Sukses

6 Cara Menjaga Kesehatan Pita Suara Secara Alami, Penyanyi Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan pita suara sekarang ini masih banyak disepelekan. Mungkin orang-orang yang bergelut dalam bidang yang memerlukan kualitas suara saja yang cukup memerhatikan kesehatan pita suaranya. Padahal, siapa pun tentunya harus menjaga kesehatan pita suara, karena suara merupakan salah satu sarana komunikasi dengan orang lain. 

Penyanyi, pengacara, public speaker, guru, hingga dokter sangat bergantung pada kualitas suara dalam bekerja. Namun, tidak hanya itu saja, setiap orang tentu akan berhadapan dengan dampak buruk yang luar biasa jika sudah mengalami masalah dengan suaranya.

Cara menjaga kesehatan pita suara bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat. Selain itu, kamu juga harus mengontrol diri dalam mengeluarkan suara supaya tidak membebani pita suara. Dengan begitu, kamu akan bisa menjaga pita suara tetap sehat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (5/10/2019) tentang cara menjaga kesehatan pita suara

2 dari 7 halaman

Minum Air Putih yang Cukup

Cara menjaga kesehatan pita suara yang pertama adalah dengan minum air putih yang cukup. Air putih tidak hanya dapat mengatasi dehidrasi, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan pita suara. Pita suara bekerja dengan getaran yang sangat cepat, sehingga keseimbangan air yang cukup dapat menjadi pelumas yang baik untuk pita suara.

Kamu disarankan untuk minum sebanyak 6 hingga 8 gelas air putih sehari. Batasi minum alkohol maupun kafein, karena dapat menyebabkan banyak kehilangan air dan tenggorokan menjadi kering.

Alkohol juga dapat mengiritasi selaput lendir yang melapisi tenggorokan. Dengan banyak minum air, tenggorokan akan senantiasa terhidrasi. Tenggorokan yang kering berisiko menyebabkan kerusakan pada pita suara.

Kamu juga dapat mengganti camilan dengan buah yang mengandung banyak air seperti apel, pir, semangka, melon, dan anggur.

3 dari 7 halaman

Gunakan Suara Sebijak Mungkin

Cara menjaga kesehatan pita suara selanjutnya adalah dengan menggunakan suara dengan bijak. Jika sering bicara dalam jangka waktu yang lama, kamu perlu meluangkan waktu untuk mengistirahatkan pita suara.

Atur waktu untuk menemukan suasana sepi, sehingga kamu dapat diam dan tak perlu banyak bicara dengan orang lain.

Gunakanlah suara kamu seperlunya. Usahakan untuk tidak berbicara terlalu banyak atau menyanyi ketika sedang kelelahan atau saat suara kamu mulai terdengar serak.

4 dari 7 halaman

Hindari Berteriak

Selain itu, kamu juga harus menghindari berteriak sebagai salah satu cara menjaga kesehatan pita suara. Hindari berteriak atau menjerit. Cobalah untuk tidak berbicara keras saat sedang berada di daerah yang bising. Jika tenggorokan terasa kering atau lelah, dan suara menjadi semakin serak, itu merupakan tanda bahwa ada masalah pada pita suara.

Berbicara dengan volume terlalu keras, berteriak, atau menyanyi dengan cara yang dipaksakan tidak baik untuk pita suara. Hal tersebut menyebabkan pita suara membengkak dan berpotensi muncul nodul pita suara.

5 dari 7 halaman

Jaga Otot Tenggorokan Tetap Rileks

Selanjutnya, kamu juga harus tetap menjaga otot tenggorokan tetap rileks dalam menjaga kesehatan pita suara. Usahakan otot tenggorokan dan leher tetap dalam kondisi rileks, bahkan sewaktu menyanyi nada tinggi maupun rendah bagi penyanyi.

Beberapa penyanyi punya kebiasaan memiringkan kepala mereka ketika bernyanyi nada tinggi dan menundukkan kepala ketika menyanyikan nada rendah.

Kebiasaan ini bisa membuat otot vokal menjadi tegang, bahkan dalam jangka panjang bisa mengurangi kemampuan jangkauan vokal kamu. Oleh karena itu, bagi penyanyi diperlukan latihan yang terjadwal dengan baik agar performa pita suara tetap terjaga.

6 dari 7 halaman

Jangan Terlalu Sering Membersihkan Tenggorokan

Membersihkan tenggorokan atau membuang dahak diibaratkan seperti sedang ‘membanting’ pita suara. Hal ini disebabkan karena aktivitas membersihkan tenggorokan dapat melukai dan membuat suara menjadi serak.

Cobalah dengan seteguk air untuk membersihkan tenggorokan. Jika merasa harus membersihkan tenggorokan terlalu sering, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah kamu menderita alergi atau sinus.

7 dari 7 halaman

Menjalankan Pola Hidup yang Sehat

Cara menjaga kesehatan pita suara selanjutnya adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Kesehatan pita suara akan selalu terjaga apabila kamu konsisten menjalani pola hidup yang sehat. Atur pola makan kamu dengan menu makanan yang kaya akan nutrisi bermanfaat.

Kamu dapat mengonsumsi makanan berserat, terbuat dari gandum utuh, sayur-sayuran, serta buah-buahan. Makanan-makanan tersebut mengandung vitamin A, E, dan C yang baik untuk selaput lendir pada tenggorokan, sehingga pita suara tetap terlindungi.

Selain itu, hindari kebiasaan buruk yang berpotensi merusak pita suara, seperti rokok dan minuman beralkohol. Anda juga sebaiknya mengurangi penggunaan obat kumur untuk menghindari kandungan zat kimia di dalamnya.

Merokok bisa menimbulkan risiko kanker dan mengganggu kondisi pita suara. Merokok juga dapat menyebabkan dehidrasi yang membuat pita suara tidak dapat bergetar. Suara pada seorang perokok pasif pun dapat terganggu apabila berada di sekitar perokok aktif.