Sukses

4 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Rambut, Beri Kilau Alami

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun jambu biji untuk rambut menarik untuk diketahui. Tanaman jambu biji banyak ditemui di wilayah tropis salah satunya Indonesia. Buah jambu biji memiliki segudang manfaat. Daunnya pun dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Daun jambu biji biasanya dikenal untuk mengatasi diare dan masalah pencernaan. Daun jambu biji telah menjadi ramuan tradisional yang diturunkan dari generasi ke generasi. Ternyata daun jambu biji tak hanya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Daun jambu biji juga bagus untuk perawatan kecantikan salah satunya rambut.

Manfaat daun jambu biji untuk rambut bisa didapat dengan menggunakannya secara topikal. Manfaat daun jambu biji untuk rambut dapat dengan mudah diperloleh dari air rebusannya. Manfaat daun jambu biji untuk rambut diperloeh dari kandungan antioksidannya yang tinggi.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan manfaat daun jambu biji untuk rambut. Manfaat daun jambu biji untuk rambut bisa digunakan sebagai alternatif perawatan rambut yang alami dan murah meriah. Berikut manfaat daun jambu biji untuk rambut yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(4/10/2019).

2 dari 7 halaman

Cegah rambut rontok

Rambut rontok adalah akibat langsung dari kondisi kulit kepala yang tidak sehat. Daun jambu biji memiliki sifat analgesik, antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang membuatnya menjadi bahan yang populer untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Antioksidan pada daun jambu biji membantu mencegah rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah penyusutan folikel. Rambut rontok juga bisa dikaitkan dengan tingkat stres. Memijat kulit kepala dengan air daun jambu biji mampu merilekskan kepala dan menenagkan tubuh.

3 dari 7 halaman

Dukung pertumbuhan rambut

Daun jambu biji juga kaya Vitamin B dan Vitamin C, yang menyehatkan folikel dan membantu pertumbuhan rambut. Vitamin C membantu meningkatkan aktivitas kolagen. Kolagen membantu rambut tumbuh lebih cepat dan sehat.

Memijat kepala dengan air jambu biji bisa meningkatkan tekanan darah yang membantu folikel menerima lebih banyak nutrisi. Ini menghasilkan pertumbuhan rambut yang sehat.

4 dari 7 halaman

Memberi kilau dan volume

Mencuci rambut dengan air daun jambu biji membantu menghilangkan penumpukan kotoran dan membuka folikel yang terumbat. Ini membantu mencegah rambut berminyak dan ketombe. Menghilangkan kotoran di rambut dan kulit kepala membantu menghaluskan poros rambut, membuatnya lembut dan berkilau.

Daun jambu biji juga dapat menebalkan helaian rambut yang membuatnya akan terlihat lebih bervolume. Akar rambut juga menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah rontok dan terhidar dari penipisan rambut.

5 dari 7 halaman

Memberi perlindungan rambut dari radikal bebas

Matahari, asap, dan polusi menyebabkan oksidasi atau perubahan susunan sel yang menyebabkan kematian sel. Antioksidan dikatakan membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan ini diperkirakan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sifat antioksidan pada daun jambu biji membantu melawan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan kulit kepala dan rambut. Daun jambu biji juga mengandung likopen yang memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya.

6 dari 7 halaman

Cara menggunakan daun jambu biji pada rambut

Bahan:

Segenggam daun jambu biji.

1 liter air

Panci untuk merebus.

Saringan

Cara mengolah:

1. Rebus air, tambahkan daun jambu biji.

2. Biarkan air mendidih selama 20 menit.

3. Saring cairan dan biarkan dingin.

Cara menggunakan:

1. Cuci dan bersihkan rambut dengan sampo tanpa kondisioner.

2. Setelah rambut hampir kering, mulai mengaplikasikan air rebusan daun jambu biji.

3. Pijat rebusan daun jambu biji ke kulit kepala selama setidaknya 10 menit dan pastikan semua rambut teraplikasi dengannya.

4. Berikan perhatian ekstra pada akar dan kulit kepala.

5. Diamkan 2 jam, atau pakai malam hari dan bawa tidur. Tutup dengan shower cup atau handuk bersih.

6. Bilas larutan dari rambut dengan air hangat.

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan

7 dari 7 halaman

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan

Sehatkan pencernaan

Daun jambu biji mengandung phytochemical alami, termasuk beberapa antioksidan yang disebut karotenoid dan anthocyanin, dan lainnya disebut flavonoid. Beberapa senyawanya memiliki aktivitas antibiotik alami yang membantu membunuh patogen yang bertanggung jawab atas diare.

Efek Kardiovaskular

Teh daun jambu biji juga dapat bermanfaat bagi jantung dan sistem peredaran darah. Senyawa dalam daun dapat membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung. Minum teh daun jambu biji juga dapat meningkatkan lemak darah. Ekstrak daun jambu biji dapat membantu menurunkan kolesterol darah dan trigliserida yang tidak sehat.

Anti diabetes

Beberapa flavonoid dan senyawa lain dalam daun jambu biji dapat membantu menjaga gula darah tetap rendah setelah makan makanan tinggi karbohidrat. Teh daun jambu biji menghambat beberapa enzim berbeda yang mengubah karbohidrat di saluran pencernaan menjadi glukosa, berpotensi memperlambat penyerapannya ke dalam darah.

Beberapa uji klinis yang dilakukan di Jepang yang mendukung kemungkinan tindakan anti-diabetes teh jambu biji, menunjukkan bahwa minum teh secara teratur membantu menurunkan glukosa darah setelah makan pada subjek dengan diabetes tipe 2.