Sukses

6 Macam Buah Berry dan Manfaatnya untuk Tubuh, Tinggi Antioksidan

Liputan6.com, Jakarta Ada macam-macam buah berry dengan warna menarik dan rasa yang menggugah selera. Selain memiliki warna dan rasa yang unik, hampir semua buah berry kaya vitamin dan antioksidan.

Ada banyak buah berry, baik yang dibudidayakan maupun yang tumbuh bebas di alam liar. Namun, tidak semua jenis berry bisa dimakan. Berapa bahkan mengandung racun yang bisa berakibat fatal jika dikonsumsi.

Tetapi, sebagain besar buah berry menyimpan manfaat besar untuk kesehatan. Salah satu manfaat buah berry dikarenakan adanya antioksidan yang tinggi dalam buah berry, yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan sendi, serta mencegah penyakit darah tinggi (hipertensi).

Berikut ada beberapa buah berry yang mudah ditemukan dan segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut enam macam buah berry dan manfaatnya untuk tubuh, Minggu (6/10/2019).

2 dari 7 halaman

Stroberi

Jenis buah berry yang sudah tidak asing dan cukup mudah ditemukan pertama, yaitu stroberi. Berry yang identik dengan warna merah ini kaya akan vitamin C. Selain itu, stroberi juga memiliki asam folat, serat, dan antioksidan.

Adanya kandungan tersebut di dalam buah stroberi, menjadikan stroberi sebagai berry yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, membantu mengelola gula darah, dan melawan efek penuaan pada otak.

Perlu diketahui bahwa, kandungan gula di dalam stroberi memang tinggi, namun buah berry ini termasuk ke dalam makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, yakni sebesar 40. Nah, rendahnya kadar glikemik pada makanan membuatnya menjadi lambat dicerna sehingga peredarannya di dalam darah sebagai glukosa akan melambat.

3 dari 7 halaman

Kiwi

Tidak menyangka, kalau ternyata kiwi tergolong ke dalam buah berry. Buah yang identik dengan warna hijau dan memiliki lutein ini dapat membantu melindungi mata kamu.

Nutrisi lainnya seperti zink bermanfaat untuk kulit, rambut, dan kuku yang sehat. Ada juga potasium yang dapat membantu kamu mendapatkan hasil olahraga dengan lebih baik.

4 dari 7 halaman

Blueberry

Seperti namanya, buah berry ini memiliki warna khas yang sangat mencolok, yaitu biru tua. Warna tersebut berasal dari senyawa kuat yang disebut anthocyanin.

Ilmuwan meyakini bahwa kandungan antioksidan yang ada pada buah ini mampu membantu melindungi kamu dari kanker, penyakit jantung, dan demensia. Selain itu, blueberry juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain kaya antioksidan, blueberry juga memiliki air dan serat sehingga mengenyangkan kamu tanpa merusak diet. Kandungan lainnya seperti vitamin C, vitamin K, dan zat mangan.

Walaupun blueberry kaya akan zat gizi, namun buah berry rendah kalori sehingga aman dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Untuk setengah cangkirnya saja hanya memiliki 40 kalori saja.

5 dari 7 halaman

Blackberry

Buah berry ini mengandung banyak polifenol, bahan kimia yang dapat mengatasi peradangan yang mengarah pada penyakit jantung dan kanker.

Blackberry juga dapat membantu usus kecil kamu memecah gula lebih baik, sehingga dapat menurunkan kemungkinan diabetes. Untuk mendapatkan manfaat blackberry, kamu bisa mengonsumsinya dalam keadaan segar atau beku. Pada secangkir blackberry polos memiliki 7 gram gula.

6 dari 7 halaman

Blackcurrant

Buah berry ini sekilas mirip dengan anggur, dari segi tekstur dan warna. Blackcurrant memiliki kandungan yang sangat kaya seperti mineral dan vitamin. Inilah yang membuat blackcurrant sangat baik untuk tubuh dan mempercepat pembentukan sel.

Selain itu, buah berry ini juga mengandung banyak vitamin C sehingga baik diminum saat tubuh banyak terekspos oleh pergantian cuaca dan kegiatan yang sangat padat. Blackcurrant juga mengandung antosianin, antioksidan yang bisa membantu tubuh memerangi radikal bebas.

7 dari 7 halaman

Goji Berry

Buah berry ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin B2, vitamin A, zat besi, dan antioksidan. Menurut penelitian, buah berry ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan penyakit jantung, membantu otak, membantu pencernaan, dan mencegah kanker.

Untuk mendapatkan manfaat goji berry untuk kesehatan, kamu bisa memilihnya yang sudah matang. Pasalnya, goji berry yang masih mentah bisa menjadi racun. Selain itu, tidak dianjurkan juga untuk mengonsumsinya saat sedang hamil, menyusui, atau mengonsumsi obat pengencer darah.