam hari, atau dipicu oleh stres pada sebagian orang.

Kebiasaan ini dapat memberikan banyak tekanan pada gigi, sehingga mampu mengikis lapisan enamel. Selain itu, sering mengertakkan rahang juga bisa merusak sendi pada bagian tersebut dan menyebabkan gigi retak. Sebagai akibatnya, gigi akan menjadi lebih sensitif. Jadi sebisa mungkin hindarilah kebiasaan buruk ini.

5 dari 8 halaman

Sering Minum Soda

Kebiasaan buruk penyebab gigi ngilu selanjutnya adalah sering minum soda. Mengonsumsi minuman soda secara berlebihan adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan gigi terasa ngilu dan sensitif. Paparan secara konstan minuman soda terhadap gigi dapat menyebabkan terkikisnya lapisan enamel.

6 dari 8 halaman

Konsumsi Gula Berlebihan

Selain itu, terlalu sering mengonsumsi makanan manis juga akan membuat kamu berisiko lebih tinggi memiliki gigi berlubang. Bakteri penyebab gigi berlubang akan menikmati sisa-sisa makanan dan menghasilkan asam yang mengikis lapisan luar gigi. Kondisi ini dapat makin parah jika kamu tidak rutin membersihkan gigi.

7 dari 8 halaman

Menggunakan Tusuk Gigi

Tusuk gigi sering digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Sayangnya, jika digunakan tidak dengan sangat hati-hati, tusuk gigi justru dapat melukai jaringan gusi yang menyebabkan penurunan gusi. Hal tersebut akan memicu munculnya gigi sensitif dan ngilu.

Selain itu, jika kamu sering membuka atau menggigit barang menggunakan gigi, juga dapat menjadi salah satu penyebab gigi ngilu. Kebiasaan tersebut dapat memberikan terlalu banyak tekanan pada gigi, sehingga lapisan enamel berpotensi mengalami kerusakan. Hal tersebut membuat perlindungan yang diberikan terhadap gigi tak lagi efektif.

8 dari 8 halaman

Cara Meredakan Gigi Ngilu

- Gunakan bulu sikat gigi yang lembut.

- Gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif.

- Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua sampai tiga menit. Jangan lupa untuk membersihkan dengan benang gigi.

- Pegang sikat gigi pada sudut 45 derajat. Sikat perlahan dalam gerakan melingkar, dan tahan sikat gigi di ujung jari, jangan di telapak tangan.

- Hindari makanan dan minuman yang terlalu asam, dingin atau panas.

Penanganan gigi sensitif atau gigi ngilu ini tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu, jika gigi ngilu tidak segera sembuh, segera periksakan ke dokter gigi agar lebih aman.