Sukses

5 Manfaat Daun Katuk Bagi Pria, Tetap Perhatikan Cara Mengonsumsinya

Jangan berlebihan mengonsumsi daun katuk agar manfaatnya tetap bisa dirasakan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun katuk sudah sangat populer digunakan untuk memperlancar ASI. Namun, siapa sangka ternyata ada manfaat daun katuk bagi pria. Pada pria, manfaat yang bisa didapatkan untuk meningkatkan vitalitas pria.

Manfaat daun katuk bagi pria tak hanya untuk meningkatkan vitalitas saja. Masih ada manfaat lainnya yang bisa dirasakan, karena adanya kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk menjaga kesehatan.

Namun, untuk mendapatkan manfaat daun katuk bagi pria, perlu mengolahnya dengan baik. Walaupun memiliki segudang manfaat, namun kamu tidak diperbolehkan mengonsumsinya secara berlebihan. Alih-alih ingin mendapatkan khasiatnya, karena konsumsinya yang berlebihan justru akan berdampak negatif untuk tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan cara mengolah dan jumlahnya untuk mendapatkan manfaat daun katuk bagi pria. Berikut ada beberapa manfaat daun katuk bagi pria yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kandungan Nutrisi pada Daun Katuk

Daun katuk tumbuh memiliki bentuk perdu dan bisa mencapai tinggi 2-3 meter, dengan cabang-cabang yang cukup lunak. Ada zat dan senyawa yang terkandung di dalamnya seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamkn B, vitamin C, metil piroglutamat, serta p-dodesil fenol sebagai komponen minor.

Selain itu, ada juga energi, hidrat arang, serat, abu, kalsium, karoten, dan air. Daun katuk merupakan tanaman lokal yang memiliki kadar klorofil tinggi. Maka enggak heran kalau di dalamnya terkandung antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Katuk: Meningkatkan Vitalitas hingga Menyembuhkan Diabetes

Meningkatkan Vitalitas

Jika daun katuk memiliki manfaat utama untuk memperlancar ASI pada wanita menyusui, lain halnya dengan manfaat daun katur bagi pria yang utama adalah untuk meningkatkan vitalitas pria.

Para ahli menganjurkan dan merekomendasikan agar pria mengonsumsi daun katuk. Pria bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma dengan mengonsumsi daun katuk. Hal ini bisa terjadi karena daun katuk memiliki kandungan fitokimia.  

Bantu Penyembuhan Diabetes

Manfaat daun katuk bagi pria lainnya adalah mampu membantu proses penyembuhan diabetes. Daun katuk memiliki pengaruh terhadap kadar gula darah manusia.

Hal ini telah terbukti oleh penderita diabetes yang mengonsumsi daun katuk. Di mana penderitanya akan mendapatkan indeks glikemik yang rendah daripada tidak mengonsumsi sama sekali.

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Katuk: Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Adanya kandungan zat antioksidan tinggi pada daun katuk, menjadikan daun ini dapat sebagai bentuk pertahanan untuk tubuh. Hal ini terbukti karena daun katuk memiliki kemampuan untuk menyembuhkan bisul, menghilangkan darah kotor, serta menyembuhkan demam, dan flu.

Kandungan lainnya yang terdapat pada daun katuk seperti vitamin C yang tinggi. Zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh guna meningkatkan ketahanan tubuh, membentuk kolagen, mengangkut lemak, mengatur tingkat koletserol, menyembuhkan luka, serta meningkatkan fungsi otak agar bekerja maksimal.

Mengobati Flu

Manfaat daun katuk bagi pria juga bisa dirasakan untuk mengobati flu. Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki kandungan efedrin yang sangat baik untuk penderita flu.

Lainnya, daun katuk juga dapat mengatasi gejala penyakit seperti anemia karena kandungan zat besi yang cukup tinggi. Daun katuk juga mengandung efedrin, merupakan zat yang sangat bermanfaat untuk penderita flu.

Menjaga Kesehatan Tulang

Daun katuk juga mampu untuk menguatkan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki kandungan kalsium tinggi yang memiliki peran untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu, daun katuk juga dipercaya mampu mencegah osteoporosis dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan kesehatan tulang.

 

 

5 dari 6 halaman

Konsumsi Daun Katuk dalam Batas Normal

Ada banyak sekali manfaat daun katuk bagi pria. Walaupun begitu, jangan mengonsumsinya secar berlebihan. Pasalnya, daun katuk yang dikonsumsi berlebihan hisa memiliki dampak buruk pada paru-paru yang mengakibatkan penyakit brokbronchiolitis permanen.

Daun katuk bisa memberikan efek buruk dikarenakan adanya kandungan papaverina. Zat ini merupakan alkaloid yang juga terkandung dalam opnium. Jadi, jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan keracunan bahkan kematian.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membatasi jumlah asupan daun katuk. Selain itu, cara mengolah daun katuk harus direbus sebelum dimakan karena pemanasan dapat menghancurkan sifat anti-protozoa.

Cara ini akan membunuh dan mengurangi racun pada daun katuk. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun katuk yang belum diolah atau mentah.

6 dari 6 halaman

Tips Mengolah Daun Katuk

Untuk bisa merasakan manfaat daun katuk secara utuh, penting untuk memerhatikan bagaimana cara mengolahnya yang benar. Hal ini karena cara pengolahan yang salah akan merusak kandungan gizi di dalamnya.

Apabila dimasak terlalu matang, maka dapat menurunkan kualitasnya. Oleh karena itu, untuk memasaknya hanya dibutuhkan waktu 3 menit saja sejak air mendidih.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini