Sukses

Peta Obyek Wisata Yogyakarta Lengkap yang Wajib Dikunjungi, Liburan Makin Nyaman

Liputan6.com, Jakarta Peta obyek wisata Yogyakarta tentunya wajib dimiliki setiap orang yang ingin berlibur ke Jogja. Apalagi buat kamu yang baru pertama kali dan belum mempunyai teman yang akan menunjukkan arah dan lokasi mana yang paling seru untuk dikunjungi. 

Selain itu, bagi kamu yang ingin menikmati semua obyek wisata yang ditawarkan Jogja karena memiliki waktu yang cukup lama untuk berlibur, tenutnya peta obyek wisata Yogkyakarta sangat dibutuhkan. Semua kegiatan kamu tentunya akan lebih teratur karenanya.

Peta obyek wisata Yogyakarta memiliki ruang lingkup yang sangat luas dengan begitu banyaknya destinasi. Yogyakarta memang sangat terkenal dengan beragam destinasi wisata yang ditawarkannya, mulai dari wisata alam, wisata budaya, dan lain-lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (5/10/2019) tentang peta obyek wisata Yogyakarta

2 dari 6 halaman

Wisata Jogja Kota

Tugu Jogja

Peta obyek wisata Yogyakarta yang pertam tentunya dimulai dari Kota Jogja terlebih dahulu. Salah satu tempat yang sangat ikonik dan wajib dikunjungi tentunya adalah Tugu Jogja. Sekitar 1 kilometer sebelah utara Malioboro, kamu dapat menemukan Tugu Yogyakarta. Tugu yang juga kerap disebut sebagai tugu pal putih ini terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo.

Tugu ini menjadi simbol dari garis lurus yang menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi. Kini kawasan Tugu menjadi objek wisata Jogja yang selalu ramai wisatawan. Di sini Anda bisa menikmati aktivitas kota Jogja. Terdapat juga berbagai kuliner kaki lima seperti angkringan dan kopi jos yang begitu fenomenal.

Titik Nol Kilometer Jogja

Selanjutnya, kamu juga dapat menikmati suasana kota Jogja di titik nol Kilometer Jogja sebagai salah satu peta obyek wisata Yogyakarta. Lokasi Titik Nol Kilometer Jogja merupakan tempat yang cocok untuk bersantai menyaksikan keriuhan Jogja. Kawasan Titik Nol Kilometer Jogja sudah diatur sedemikian rupa menjadi ramah wisatawan dengan bangku dan penataan taman yang rapi.

Di sekitar nol Kilometer kamu dapat menemukan bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri megah seperti Gedung BNI 46, Kantor Pos, dan Gedung Agung. Terdapat pula Monumen Serangan Umum Satu Maret yang dibangun untuk memperingati serangan tentara Indonesia terhadap Belanda pada tanggal 1 Maret 1949.

3 dari 6 halaman

Wisata Sleman

The Lost World Castle

Di daerah Kabupaten Sleman juga banyak destinasi wisata yang perlu kamu kunjungi, terutama daerah sekitar Gunung Merapi. Salah satu peta obyek wisata Yogyakarta di Sleman yaitu  The Lost World Castle yang berada di Desa Kepuharjo, Sleman.

Kastil yang dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektare ini memiliki pesan begitu unik, yaitu mengingatkan setiap pengunjung akan erupsi Gunung Merapi yang begitu dahsyat beberapa tahun lalu, membuat Kota Jogja dan sekitarnya seperti menghilang. Konsep inilah yang kemudian menjadi nama tempat wisata ini, yaitu The Lost World atau yang berarti Dunia yang Hilang.

4 dari 6 halaman

Wisata Bantul

Mangunan

Berlibur ke Jogja paling asyik dengan menikmati pagi dan pemandangan sunrise di kawasan wisata Kebun Buah Mangunan, Bantul sebagai salah satu peta obyek wisata Yogyakarta. Salah satu daerah di Yogyakarta ini menawarkan pemandangan yang bakal menyejukkan mata dan pikiran. Bahkan saking indahnya jika beruntung ketika datang pagi hari atau setelah subuh, kamu dapat merasakan sensasi berasa di atas awan. Tak mengherankan jika tempat wisata berupa gardu pandang dengan ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut ini kerap disebut Negeri di Atas Awan.

Pantai Goa Cemara

Selain itu, karena terletak di daerah selatan pulau Jawa, Bantul juga menjadi peta obyek wisata Yogyakarta yang memiliki wisata pantai indah. Pantai yang cukup terjangkau jarak tempuhnya adalah pantai Goa Cemara. Sesuai namanya, pantai ini terdapat hutan cemara yang sangat lebat. Saking lebatnya hutan cemara yang ada di pantai ini bisa sampai membentuk seperti terowongan. Oleh karena itu, pantai ini dinamakan pantai Goa Cemara.

Inilah yang menjadi daya tarik pantai ini. Selain itu, di waktu-waktu tertentu di sini kamu juga melihat pelepasan tukik atau penyu ke samudra. Pantai ini terletak di Dusun Patehan, Gandingsari, Sanden, Bantul, Jogja.

5 dari 6 halaman

Wisata Kulon Progo

Kalibiru

Wisata alam satu ini berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Keindahan alamnya jadi lokasi yang cocok sekali menjadi salah satu destinasi di peta obyek wisata Yogyakarta ini. Bahkan tidak jarang ada yang foto pre-wedding di sini. Selain itu lokasi ini juga kerap dijadikan lokasi kegiatan outbond.

Lokasi Kalibiru ini berupa area hutan kemasyarakatan (hutan yang dikelola masyarakat) yang ada di Perbukitan Menoreh. Dari puncaknya, kamu bisa melihat panorama indah dan waduk Sermo. Cuacanya yang sejuk bikin refreshing dari kepenatan kesibukan sehari-hari makin mantap.

Kebun Tebu Gendu

Mungkin banyak orang bertanya, kenapa ladang tebu jadi tempat wisata seru. Kebun Tebu Gendu di daerah Girimulyo, Kulonprogo, memiliki sajian alam yang indah sebagai salah astu peta obyek wisata Yogyakarta. Pemandangan alam di kebun tebu ini begitu memukau. Didominasi barisan pepohonan dan bunga tebu yang indah. Semilir angin sejuk dan segar akan membuat kamu semakin betah berlama-lama berfoto di tempat ini.

6 dari 6 halaman

Wisata Gunung Kidul

Pantai Siung

Wisata Gunung Kidul tentunya dipenuhi dengan alam yang indah dan pantai yang begitu beragam sebagai peta obyek wisata Yogyakarta. Salah satu pantai indah dan menenangkan adalah Pantai Siung. Pantai yang berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota Jogja ini bernama pantai Siung.

Pantai ini memiliki batu-batu karang berukuran besar. Di sini kamu akan melihat batu karang berukuran besar yang bentuknya mirip dengan gigi kera atau biasa disebut dengan Siung Wanara. Kata siung inilah alasan kenapa pantai ini diberi nama tersebut. Dalam bahasa Jawa sendiri suing artinya gigi taring.

Pantai yang terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ini cocok buat kamu yang memiliki hobi panjat tebing. Memang, tebing-tebing di sini diperuntukkan untuk melakukan panjat tebing. Selain itu, di sini juga terdapat sebuah camping ground yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda jika ingin menghabiskan malam di pantai Siung.

Baca juga yang ini.

Pantai Timang

Tak kalah eksisnya dengan pantai lainnya, wisata pantai Jogja pantai Timang juga wajib kamu masukkan ke dalam peta obyek wisata Yogyakarta. Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Jogja.

Pantai Timang ini menawarkan pengalaman seru yang enggak bakal kamu temukan di tempat lainnya. Di sini kamu bisa menaiki gondola tradisional yang biasa digunakan oleh nelayan setempat untuk menyebrangi tebing karang. Dikombinasi dengan ganasnya laut Samudra Hindia di bawahnya yang bikin kamu semakin tertantang untuk mencoba wahana ini.