Sukses

6 Tempat Wisata di Rembang, Mulai Peninggalan Sejarah hingga Alam Memesona

Dijuluki kota garam, ada banyak tempat wisata menarik di Rembang.

Liputan6.com, Jakarta Rembang merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa tengah, tepatnya di pesisir pantai utara Jawa. Ketika berbicara tempat wisata, Rembang bisa dibilang bukan pilihan utama layaknya kota wisata di Jawa Tengah lainnya seperti Semarang atau Solo. Namun, ada beberapa tempat wisata di Rembang yang sarat akan nilai sejarah.

Ya, Rembang dikenal sebagai kota peninggalan dari tokoh pahlawan RA Kartini dan Sunan Bonang. Selain wisata sejarah dan religi, tempat wisata di Rembang juga memiliki alam memsona yang bisa dinikmati untuk berakhir pekan.

Buat kamu yang sedang mengunjungi atau warga setempat, yang masih bingung ingin liburan ke mana saat di Rembang, ada beberapa tempat wisata di Remang yang direkomendasikan. Berikut Liputan6.com, Minggu (6/10/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa tempat wisata di Rembang yang bisa kamu kunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Makam Raden Ajeng Kartini

Tempat wisata di Rembang yang wajib dikunjungi pertama kali adalah Makam Raden Ajeng Kartini. Makam Kartini ini terletak di Desa Bulu yang memiliki jarak tempuh sekitar 17,5 kilometer dari kota Rembang ke selatan kota Blora.

Mengunjungi makam beliau, kamu bisa mengirimkan doa-doa untuknya. Pahlawan yang terkenal dengan emansipasi wanitanya ini telah memperjuangkan hak kesetaraan antara perempuan dan laki-laki.

Makam ini memang sudah lama dijadikan sebagai tempat wisata di Rembang untuk berziarah. Selain makam Kartini, di kompleks makam tersebut juga terdapat makam keluarga Mantan Bupati Rembang, Djojo Adiningrat dan Putra RA Kartini satu-satunya, yaitu RM Soesalit.

Selain berziarah, kamu bisa membeli beberapa buah tangan yang dijajakan oleh pedagang yang menjual pernak-pernik tentang RA Kartini. Fasilitas yang tersedia di komplek pemakaman ini juga sangat memadai seperti toilet dan masjid.

3 dari 7 halaman

Museum Raden Ajeng Kartini

Setelah mengunjungi dan mengirimkan doa untuk RA Kartini, selanjutnya kamu bisa berkunjung ke Museum RA Kartini. Di sini kamu bisa banyak belajar tentang pahlawan yang sangat berjasa bagi kaum perempuan Indonesia ini.

Museum RA Kartini ini cocok untuk bernapak tilas mengenang jasa-jasanya. Di sini kamu bisa melihat berbagai macam peninggalan yang pernah digunakan oleh RA Kartini semasa hidupnya.

Bangunan yang dijadikan museum inii juga merupakan rumah milik keluarga RA Kartini yang tentunya merupakan saksi bisu perjuangan beliau. Apabila kamu tertarik mengunjungi Museum Kartini ini, kamu bisa langsung menuju ke Daerah Kutoharjo, Rembang, Jawa Tengah.

4 dari 7 halaman

Makam Sunan Bonang

Sunan Bonang merupakan satu dari Sembilan wali yang sangat berjasa dalam proses penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Kerena jasnya yang sangat luar biasa, kisah Sultan Bonang dan delapan wali tersebut masih terus diceritakan hingga ke generasi saat ini.

Nah, jika kamu ingin mengirimkan doa untuk beliau, kamu bisa mengunjungi Makam Sunan Bonang yang terletak di sebelah timur kota Rembang, tepatnya di Desa Bonang, Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Rembang ini kapan saja. Selain berziarah, di sini kamu juga bisa membeli beraneka raga, oleh-oleh berbentuk ikan asin yang dijajakan oleh masyarakat sekitar.

5 dari 7 halaman

Hutan Mangrove

Setelah napak tilas mengenang jasa-jasa para pahlawan dan tokoh penting, kamu bisa menikmati wisata alam Rembang yang memesona. Tempat wisata di Rembang yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Jembatan Merah Hutan Mangrove.

Tempat wisata di Rembang ini menawarkan daya tarik berupa jembatan kayu yang membentang di tengah hutan mangrove. Di sini kamu bisa berkeliling area hutan mangrove sambil berswafoto.

Kamu akan sangat puas berjalan mengelilingi hutan mangrove yang memiliki luas sekitar 22 hektar dengan panjang 2.900 meter. Sambil berjalan-jalan menikmati kesejukan, kamu bisa sambil mengenal beragam jenis pohon mangrove.

Di hutan mangrove ini ada enam jenis pohon mangrove yang memesona. Tak hanya itu, buat kamu yang hobi memancing, area jembatan di hutan ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot untuk menyalurkan hobi tersebut. 

6 dari 7 halaman

Pantai Dampo Awang

Selain terkenal dengan hutan mangrove, tempat wisata di Rembang yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Dampo Awang. Pantai ini sudah sangat populer di Rembang.

Dampo Awang ini juga dikenal dengan nama Taman Rekreasi Pantai Kartini. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bareng keluarga.

Dahulu, tempat ini merupakan taman terbuka hijau yang dikelola oleh pemerintah. Namun, belakangan ini aktivitas pengelolaan taman pantai ini sudah diserahkan ke pihak swasta.

Tempat wisata di Rembang ini sudah banyak dilakukan pembenahan dan perbaikan, sehingga fasilitas di dalamnya menjadi semakin lengkap. Misalnya saja sudah ada kolam renang dan out bond.

Selain menikmati fasilitas tersebut, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya di sini seperti bersantai di pinggir pantai, berenang, menikmati sajian kuliner, hingga mengunjungi pulau kecil yang ada di utara pantai ini.

Bila kamu tertarik mengunjungi Pantai Dampo Awang, kamu bisa langsung menuju ke Daerah Rembangan, Tasik Agung, Rembang, Jawa Tengah.

7 dari 7 halaman

Alun-alun Rembang

Alun-alun Remang bisa kamu jadikan alternatif berwisata lainnya ketika mengunjungi Rembang. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Alun-alun Rembang ini adalah pagi, sore, dan malam hari.

Di waktu-waktu tersebut, kamu bisa menikmati aneka kuliner yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Sambil menikmati sajian kuliner, kamu bisa bersantai dengan teman-teman atau keluarga.

Selain itu, kamu juga bisa berolahraga dan mengambil beberapa gambar atau foto di tempat wisata di Rembang ini. Jika tertarik mengunjungi Alun-alun Rembang, langsung saja menuju Jalan Jend. Sudirman, Kutoharjo, Rembang, Jawa Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini